Review realme 7 Pro : Tak Hanya Pro, Tapi Juga Berikan Evolusi Berkualitas

GadgetSquad.ID -“Gas Terus” ungkapan tersebut menurut GadgetSquad layak disematkan kepada realme. Yup, realme nampaknya belum ada tanda-tanda untuk “menginjak rem” dalam pertarunganya di pasar smartphone Tanah Air.

Seakan tidak kehabisan bensin, satu persatu jagoan baru rutin diboyong realme ke Indonesia. Masih segar bagaimana duo realme 7 dan 7i, berhasil menarik hati konsumen di Indonesia dengan segala keunggulannya. Kini pabrikan yang identik dengan anak muda ini, kembali menggoda dengan mendaratkan realme 7 Pro ke Indonesia.

sponsored

Mengusung embel-embel “Pro”, seharusnya realme 7 Pro hadir dengan sederet fitur dan teknologi lebih mumpuni, dibanding duo realme 7 dan 7i. Biar gak penasaran, yuk kita ulik lebih detail, ketangguhan smartphone berslogan “65W Charging Evolution” ini.

Desain
Berkaca pada slogan 65W Charging Evolution, GadgetSquad sejatinya ingin langsung tancap gas mengulas sektor daya tahan. Tapi hasrat tersebut harus ditahan sejenak, pasalnya dalam beberapa waktu ke belakang, tampilan smartphone realme begitu menggoda. Apakah tampilan realme 7 Pro kembali terlihat menggoda?

Menurut GadgetSquad realme kembali membuktikan, jika pabrikan yang satu ini punya selera berkelas dalam merancang setiap smartphone yang diproduksi, termasuk realme 7 Pro. Terinspirasi dari ruang kaca di alam, realme 7 Pro menghadirkan desain kaca yang cemerlang.

Perpecahan desain yang berani membawa dampak visual baru, tetapi dengan efek cahaya yang menakjubkan. Pemrosesan AG yang populer dengan tekstur CD klasik, membuat smartphone terlihat lebih premium. realme 7 Pro menawarkan dua varian warna, Mirror Silver dan Mirror Blue.

Desain smartphone yang lebih tipis dan ringan, menjadikan realme 7 Pro sangat compact saat digenggam. Kalau pun ada kekurangan, karena material bodi belakang yang berkilau, realme 7 Pro jadi lebih mudah terlihat kotor oleh sidik jari. Namun bisa diatasi dengan soft case dalam paket pembelian.

Layar
GadgetSquad masih akan mengeksplor sisi eksterior terutama di sektor layar. Layarnya realme 7 Pro menggunakan panel super Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan 2400×1080 FHD+, serta screen-to-body ratio:90.8%.

Saat kali pertama melihat smartphone ini, GadgetSquad tergoda dengan konsep layar realme 7 Pro, pasalnya tidak ada poni yang mengganggu. Yup, realme 7 Pro hadir dengan desain layar punchole dimana terdapat lobang kecil pada sisi kiri layar, tempat tertanamnya kamera depan.

Selain nampak lebih kekinian, konsep punch-hole membuat layar realme 7 Pro terlihat semakin luas, otomatis pandangan mata menjadi lebih nyaman. Selama diuji dengan berbagai aktivitas, seperti menonton YouTube berkualitas HD performa layar realme 7 Pro tidak mengecewakan. Tampilan jernih, natural, layar pun terbilang responsif.

Performa
Namanya juga hape dengan embel-embel Pro, wajib hukumnya jika realme 7 Pro dibekali dapur pacu berkualitas. realme menjawab itu semua, melalui sederet teknologi terbaik di kelasnya.

Dapur pacu realme 7 Pro dikomandoi chipset Snapdragon 720G. Prosesor ini dibuat menggunakan proses 8nm yang canggih, lebih bertenaga dan efisien. Snapdragon 720G disokong Kryo 465, CPU dua core Cortex-A76 2.3GHz, serta enam core Cortex-A55 1.8GHz.

