GadgetSquad.ID – Kehadiran fitur anti maling di perangkat gadget, termasuk hape harusnya menjadi nilai lebih untuk menggoda konsumen. Tapi anggapan tersebut sepertinya tidak berlaku sepenunya bagi pemerintah China.

Mengutip laporan South China Morning Post, diinfokan bahwa pemerintah Tiongkok meminta Xiaomi untuk menghapus fitur keamanan anti maling pada Mi Mix 4.

Sebagai info, Mi Mix 4 merupakan produk flagship smartphone Xiaomi, produk tersebut baru diperkenalkan pada 10 Agustus lalu. Nah, salah satu fitur yang diperkenalkan Xiaomi pada Mi Mi4 adalah fitur anti maling (antitheft).

Alih-alih diapresiasi, fitur anti maling pada Mi Mix 4 kini malah dinonaktifkan sesuai dengan permintaan pemerintah.

Mengutip pernyataan Xiaomi, laporan South China Morning Post menyebut, “fitur anti maling pada Mi Mix 4 harus dihapus lantaran belum mendapatkan persetujuan dari regulator dan tidak memenuhi aturan yang relevan.”

Terkait fitur anti maling ala Xiaomi, nantinya memungkinkan pengguna menemukan unit Mi Mix 4 yang hilang, meskipun kartu SIM di dalamnya sudah diambil.

Sebagai keamanan tambahan, perangkat Mi Mix 4 juga tidak mengizinkan kartu SIM lain digunakan di smartphone ini, tanpa persetujuan si pemilik ponsel.

Sebagai tambahan, sebelumnya pada acara perkenalan Mi Mix 4, Pendiri Xiaomi Lei Jun menyebut, fitur anti maling (antitheft) merupakan fitur yang sempurna dengan dukungan kartu SIM virtual yang membuat smartphone tetap terhubung ke internet.

“Fungsinya tidak memungkinkan perangkat dipasang SIM card lain, tanpa persetujuan pengguna,” kata Lei Jun kala itu.