GadgetSquad.ID – “Perempuan Indonesia hebat”, kalimat tersebut sedikit banyak menggambarkan semangat yang coba dikobarkan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Indosat, dalam gelaran SheHacks 2023.

SheHacks sendiri merupakan salah satu program CSR tahunan IOH, dipilar Pemberdayaan Perempuan. Program ini bertujuan mengurangi kesenjangan digital bagi perempuan Indonesia di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan lewat pemanfaatan teknologi.

Pada SheHacks 2023 ada 3 hal baru yang diberikan. Ketiga program baru di SheHacks 2023 yakni, SheHacks Innovate, Impact dan SheHacks Improve. Rangkaiannya terdiri dari masa inkubasi, pelatihan, bimbingan dan pendampingan.

Vikram Sinha, Presiden Director & CEO IOH,  mengatakan bahwa perempuan adalah pelaku utama UMKM Indonesia.

“Pada tahun 2027 nanti, diproyeksikan 64% UMKM akan go digital sehingga akses digital yang setara bagi perempuan perlu diupayakan agar memiliki dampak yang besar.”

“Indosat berkomitmen untuk terus menjadi kolaborator utama dalam memberdayakan masyarakat Indonesia dan menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi digital bangsa,” ucapnya.

SheHacks 2023 juga didukung oleh Indosat Digital Ecosystem (IDE), platform terpercaya dari Indosat Business yang akan membantu entrepreneur dan pelaku bisnis.

IDE by Indosat Business memberikan akses komunitas dan solusi kelas enterprise untuk mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia, yang memiliki tiga fitur, IDE Academy, IDE Advisory, dan IDE Marketspace.

Sejak diluncurkan pada tahun 2020 lalu, SheHacks telah menerima lebih dari 1.300 proposal dan berhasil memberdayakan lebih dari 8.600 perempuan di bidang teknologi di seluruh Indonesia. KUMPUL.ID menjadi mitra strategis penyelenggaraan SheHacks 2023.

Jika berminat, para perempuan Indonesia dapat berpartisipasi baik secara individu maupun berkelompok, dengan jumlah maksimal 3 orang. Periode pengiriman proposal dari tanggal 14 April hingga 9 Juni 2023.

Proposal berupa ide-ide solutif atau prototipe produk yang dapat meningkatkan kesetaraan perempuan di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan.

Saatnya perempuan Indonesia bersaing di bidang teknologi. Kamu adalah perempuan inspirasi, kuatkan inovasi dan wujudkan kesetaraan.