a55-2

Nampaknya, tidak ada kata istrihat bagi Oppo untuk memberikan sajian terbaiknya bagi konsumen Indonesia. Yup, pasca memperkenalkan keluarga OPPO Reno7 Series, jelang bulan Ramadan OPPO langsung menggoda konsumen di Tanah Air dengan keluarga “A” Series terbaru.

Perkenalkan sob! ini dia OPPO A55. Menjadi jagoan anyar OPPO untuk bertarung di segmen 2 jutaan, hape baru ini siap memanjakan kamu dengan berbagai inovasi keren dan terbaik di kelasnya.

So! sudah siap menikmati berbagai kecanggihan berkelas yang dimiliki OPPO A55? Kencangkan sabuk pengaman kamu, saatnya menjelajah keseruan bulan Ramadan tahun ini bersama OPPO A55

a55-3

Desain
Petualangan seru mengeksplor keindahahan OPPO A95, GadgetSquad mulai dari sektor desain. “Kekinian”, hal ini sudah sedikit mengambarkan bagaimana konsep desain yang diusung OPPO A55. Mengikuti tren hape masa kini, desain OPPO A55 kini dibuat lebih cantik dengan bagian bodi belakang yang lebih kontras.

Saat menjelajah sektor belakang, kamu akan mendapati bodi hape dengan kontras warna yang begitu anggun. Hape ini terdari dari dua tipe warna yang sama-sama elegan, yakni “Hitam Berbintang” seperti yang GadgetSquad uji dan varian Rainblow Blue. Menambah kesan glamour, bodi belakangnya hape dibuat berkilau.  

Menariknya, walau bodinya berkilau, kamu tidap perlu takut hape ini mudah tergelincir dari genggaman. Yup, saat Menggenggam OPPO A55, kamu akan mendapati bodi hape yang proporsional, sehingga pas berada di telapak orang dewasa. Smartphone ini memiliki ketebalan 8,4mm, dengan bobot yang cukup terjaga di kisaran 190 gram. 

Selain bodi belakang yang elegan, di area belakang kamu juga akan mendapati rangkain sensor kamera yang tersusun apik, lengkap logo OPPO di sisi bawah. Bergeser ke area sisi, di wilayah ini tertanam tombol power, volume, corong speaker, slot sim card, port usb type-C dan jack audio 3,5mm.

Hal lain yang perlu kamu ketahui, sensor sidik jari pada OPPO A55 disematkan di samping kanan bod, menyatu dengan tombol power. Saat diuji, seperti seri lainnya, mampu merespon sentuhan dengan sangat cepat dan akurat.

Secara umum, OPPO A55 desainnya sudah ok banget sob! Kalau pun ada sedekit kekurangan, lantaran bodi belakang dibuat berkilau, hape ini jadi mudah terlihat kotor oleh sidik jari. Bila tidak ingin bodinya membekas sidik jari, pengguna bisa menggunakan soft case yang sudah tersedia dalam paket penjualannya.

a55-5

Layar
Masih dari sisi eksterior, dimana kali ini penelusuran GadgetSquad beralih ke area layar. Jika merujuk spesifikasi yang diusung di sektor layar, sepintas mungkin akan terlihat biasa-biasa saja. Namun saat di ekplor lebih jauh, performa layar OPPO A55 ternyata tidak bisa dianggap remeh.

Dari data yang didapat, layar OPPO A55 hadir dengan garis tengah 6,51 inci. Konsep desain layar sudah terbilang modern, dimana terdapat punch-hole tempat tertanamnya kamera depan. Ukuran kameranya pun tergolong kecil, sehingga tidak mengganggu saat sedang menonton video dan bermain gim.

Panel yang digunakan berjenis IPS dan punya sudut pandang lebar. Resolusinya bukan yang tertinggi, yakni HD+, dengan refresh rate mencapai di 60Hz saja. Walau tidah mewah, setidaknya setiap visual yang tersaji di hape ini masih nyaman dipandang mata, tidak ada yang berlebihan.

Kecerahan maksimum layar smartphone OPPO satu ini mencapai 550 nits, mata masih cukup ok menatap tampilan layar saat berada di bawah sinar matahari langsung, selama konten yang ditampilkan juga berwarna cerah. Untuk keamanan layar, sudah dipersenjatai lapisan NEG T2X-1, serupa dengan Gorilla Glass.

Kecerahan maksimum layar smartphone OPPO satu ini mencapai 550 nits, sehingga masih oke saja ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung, selama konten yang ditampilkan juga berwarna cerah. 

a55-6

Kamera
Beralih ke sektor kamera. Selama ini OPPO dikenal memiliki reputasi bagus dalam mengembangkan fitur kamera yang tertanam di setiap hape produksinya. Apakah kondisi tersebut juga berlaku untuk seri OPPO A55?

Dari amunisi yang dimiliki, menurut GadgetSquad seri OPPO A55 akan percaya diri untuk bersaing di segmen 2 jutaan. Hal ini tidak lepas dari kamera utama hape ini yang sudah bertahtakan lensa beresolusi 50MP dengan bukaan f/1.8. 

Kamera utamanya, sudah temani oleh 2 lensa lain, yakni optik 2MP untuk kebutuhan makro dan 2MP untuk kebutuhan depth of field. Tak ketinggalan, lensa depan untuk kemampuan swafoto berukuran kamera selfie 16MP dengan bukaan f/2.0.

