GadgetSquad – Qualcomm biasanya merilis chipset andalannya menjelang akhir tahun, misalnya Snapdragon 865 yang diluncurkan pada 5 Desember tahun lalu. Meskipun beberapa rilis produk telah ditunda karena pandemi virus corona yang sedang berlangsung, Qualcomm akan meluncurkan Snapdragon 875–yang dikabarkan diproduksi Samsung–pada 1 Desember 2020.

Notebook Check, Selasa, 6 Oktober 2020 melaporkan, informasi tersebut berasal dari pembocor informasi terkenal Roland Quandt melalui akun Twitter-nya. Meskipun sedikit lebih banyak informasi mengenai chip itu dibagikan melalui Tweet, tapi ada gambaran kasar tentang apa yang Qualcomm siapkan untuk pada Snapdragon 875.

Daftar Geekbench dari Snapdragon 875 menginformasikan bahwa chip akan menawarkan keuntungan yang signifikan dibandingkan pendahulunya. Namun, harus nilai dalam daftar itu harus dianggap sebagai sebutir garam, karena mereka tidak mencerminkan bagaimana chip akan beroperasi di dunia nyata.

Seharusnya tidak lama lagi, keandalan dari chip tersebut bisa dektahui, karena Snapdragon 875 diharapkan memulai debutnya bersama Xiaomi Mi 11 pada awal 2021. Sebelumnya, Snapdragon 875 dikabarkan akan hadir dengan X1 Super core terbaru ARM, dan diharapkan menampilkan tiga inti Cortex-A78 dan empat Cortex-A55 dalam konfigurasi 1 + 3 + 4.

Samsung akan memproduksi chip 5nm itu bersama dengan Exynos 1000 in-house miliknya. Apakah Snapdragon 875 akan datang dengan modem 5G terintegrasi, itu masih harus dilihat. Tapi, jika melihat Snapdragon 865 dan Snapdragon 865 Plus, kemungkinan hal itu terjadi tampaknya relatif rendah.

Sementara Qualcomm Snapdragon 875 memiliki kemampuan untuk mengalahkan Samsung Exynos 1000, tapi masih di belakang Apple dengan chip A14 Bionic dalam hal kinerja inti tunggal. Mungkin Snapdragon 875 Plus akan memanfaatkan ARM Cortex-X1 super inti yang lebih baik dan akhirnya menjembatani kesenjangan antara chip Qualcomm dan Apple.

Namun, mengutip Android Authority, beberapa laporan menunjukkan bahwa ponsel yang ditenagai Snapdragon 875 akan lebih cepat daripada iPhone 12 yang mengunakan A14 Bionic. Pengguna Android mungkin bersukacita atas prospek tersebut, dan dugaan harga chip yang tinggi juga bisa mencegah beberapa produsen Android melengkapi ponsel 2021 mereka dengan Snapdragon 875.

Misalnya, selentingan mengatakan bahwa hanya model Samsung Galaxy S21 kelas atas yang akan ditenagai oleh Snapdragon 875, dan sisanya akan menggunakan chip in-house atau puas dengan Snapdragon 865.