GadgetSquad.ID – Sebuah inisiatif keren dilakukan Telkomsel untuk memudahkan pelanggan setia, yang punya kebutuhan khusus. Telkomsel menghadirkan layanan khusus bagi teman tuli/pelanggan tunarungu di sejumlah titik GraPARI.

Untuk tahap awal, 19 GraPARI akan menyediakan layanan tersebut. Langkah ini merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel dalam mengimplementasikan prinsip Environment, Social dan Governance (ESG) yang berkelanjutan terutama di lingkup sosial.

Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur Sales Telkomsel, meninfokan, saat ini merujuk data terbaru dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, terdapat sekira 22,97 juta atau sekitar 8,5% dari jumlah penduduk Indonesia merupakan penyandang disabilitas.

“Untuk itu, bersamaan dengan peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional yang biasa diperingati setiap 23 September, serta sebagai bagian upaya memperkuat aspek keadilan dan persamaan hak kepada penyandang disabilitas.”

“Telkomsel terus berupaya menghadirkan layanan pelanggan yang lebih baik dan ramah bagi masyarakat penyandang disabilitas, salah satunya melalui penyediaan layanan khusus yang akan memberikan kemudahan aksesibilitas bagi teman tuli di sejumlah layanan pelanggan GraPARI.”

Saat ini 19 titik GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia dan akan siap melayani kebutuhan teman tuli tersebut antara lain.

– Lampung
GraPARI Kotabumi
GraPARI Wolter Monginsidi
GraPARI Kalianda
– Kepulauan Bangka Belitung
GraPARI TelkomGroup Pangkal Pinang
– Sumatera Selatan
GraPARI TelkomGroup Palembang
– Sumatera Utara
GraPARI TelkomGroup Medan
– Banten
GraPARI Ciputat
GraPARI Serang
GraPARI Summarecon Mall
GraPARI BSD
– Jawa Barat
GraPARI ITC Depok
DKI Jakarta
GraPARI Mall Kota Kasablanka
GraPARI Bintaro Xchange
GraPARI Cijantung
– Jawa Tengah
GraPARI Boyolali
– Jawa Timur
GraPARI Probolinggo
– Bali
GraPARI Renon Denpasar
– Kalimatan Timur
GraPARI Tarakan
– Sulawesi Selatan
GraPARI Plasa Maros

Kedepannya, Telkomsel secara bertahap akan memperluas inisiatif ini dengan menghadirkan lebih banyak titik layanan bagi masyarakat tuli dan penyandang disabilitas di Tanah Air.

Sebagai tambahan, dalam inisiatif menghadirkan layanan pelanggan GraPARI yang ramah bagi masyarakat tuli, Telkomsel berkolaborasi dengan Silang.id.

Silang.id adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang inovasi digital untuk membangun ekosistem inklusif bagi teman tuli, dengan memberikan Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) kepada para petugas layanan Telkomsel yang dididik secara eksklusif oleh edukator ahli.