GadgetSquad.ID – Mobil listrik semakin eksis. Yup, dengan segala tantangannya ekosistem mobil listrik terus bertambah di Indonesia.

Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 jadi bukti nyata, bagaimana geliat mobil listrik di Indonesia.

Berbagai pabrikan besar hingga nama-nama baru, memamerkan beragam mobil listrik keren dengan segala keunggulannya.

AION menjadi salah satu pabrikan anyar yang mencoba, menggoda penghujung GIASS dengan inovasi mobil listriknya.

AION sendiri terbilang baru di pasar otomotif indonesia. Pabrikan asal Cina ini memang khusus mengembangkan kendaran listrik.

Lantas apa yang istimewa dari mobil listrik yang di kembangan AION dibanding, produk yang sama dari kompetitor?

Dalam Talks Show “AION Technology with Expert : Pure Electric Exclusive Platform”. AION buka-bukaan, perihal keunggulan utama mobil listriknya dibanding kompetitor.

Xu ZhaoYu, Head of Product Training AION South East Asia, menjelaskan, jika AION punya keunggulan melalui Magazine Battery dan Architecture Electric Platform (AEP).

AEP adalah sebuah desain eksklusif platform listrik murni yang harus menjadi perhatian penting dalam memilih kendaraan listrik.

“Melihat potensi besar di pasar Indonesia, AION yakin teknologi inovatif ini dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen.”

Adapun AEP punya peran penting dalam mengembangkan sistem penggerak listrik three-in-one yang terintegrasi (motor, kontrol elektronik, dan reduktor).

Desain ini 30% lebih kompak, 20% lebih ringan, dan memiliki kepadatan daya 20% lebih tinggi dibandingkan rata-rata pasar.

Lebih jauh AION mengklaim kendaraan listrik yang dibuat membawa keunggulan seperti ruang yang maksimal, masa pakai baterai yang lebih lama, kabin yang lebih luas, kendali yang lebih baik, dan teknologi yang lebih cerdas

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Danang Arradian, Ketua Forum Wartawan Teknologi (FORWAT), menilai AION memiliki keunikan tersendiri di antara merek lain.

Menurutnya, AEP yang dikembangan AION, mampu menghadirkan produk dengan overhang pendek dan jarak sumbu roda panjang untuk memberikan pengalaman berkendara terbaik.

Platform tersebut juga mampu menghasilkan kendaraan dengan ruang yang sangat luas, dan menjadikannya solusi mobilitas inovatif dan serbaguna.

“Teknologi menjadi dasar dalam pemilihan mobil listrik. Teknologi harus mendukung keselamatan, kenyamanan, dan mobilitas pengguna kendaraan,” jelas Danang.

Sebagai tambahan, dalam gelaran GIIAS 2024, AION memperkenalkan sederet mobil listrik andalan seperti AION Y Plus, HYPTEC HT, dan AION ES.