Merujuk hasil pengujian yang GadgetSquad lakukan, hasil foto OPPO A55 sudah sangat memuaskan. Bahkan buat yang baru belajar fotografi, bermodal OPPO A55 kamu tetap bisa menghasilkan aneka foto kreatif layaknya bidikan fotografer pro.

Asiknya lagi dengan bantuan filter dan fungsi AI yang tertanam di dalamnya, kita bisa berkreasi untuk menghasilkan foto mumpuni di malam hari. Kondisi yang tidak jauh beda, juga GadgetSquad rasakan kala mengeksplor kamera depan OPPO A95.

Kamera depan mampu menangkap foto selfie dengan baik, lengkap dengan kemampuan rekam video hingga 1080p 30fps. Tapi harus diatur dulu, karena defaultnya ada di 720p 30fps. Masih soal kemampuan mengambil konten video, untuk kamera belakang, bisa mengabadikan gambar bergerak di 1080p 30fps dan sudah diatur default di posisi ini. 

Singkat cerita, hasil bidikan OPPO A55 nggak akan membuat kamu minder, untuk bersaing dengan konsumen lain yang memiliki hape brand lain di kelas yang sama. 

Performa
Dalam mengawal kinerjanya, OPPO membekali dapur pacu seri A55 dengan teknologi yang menjanjikan. Jika memilih OPPO A55 sebagai teman seru-seruan saat Ramadan nanti, kamu akan mendapati hape dengan chipset Mediatek yakni Helio G35.

Chipset ini pertama kali diperkenalkan sebagai chipset yang menjanjikan bahkan untuk keperluan nge-game, karena telah dilengkapi dengan HyperEngine Technology.

Teknologi ini digadang mampu memberikan performa yang lancar, smooth like butter, efisiensi daya dengan koneksi yang rendah latensi. 

Lebih detail, chipset di tubuh OPPO A55 membawa CPU 8 inti Cortex A53 dengan dua alokasi. Di mana 4 inti diset memiliki kecepatan 2.3 GHz, sementara 4 inti lain diset untuk berlari di 1.8 GHz. Lalu chipset ini juga membawa GPU PowerVR GE8320. OPPO A55 hadir dengan RAM 4GB, penyimpanan internalnya 64GB, plus slot eksternal microSD.

Terkait kinerja dapur pacunya, untuk ukuran Rp2 jutaan performa hape ini masih bertenaga. Buka tutup aplikasi sampai jeda membuka aplikasi baru masih tergolong normal. Saat bermain gim, jangan berekspektasi bakal jalan lancar dengan pengaturan grafis tinggi saja

Fitur lainnya
OPPO A55 hadir dengan Android 11 dan tampilan antarmuka ColorOS 11.1. Bukan yang paling baru, memang, tapi fiturnya tetap lengkap kok. Mulai dari personalisasi tingkat tinggi sampai fitur ekstra seperti Quick Return Bubble. Memungkinkan pengguna untuk akses aplikasi lain sembari menunggu jeda waktu di dalam gim.

Aplikasi edit foto bawaan dari galeri OPPO A55 juga dilengkapi fitur seperti Retouch dan AI Palettes. Retouch memungkinkan pengguna untuk tingkatkan tampilan wajah dari gambar yang sudah diambil sebelumnya. 

Sementara AI Palettes bisa replikasi tone warna foto lain ke foto yang diinginkan, tanpa perlu pakai preset di Adobe Lightroom. Hal lain yang perlu kamu ketahui, ternyata hape ini memiliki bodi yang tahan air.

Yup, bodi OPPO A55 sudah memiliki sertifikasi IPX4. Sekedar mengingatkan, sertifikasi ini merujuk pada ketahanan ponsel terhadap percikan air. Semisal saat kehujanan atau saat ketumpahan air putih di atas meja makan. Yang pasti jangan pernah sesekali hape ini terkena cipratan air laut, karena akan terkena korosi atau karat.

 

Baterai
Soal daya tahan, ternyata juga menjadi salah satu keunggulan OPPO A55. OPPO A55 dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Bukan yang terbesar untuk sebuah ponsel. Namun entah karena efisiensi pada software atau hardware. Entah itu di sisi display atau di again CPU/GPU, yang pasti baterai hape ini bisa bertahan cukup lama.

Contoh paling kentara, saat GadgetSquad geber OPPO A55 main Asphalt 9 nonstop 1 jam, dilanjut streaming video dengan waktu yang kurang lebih sama. Baterai OPPO A55 hanya berkurang tidak lebih dari 10% dari kondisi 100%. Saat energi baterai kembali diisi, hape ini bisa mengadopsi teknologi pengisian cepat 18W.

 

Kesimpulan
Menatap Ramadan tahun ini, nampak jelas OPPO sudah bersiap dengan amunisi terbaiknya di berbagai rentang harga. OPPO A55 diplot menjadi salah satu hape andalan di rentang 2 jutaan. Apa yang ditawarkan OPPO A55, menurut GadgetSquad terbilang sangat menarik.

Dengan modal 2 jutaan, kamu akan mendapat hape kece dengan desain kekinian nan berkualitas, performa bertenaga di kelasnya, dan yang pasti OPPO A55 memiliki kualitas fotografi mumpuni. 

Kombinasi tersebut, plus berbagai keunggulan lain yang ditawarkan hape ini, rasanya akan sangat sayang dilewatkan bagi kamu yang sedang mencari hape baru, sebagai tandem melewati keseruan Ramadan, Lebaran dan berbagai momen spesial lainnya.