GadgetSquad.ID – Ramadan tahun ini sudah mulai memasuki minggu-minggu terakhir. Artinya semua mulai bersiap menyambut mudik lebaran 2022, termasuk operator telekomunikasi salah satunya Indosat Ooredoo Hutchison.

Menyambut euforia mudik lebaran 2022, setelah 2 tahun aktivitas pulang kampung, dibatasi lantaran pandemi Covid-19. Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), sudah menyiapkan amunisi terbaiknya.

Salah satunya, IOH sudah melakukan optimalisasi jaringan di 300 titik pusat keramaian atau Point of Interest (POI) untuk menyambut mudik lebaran 2022.

Titik-titik tersebut berada di jalur mudik, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal hingga pelabuhan.

Selain area itu, IOH juga memfokuskan layanan di destinasi wisata, pusat perbelanjaan, dan masjid yang juga akan mengalami kenaikan trafik telekomunikasi pada Ramadan dan Lebaran 2022.

Agus Sulistyo, SVP Head of Network Operation Indosat Ooredoo Hutchison, menuturkan, pihaknya sudah siap mengantisipasi lonjakan trafik pasa musim mudik tahun ini.

“Yang sudah kita lakukan sekarang, kita targetkan akhir 1.000 site yang terintegrasi dengan jaringan mobile. Jadi, ini sebagai kekuatan besar kita antisipasi kapasitas jaringan sepanjang jalur mudik dan di POI,” ujarnya.

Untuk mengamankan 300 titik tersebut, IOH menyiasatinya dengan meningkatkan kapasitas data sekitar 30%. Kenaikan tersebut diprediksi akan dikontribusi oleh meningkatnya penggunaan aplikasi berbasis video dan pengiriman pesan.

IOH sendiri memprediksi kenaikan trafik tertinggi akan terjadi di Bogor, Tangerang, Bekasi (Botabek), Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Untuk menambah rasa nyaman para pelanggan, amunisi Indosat Ooredoo Hutchison menyambut lebaran tahun ini, semakin diperkuat dengan diaktifkannya command center fisik terpusat sejak H-3 lebaran.

Ada juga dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu juga dikerahkan agar layanan internet IOH tetap stabil selama lonjakan trafik.

Disebutkan, tim IOH Network Operation Center (INOC) dan IOH Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24/7.

Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan.