GadgetSquad.id – OPPO resmi merilis sistem operasi terbaru berbasis Android, ColorOS 13. Sebagai salah satu sistem operasi pertama berbasiskan Android 13 yang baru dirilis, ColorOS 13 menggabungkan sejumlah fitur utama Android 13 sekaligus memperkenalkan desain aquamorphic baru untuk pengalaman visual yang ringkas dan nyaman. 

OPPO ColorOS 13 berbasis Android 13 (1)

Fitur Baru di ColorOS 13   

OPPO telah bekerja sama dengan Android untuk memberikan pengalaman sistem operasi terbaik pada ColorOS. ColorOS 13 mencakup serangkaian fitur pintar baru yang dikembangkan OPPO dan dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik pada perangkat OPPO. Dan ini dia beberapa fitur  baru di ColorOS 13 :

  • User Interface desain Aquamorphic 

Terinspirasi oleh air, OPPO telah memperkenalkan desain aquamorphic baru ke ColorOS 13 untuk menciptakan antar muka yang fluid dan inklusif. Sementara huruf baru disertakan untuk meningkatkan keterbacaan teks dalam berbagai bahasa. ColorOS 13 juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih intuitif melalui integrasi efek aquamorfik.

 

  • Performa ditingkatkan 

ColorOS 13 menandai debut Dynamic Computing Engine, untuk menghadirkan sistem yang lebih mulus dan stabil . Engine ini menghadirkan dua peningkatan besar pada ColorOS 13, termasuk peningkatan masa pakai baterai dan kemampuan untuk membuat lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang. Dynamic Computing Engine menghadirkan keseimbangan yang lebih baik antara kinerja tinggi dan konsumsi daya rendah sekaligus menjaga lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang, memungkinkan untuk beralih di antara beberapa aplikasi tanpa mengalami kelambatan saat beralih.

 

  • Pengalaman kerja cerdas 

ColorOS 13 menyediakan fitur cerdas. Seperti Smart Always-On Display yang dapat menampilkan informasi yang terkait dengan musik dan aplikasi pengiriman, memberi pengguna akses lebih cepat.

OPPO telah bermitra dengan penyedia perangkat lunak dan layanan terkemuka dunia termasuk Bitmoji dan Spotify, untuk memberikan berbagai pengalaman yang nyaman dan personal melalui Smart Always-On Display.

Berkat teknologi LTPO2.0 terdepan di industri, kecepatan refresh Always-On Display dikurangi untuk menghemat konsumsi daya 30% . Fitur manajemen layar beranda pintar lainnya seperti folder besar, rak, dan widget layar beranda akan membantu pengguna dengan mudah untuk cepat mengakses informasi yang mereka butuhkan dengan cara yang paling mudah.

Baca juga : 7 Fitur baru ColorOS 12 Wajib Dicoba di HP OPPO Kamu

OPPO juga telah mengembangkan asisten rapat pertama di industri untuk smartphone yang dirancang khusus untuk rapat daring. Meeting Assistant dapat secara otomatis memprioritaskan paket data nirkabel untuk menyediakan koneksi yang lebih stabil selama rapat daring. Fitur ini juga menyederhanakan pemberitahuan untuk meminimalkan gangguan sambil memungkinkan pengguna untuk menambahkan pintasan OPPO Notes yang membantu membuat notulen rapat dengan notes di jendela pop-up.

 

Salah satu pembaruan terbesar yang tiba di ColorOS 13 adalah pengalaman pengguna multi-perangkat yang ditingkatkan. Multi-screen Connect kini mendukung konektivitas antara smartphone dan OPPO Pad Air, dan antara smartphone dan PC, meningkatkan produktivitas dan kenyamanan melalui file transfer yang mendukung lebih banyak format file tanpa batasan perangkat keras.

Pengguna yang menghubungkan ponsel cerdas mereka ke PC melalui Multi-screen Connect juga akan mendapat manfaat karena dapat menampilkan beberapa aplikasi secara bersamaan di layar PC.

Untuk fitur privasi dan keamanan, ColorOS 13 mengintegrasikan fitur perlindungan privasi yang mendasari Android 13. Misalnya, sistem akan secara otomatis menghapus riwayat clipboard setelah beberapa saat, mencegah kebocoran informasi sensitif yang disebabkan oleh malware. Selain itu, dengan fitur Nearby Wi-Fi, pengguna dapat menikmati Wi-Fi tanpa mengungkapkan informasi lokasi tertentu.

Ada juga fitur Pikselasi Otomatis dapat mengenali dan mengaburkan foto profil dan nama dalam tangkapan layar obrolan secara otomatis dengan satu ketukan. Selain itu ada Brankas Pribadi terbaru dienkripsi dengan Standar Enkripsi Lanjutan (AES) yang banyak digunakan untuk memberikan tingkat keamanan. ColorOS 13 memberikan perlindungan privasi dan keselamatan yang dapat dipercaya pengguna berdasarkan standar otentikasi privasi dan keamanan otoritatif .

 

Perangkat OPPO Yang Dapat Update 

Smartphone lipat OPPO Find N dan OPPO Find X5 Pro diumumkan sebagai dua smartphone pertama di dunia yang menerima pembaruan Android 13 Beta. OPPO juga telah meluncurkan versi pengembang ColorOS berdasarkan Android 13 Beta .

Untuk peluncuran global ColorOS 13, OPPO berencana untuk memperbarui hampir 35 model smartphone dalam setahun, yang mencakup lebih dari 60 negara dan wilayah, dan sebanyak 160 juta pengguna.

Peluncuran ini akan dimulai dengan Find X5 Pro dan Find X5 hari ini dengan rilis resmi ColorOS 13. Sementara, Reno8 Series yang beredar di Indonesia yakni Reno8 Pro 5G akan mendapatkkan versi Beta pada September, disusul dengan Reno8 5G pada bulan Oktober dan ditutup Reno8 Z 5G dan Reno8 pada bulan Desember 2022. OPPO kemudian akan terus menghadirkan ColorOS 13 ke lebih dari 20 perangkat mulai tahun 2023.