GadgetSquad.id – MediaTek mengumumkan prosesor Mediatek terbaru yaitu chipset MT8192 dan MT8195 yang dirancang untuk Chromebook generasi baru. Dengan MT8192 7nm untuk perangkat mainstream and MT8195 6nm untuk perangkat premium.

Prosesor mediatek

Dengan prosesor Mediatek terbaru ini para pembuat perangkat bisa merancang Chromebook yang bertenaga, stylish dan ringan, dan umur batere panjang. Selain itu juga bisa menghadirkan pengalaman komputasi mulai dari konperensi video dan video streaming hingga gaming cloud dan aplikasi-aplikasi yang menggunakan AI.

Jerry Yu, Corporate Senior Vice President, MediaTek mengatakan, “Chromebook sekarang mendapat peningkatan popularitas yang luar biasa karena semakin banyak orang bekerja dari rumah dan belajar online. MediaTek sudah memberdayai sebagian Chromebook populer di pasar”.

Baca Juga: OPPO TV S1 dan TV R1 Dirilis: Dibekali Chip MediaTek, Harganya?

Prosesor Mediatek MT8192 dan MT8195 mengintegrasikan  APU (AI Processing Unit) kinerja tinggi untuk menjalankan berbagai aplikasi. Teknologi APU yang canggih dari MediaTek didesain untuk secara mulus memroses pengenalan identitas lewat suara, pengenalan kata dan gambar, penerjemahan secara langsung, pengenalan obyek, segmentasi gambar dan video, seluruhnya secara real-time. Chipset pada Prosesor Mediateki ini juga memiliki sebuah DSP (Digital Signal Processor) audio khusus untuk mengaktifkan VoW (Voice Wakeup) untuk asisten suara.

Para pembuat perangkat bisa merancang Chromebook dengan berbagai konfigurasi kamera berkat prosesor sinyal gambar HDR (high dynamic range) dan mesin kedalaman perangkat keras yang tertanam di dalam chipset. Ini memberikan opsi bagi para pembuat perangkat untuk mengintegrasikan kamera super-besar 80MP 4-sel, kamera tunggal 32MP atau kamera ganda hingga 16MP + 16MP guna memberikan HDR yang tajam untuk konperensi video.

Prosesor MediaTek MT8195 dibangun dengan proses TSMC 6nm, mengintegrasikan sebuah CPU delapan-inti dengan empat inti Arm Cortex-A78 untuk komputasi aplikasi dan empat inti Arm Cortex-A55 irit daya untuk secara simultan menangani tugas-tugas dan memaksimalkan umur batere.

Prosesor Mediatek MT8195 juga mengintegrasikan MediaTek APU 3.0 untuk kinerja AI.

Selain itu juga ada dukungan GPU lima-inti Arm-Mali G57 yang kuat menghasilkan visual cantik. Sementara LPDDR4X 2133MHz empat-kanal memastikan ada bandwidth memori yang cukup. Prosesor MediatekbMT8195 juga mendukung hingga tiga tampilan layar simultan sehingga pengguna bisa menikmati lebih banyak layar, ketika bekerja, bermain game, atau sekadar berselancar di internet.

Dengan dukungan untuk Dolby Vision, Surround Sound 7.1 dan sebuah akselerator video perangkat keras CodeC AV1, pengguna bisa menikmati pengalaman berkualitas bioskop untuk streaming film dan acara televisi dari layanan-layanan online populer.

Prosesor MediaTek MT8192 mendukung layar WQHD (Wide Quad High Definition) dengan tingkat refresh standar 60Hz, atau layar FullHD+ dengan tingkat refresh hingga 120Hz untuk tingkat respon super-cepat. Selain itu, chipset ini juga mendukung dua layar Full HD simultan.

Kedua chipset ini juga mengintegrasikan proses decode video HDR 4K untuk kualitas video luar biasa sementara tetap memaksimalkan umur batere, memungkinkan pengguna untuk menonton konten favorit mereka lebih lama. MT8192 dan MT8195 juga mendukung PCI-Express Gen 3 dan USB 3.2 Gen 1.

Chromebook yang menggunakan Prosesor Mediatek MT8192 akan hadir di pasar di kuartal kedua tahun 2021. Sedangkan tipe MT8195 akan menjalankan Chromebook premium, layar cerdas, tablet dan perangkat-perangkat cerdas lainnya, yang akan hadir kemudian di pasar.

Untuk detil lebih lanjut mengenai chipset MediaTek untuk Chromebook, kunjungi https://i.mediatek.com/chromebook