Modal Jaringan 5G, Download Game Berukuran 2,7GB Tak Sampai 3 Menit?

GadgetSquad.ID – Masih soal jaringan 5G broo. Berbicara uji jaringan, termasuk koneksi 5G, tidak sebatas mengukur kecepatan dengan aplikasi pihak ketiga, salah satunya speedtest.

Pengukuran kualitas jaringan termasuk koneksi 5G, bisa dilakukan dengan mengujinya, dalam mendukung aktivitas sehari-hari.

Merujuk fakta di atas, GadgetSquad pun kembali melakukan pengujian 5G. Kali ini, pengukuran dilakukan dengan melihat perbandingan, kualitas 5G dengan 4G saat digeber melakukan rutinitas keseharian.

Koneksi 5G sendiri menawarkan kecepatan berkali lipat dibanding 4G. Seperti apa hasilnya?

Menggunakan perangkat Oppo Reno5 5G dengan koneksi 5G dan 4G milik Telkomsel, men-download COD Mobile berukuran 2,7 GB di Play Store, menjadi titik awal pengujian kali ini.

Dengan koneksi 5G, Call of Duty: Mobile kelar didownload hanya dalam waktu 2 menit saja. Sementara dengan koneksi 4G, butuh waktu 15 menit untuk mendowload salah satu game populer tersebut.

Skenario selanjutnya, GadgetSquad sempat mendownload file video berukuran 337 MB dari Google Drive. Bermodal jaringan 5G, hanya butuh waktu 56 detik untuk mengunduh video tersebut.

Saat mengunduh file yang sama dengan jaringan 4G, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 menit 50 detik.

Tak berhenti disitu saja, GadgetSquad juga sempat menguji jaringan 5G dengan streaming video 4K di YouTube. Pengujian dilakukan dengan mengatur kualitas video di YouTube ke 2160p.

Guna mengecek buffer, slider durasi video digeser ke titik random. Hasilnya dengan koneksi 5G, walau digeser random berberapa kali, video yang ditonton nyaris tanpa buffer.

Sayang lantaran keterbatasan waktu, GadgetSquad tidak bisa melakukan skenario pengujian yang sama dengan koneksi 4G.

Terlepas dari masalah keterbatasa waktu, terlihat jelas bagaimana nyaman melakukan aktivitas keseharian, ditemani koneksi cepat jaringan 5G.