(ki-ka) President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, CEO & Managing Director Lightstorm Group Amajit Gupta saat Konferensi Pers yang diadakan di Jakarta, Senin (27/11).

GadgetSquad.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengumumkan kolaborasi dengan Asianet (Lightstorm group company) dan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) dalam menghadirkan pengalaman digital kepada para pelanggan.

Kesepakatan akuisisi ini diresmikan di MNC Tower, Senin (27/11/2023). Acara ini dihadiri oleh CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoe Soedibjo dan CEO Lightstorm Group, Amajit Gupta.

Langkah strategis ini dilakukan guna menegaskan komitmen Indosat dalam menyediakan layanan internet rumah tangga unggulan kepada masyarakat luas sembari menambahkan layanan video entertainment yang disediakan oleh MNC Play dalam satu layanan.

Masing-masing mempunyai perananan sendiri. Indosat menyelesaikan pengalihan pelanggan MNC Play dan menggabungkannya kepada seratus juta pelanggan yang sudah menikmati layanan Indosat serta fokus pada pengembangan bisnis Fiber-to-the-home (FTTH) dan memastikan pengalaman dan juga layanan yang lebih baik terhadap operasi MNC Play dan juga layanan pelanggan sekaligus fokus pada aspek penjualan dan juga layanan pelanggan. Sementara Asianet akan mengoperasikan semua aspek terkait jaringan fiber optik. Sedangkan MNC Play tetap akan mengisi layanan video service.

“Jadi sekarang ada tiga pihak, infrastrukturnya dipegang oleh Asianet, pelanggannya Indosat tapi layanan video service-nya masih pada MNC Play,” ungkap Hary Tanoe Soedibjo, selaku Executive Chairman MNC Group.

Baca Juga: Asik! Langganan Indosat HiFi Kini Bisa Akses Konten Spesial CATCHPLAY+

Lewat aksi korporasi ini, diharapkan dapat mempercepat langkahnya dalam meningkatkan kapasitasnya pada bisnis Fiber-to-the-home (FTTH) yang beroperasi di bawah brand Indosat HiFi serta menyambut 300 ribu pelanggan fixed home internet yang bergabung dengan seratus juta pelanggan Indosat lainnya.

Vikram Sinha, President Director and CEO of Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Akuisisi ini sejalan dengan tujuan kami menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Kami juga antusias menyambut pelanggan MNC Play ke dalam keluarga besar pelanggan Indosat. Kami memastikan para pelanggan akan senantiasa menikmati pengalaman luar biasa dan juga layanan yang lebih baik. Dengan ini, Indosat tidak hanya berfokus pada angka, tapi juga meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan. Tambahan layanan IPTV yang disediakan oleh MNC Play menjadikan Indosat HiFi tidak hanya menawarkan layanan broadband tapi juga tambahan entertainment seperti TV Kabel.”

Tak hanya itu, lewat akuisisi ini, pelanggan dapat menikmati dan memilih antara FTTH atau Internet Protocol Television Services (IPTV) maupun kedua layanan dalam satu paket yang sama.

Amajit Gupta, Lighstorm Group CEO & MD mengatakan, “Lewat akuisisi ini, divisi FTTH Lighstorm, Asianet akan memiliki jaringan fiber lebih dari 15 ribu kilometer dan lebih dari 1,5 juta home pass di sepuluh kota di Indonesia. Hal ini menjadikan kami sebagai salah satu carrier-neutral FTTH operators di Indonesia. Transaksi ini juga membuktikan model bisnis inovatif Lightstorm dan menjadikan Asianet sebagai mitra infrastruktur yang dipilih oleh para operator dan penyedia layanan di Indonesia. Lebih lanjut, Asianet memiliki kesamaan visi dengan Indosat dan juga pemerintah Indonesia dalam menghadirkan layanan digital kelas dunia, menghubungkan, serta memberdayakan masyarakat Indonesia.”

Akuisisi ini menjadi sebuah standar baru bagi industri dalam hal menghadirkan internet rumah tangga dan layanan entertainment berkualitas di Indonesia. Dengan komitmen terhadap inovasi dan kepuasan pelanggan, Indosat optimis akan masa depan digitalisasi di Indonesia.