GadgetSquad.id – Smartphone terbaru Apple, iPhone 12 menjadi perangkat 5G terlaris di dunia saat ini menurut Counterpoint Research. Ponsel pintar itu dirilis secara global pada 13 Oktober, dan mulai hadir di pasar Indonesia pada 18 Desember 2020.

Laporan Counterpoint menyebutkan ada faktor yang mempengaruhi keberhasilan Apple. Ada permintaan perangkat 5G yang terpedam dari penggemar iPhone menjadi salah satunya.

Ditambah dengan adanya promo operator yang kuat, terutama di Amerika Serikat, yang menyumbang lebih dari sepertiga penjualan iPhone12 dan 12 Pro. Operator menawarkan iPhone12 seharga US$ 0 melalui paket tukar tambah dan tidak terbatas. 

Baca juga : 5 Hal Penting Wajib Diketahui Sebelum Beli iPhone 12 !

Dilaporkan 9To5Mac, selain itu, di Cina dan Jepang juga melihat permintaan awal yang kuat untuk seri iPhone12. Dibandingkan denganmodel 5G merek lainnya, iPhone12 memiliki cakupan pasar yang lebih luas yang membantu penjualan, ada di lebih dari 140 negara. 

iPhone 12 meraih 16 persen dari total pasar global, sememntara iPhone 12 Pro 8 persen. Pesaing terdekat adalah Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G, yang mencapai 4 persen. Sepuluh besar dilengkapi oleh tiga model Huawei, dua dari OPPO, dan dua ponsel Samsung lainnya.

Permintaan seri iPhone 12 kemungkinan akan tetap kuat hingga akhir 2020, terutama selama musim liburan Desember. Penjualan yang kuat untuk Apple juga akan mendorong volume di segmen premium, meningkatkan Active Server Pages (ASP) global.