GadgetSquad.ID – Teknologi makin canggih, membuat ancaman keamanan siber semakin meningkat. Diprediksi ancaman siber bakal membuat kerugian ekonomi digital meningkat, menjadi USD 14 triliun pada 2028 dari USD 8 triliun di 2023.

Dalam upaya mencegah kerugian ekonomi digital di Tanah Air, lantaran ancaman keamanan siber, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) melakukan kolaborasi strategis dengan Mastercard.

Kolaborasi IOH x Mastercard menghasilkan Cybersecurity Center of Excellence (CoE).

Indosat-Mastercard Cybersecurity Center of Excellence menandai tonggak penting perjalanan kedua belah pihak dalam menjaga masa depan digital Indonesia.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengungkapkan, pihaknya merasa terhormat dapat berkontribusi dalam mengatasi tantangan keamanan siber di Asia Pasifik, khususnya Indonesia.

“Kami yakin bahwa upaya yang kita lakukan hari ini akan memajukan sumber daya manusia keamanan siber Indonesia ke depannya. Inisiatif ini, memperkuat tujuan kami dalam menciptakan satu juta talenta digital di Indonesia.”

Safdar Khan, Division President, Southeast Asia, Mastercard, mengatakan, jika Mastercard berkomitmen untuk meningkatkan kepercayaan dalam ekonomi digital. Bersama Indosat, kami akan mendirikan Center of Excellence in Cybersecurity & Digital Trust.

“Kolaborasi ini memadukan inovasi dan kerja sama terbaik antara keahlian lokal dan praktik global untuk mengembangkan keterampilan dan keahlian yang diperlukan guna memajukan perekonomian digital Indonesia serta memastikan kesiapan dalam menghadapi tantangan masa depan.”

Dalam prosesnya, Cybersecurity Center of Excellence dikembangkan dengan mengusung 3 pilar utama :

Pertama, Edukasi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang keamanan siber melalui peningkatan akses pendidikan serta pelatihan keamanan siber.

Kedua, Inovasi melalui penelitian di beberapa area utama keamanan siber dan digital trust dengan memanfaatkan teknologi terbaru.

Ketiga, Kolaborasi Industri dalam mendeteksi dan memitigasi penipuan.