GadgetSquad.ID – Sebuah langkah strategis dilakukan PT Centratama Telekomunikasi Indonesia, Tbk (CENT). Salah satu perusahan penyedia menara telekomunikasi tersebut, resmi mengakuisisi saham PT EPID Menara AssetCo (EMA), anak usaha dari EdgePoint Group.

Yan Raymond, Direktur Utama dan Chief Executive Officer Centratama Group, menuturkan, pihaknya terus mencari peluang untuk mengembangkan portofolio menara telekomunikasi miliknya

“Mengakuisisi EMA merupakan langkah strategis yang tepat bagi Centratama Group untuk memantapkan posisi sebagai perusahaan penyedia menara independen terbesar di Indonesia,” jelas Raymond.

Lebih lanjut Raymond menyebutkan, Centratama Grup menandatangani Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat (CSPA) dengan EMA dan pemegang sahamnya untuk proses akuisisi pada tanggal 30 Desember 2021.

Menurut penuturan dia, total penanaman modal tersebut senilai maksimal 350 juta dolar AS, atau setara dengan Rp 5,01 triliun. Angka tersebut ditambah asumsi utang EMA yang ada.

Mengomentari akuisisi tersebut, Suresh Sidhu, Komisaris CENT dan Chief Executive Officer EdgePoint mengatakan, pihaknya sangat senang dengan transaksi ini karena akan mengukuhkan posisi Centratama Group sebagai entitas utama EdgePoint di Indonesia.

“Kini kami dapat menyalurkan investasi kami secara lebih efisien untuk memperluas rangkaian solusi konektivitas generasi berikutnya dari Centratama. Transaksi ini juga akan sangat mempermudah kami untuk bekerjasama dengan operator di tanah air.”

Adapun hasil dari akuisisi tersebut mencakup peleburan buku dan aset EMA di bawah Centrarama Group. Dimana salah satu asetnya adalah 4.000 menara telekomunikasi yang diakuisisi EMA dari Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2021.

Setelah akuisisi ini, kepemilikan menara Centratama Group mencapai lebih dari 9.000 situs menara di Indonesia, meningkat hampir dua kali lipat.

Selain itu akuisisi tersebut, membuat Centratama mengukuhkan kembali posisinya sebagai penyedia menara independen terbesar ketiga di Indonesia dan memperkuat kehadiran dan kemampuannya untuk menawarkan jangkauan yang lebih luas ke Operator Jaringan Seluler dan komunitas pelanggan perusahaan.