GadgetSquad.id – Oppo Find N telah diumumkan sebagai ponsel lipat pertama perusahaan. Smartphone baru ini disebut-sebut sebagai hasil dari empat tahun R&D Oppo dan enam generasi prototipe. Mirip dengan seri Samsung Galaxy Z Fold, Oppo Find N memiliki desain lipat ke dalam.

Berdasarkan bocoran yang beredar, ponsel ini juga tampaknya memiliki lapisan logam dan dua layar OLED yang berbeda, termasuk yang dapat dilipat sebagai opsi utama. Oppo juga diharapkan menawarkan pengalaman perangkat lunak berpemilik di atas untuk memberikan pengalaman pengguna yang berbeda. 

Melalui surat terbuka yang dirilis pada Kamis, 9 Desember 2021, Chief Product Officer Oppo dan Pendiri OnePlus Pete Lau mengumumkan pengembangan Oppo Find N. Model baru yang dapat dilipat ini diklaim sederhana dalam desain, bermanfaat, dan mudah digunakan.

Menurutnya, Oppo telah memecahkan masalah utama pada smartphone lipat sebelumnya, seperti lipatan pada layar dan daya tahan perangkat secara keseluruhan. Caranya dengan menciptakan desain engsel dan layar terbaik yang tersedia saat ini.

Oppo juga telah merilis video teaser untuk memberi gambaran sekilas tentang ponsel lipat yang akan datang. Video berdurasi 15 detik menunjukkan desain lipat ke dalam dari Oppo Find N dan menunjukkan bezel tipis pada penutup dan layar yang dapat dilipat.

Ponsel ini juga tampaknya memiliki desain punch hole setidaknya untuk layar yang dapat dilipat, yang mungkin memiliki teknologi kamera di bawah layar di atasnya. Lebih lanjut, video teaser menunjukkan bahwa ponsel akan datang dengan port USB Type-C dan sensor sidik jari yang dipasang di samping. 

Lau mengatakan generasi pertama prototipe Find N dirancang kembali pada April 2018. Meskipun beberapa merek lain telah memperkenalkan perangkat yang dapat dilipat ke pasar, hambatan seperti utilitas, daya tahan, dan pengalaman pengguna terus mencegah perangkat yang dapat dilipat menjadi driver harian yang lebih layak bagi kebanyakan orang.

Jadi, ketika Lau kembali ke Oppo tahun lalu, dia cukup bersemangat untuk mengambil alih proyek besar ini dan membimbing tim untuk mengatasi rintangan terakhir untuk mengubah mimpi ini menjadi kenyataan. Spesifikasi rinci dari Oppo Find N belum terungkap. Namun, ponsel ini diluncurkan pada konferensi Oppo Inno Day pada 15 Desember.