GadgetSquad.id – Selama ini yang sering jadi keluhan pengguna WhatApp (WA) adalah tidak bisa kirim foto HD via WA. Foto dengan resolusi tinggi atau high definition (HD) biasanya akan menjadi pecah atau turun kualitasnya begitu dikirim lewat aplikasi chatting yang paling banyak digunakan ini.

Kirim Foto HD via WA, Sekarang Sudah Bisa ! (1)

Agar bisa tetap kirim foto HD ke smartphone lain dengan kualitas tetap terjaga, biasanya menggunakan media lain, seperti lewat email atau Bluetooth. Atau jika tetap ingin mengirimkan foto HD via WA , biasanya pengguna ‘mengakalinya’.

 

Kirim Foto HD via WA

Banyak pengguna yang kirim foto HD via WA tidak langsung memilih file foto yang tersimpan di Gallery. Tetapi caranya dengan menjadikannya file Documen, caranya :

  • Pilih kontak WA yang ingin dikirim foto HD via WA
  • Klik ikon Klip yang ada di sisi kanan bagian Message (mengetik pesan)
  • Kemudian pilih Document
  • Baru kemudian pilih foto yang ingin dikirim
  • Dengan cara ini makan kualitas foto tidak akan menurun

 

Nah, sekarang kamu tidak perlu lagi repot-repot melakukan cara di atas. Karena WhatsApp melalui Mark Zuckerberg baru saja mengumumkan bahwa kamu sekarang dapat kirim foto kualitas HD lewat WhatsApp. Sekarang kamu akan diberikan pilihan untuk berbagi atau krim foto dalam resolusi yang lebih tinggi, dan tentunya tetap akan dilindungi oleh sistem keamanan enkripsi end-to-end WhatsApp. 

Baca juga : 5 Cara Utak-Atik Status WhatsApp Agar Tidak Biasa-biasa Saja

Jadi sekarang saat kamu ingin kirim foto HD lewat WhatsApp, maka bisa langsung dengan memilih file foto yang tersimpan di Gallery smartphone yang kemudian akan diberi pilihan apakah ingin mengirimkan dalam kualitas HD atau standar. Ketika kamu mengklik ikon HD yang disediakan, maka foto akan dikirimkan dalam kualitas High Definition.

Tapi pengiriman foto dengan kualitas standar akan terus menjadi pilihan default saat pengiriman foto via WhatsApp, ini untuk memastikan berbagi foto melalui WhatsApp tetap cepat dan andal. Untuk kondisi sebaliknya, yaitu saat kamu menerima foto dan kondisi konektivitas bandwidth sedang rendah, maka kamu dapat memilih apakah akan menyimpan foto versi standar atau tingkatkan ke HD.

Fitur kirim foto HD via WA baru akan diluncurkan secara global dalam beberapa minggu ke depan. Dan untuk ke depannya WhatsApp juga menjanjikan akan ada fitur pengiriman Video HD.