Muklay Hadirkan Karya Seni di Produk Xiaomi

Xiaomi Indonesia memperkenalkan kolaborasinya dengan seniman visual Muklay. Salah satu bentuk kolaborasinya adalah karya seni yang menginterpretasi sepuluh produk smartphone dan ekosistem dari Xiaomi mulai dari ponsel pintar, powerbank, televisi, hingga penjernih udara menjadi karya seni khas darinya.

Pemilik nama asli Muchlis Fachri ini dikenal karena karya seni yang menghadirkan pengalaman surealis dari penggunaan warna dan desain ceria yang berpadu dengan kegelisahan sang seniman. Muklay yang masuk dalam daftar Forbes Indonesia 30 Under 30 karena pendekatannya dalam menghadirkan seni ke dalam produk yang banyak dipakai masyarakat seperti sneaker, jaket, tas, hingga sandal. Reputasinya terbangun juga berkat pemanfaatan media sosial dan mendorong kolaborasi dengan pelaku seni lintas bidang.

Kolaborasi Xiaomi dan Muklay menghasilkan karya seni berupa interpretasi seniman ini atas produk teknologi dari Xiaomi. Dari ponsel pintar dan produk ekosistem “diberi nyawa” oleh seniman yang dulu memilih Xiaomi sebagai ponsel pertamanya, termasuk mengawali kiprahnya dalam media sosial.

“Bagi saya, seni harusnya bisa dijangkau semua orang tanpa harus jauh-jauh datang ke galeri seni atau museum. Karya seni sebetulnya bisa dinikmati dalam bentuk barang yang dipakai sehari-hari. Inilah titik temu dalam kolaborasi saya bersama Xiaomi yang ingin memboyong teknologi kepada semua,” kata Muklay.

Sepuluh produk yang menjadi inspirasi dari karya Muklay adalah ponsel pintar seri Mi dan seri Redmi, Mi Robot Vacuum, Mi Power Bank, Mi In-ear Headphone, Mi Home Security Camera 360, Mi TV, Mi Air Purifier, Mi LED Smart Bulb, dan Mi Band. Tidak berhenti di sana, Xiaomi Indonesia akan mengumumkan kolaborasi selanjutnya bersama Muklay dalam waktu dekat.