Tidak cukup sampai disitu, tertanam juga GPU Adreno 618 dan RAM 8GB. Berbicara ruang penyimpanan data, realme memiliki internal memori 128GB serta slot eksternal microSD up to 256GB. Merujuk komposisi dapur pacu yang ditawarkan, sudah sepatutnya realme 7 Pro memiliki performa yang bertenaga.

Ternyata saat GadgetSquad menggeber realme 7 Pro dengan berbagai aktivitas, kinerja smartphone ini begitu memuaskan. Ketika diuji menjalankan berbagai fitur secara multitasking untuk membantu aktivitas kerja, performa realme 7 Pro begitu gesit.

Saat GadgetSquad menggeber smartphone ini untuk aktivitas hiburan yang berat, salah satunya bermain gim mobile favorit seperti PUGB dan sejenis, kinerja realme 7 Pro mulus tanpa ada leg. Hadir dengan platrom Android 10, realme 7 Pro mengemas antar muka realme UI yang sangat user friendly.

Kamera
Saatnya mengulik salah satu fitur yang membuat GadgetSquad, penasaran akan kualitasnya. Yup, fitur kamera selalu memberi daya tarik tersendiri untuk diulas lebih jauh, termasuk menu pengabadian gambar di realme 7 Pro.

Di mulai dari kamera depan, realme 7 Pro langsung menggoda dengan 32MP In-display Selfie Camera. Kamera 32MP dilengkapi AI beautification, sehingga bisa mereproduksi foto yang jernih. Saat berfoto selfie di kondisi minim cahaya, mode Super Nightscape di realme 7 Pro bisa dimaksimalkan untuk menghasilkan foto yang tetap cerah.

modus normal

Selama proses pengujian, menurut GadgetSquad kualitas bidikan kemera depan realme 7 Pro, bisa memanjakan para pemuja foto selfie. Asiknya lagi, kemera depannya juga bisa digunakan merekan video dengan kualitas 1080p, cukup lah untuk modal awal jika ingin belajar membuat vlog

ultra wide

Bergeser ke belakang, 4 lensa siap memuaskan hasrat fotografi saat menggengam realme 7 Pro. Kamera utama realme 7 Pro, sebesar 64MP menggunakan sensor Sony IMX682 yang baru, diapit lensa 8MP ultra wide 119°, plus lensa macro dan BW masing-masing 2MP. Komposisi kamera belakang realme 7 Pro terbilang menjanjikan.

normal minim cahaya

Keputusan realme menanamkan sensor Sony IMX682 di realme 7 Pro, menandakan smartphone ini siap bertarung dengan kualitas bidikan yang berkelas. Saat diuji, sensor Sony IMX682 menunjukan kualitas yang tidak mengecewakan. Kualitas sensor Sony IMX682, semakin terlihat kualitasnya saat mengabadikan foto di kondisi minim cahaya.

modus malam
modus malam

Yup, sensor Sony IMX682 selama ini dikenal memiliki kemampuan penginderaan cahaya yang luar biasa, hal tersebut GadgetSquad rasakan langsung ketika burburu foto malam menggunakan realme 7 Pro. Kualitas foto malam realme 7 Pro, terbilang cerah namun tetap terlihat natural.

macro

Agar pengalaman fotografi semakin menarik, berbagai fitur pendukung pun sudah dimiliki realme 7 Pro seperti Mode Ultra-clear 64MP, Mode Pro Nightscape Mode, AI Color Portrait Video, Filter Malam, Mode Starry

bokeh

Selain itu, berkat sensor Sony IMX682 yang baru, realme mengembangkan algoritma definisi ultra-tinggi baru untuk mode 64MP. Tak hanya itu, Mode 64MP baru juga dapat beralih antara mode AI dan mode Pro. Dalam mode Pro, pengguna dapat menyesuaikan parameter kamera secara manual untuk mengambil foto 64MP terbaik dengan sangat jelas.

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan, kamera belakang realme 7 Pro juga mampu merekan video dengan kualitas 4K/30fps serta 1080P/120fps slo-mo video recording. Untuk memudahkan proses editing sederhana, sudah tersedia aplikasi Soloop.

Kemampuan rekam video sudah dilengkapi menu UIS Video Stabilization, UIS Max Video Stabilization, Pro Nightscape Video, AI Color Portrait Video, Ultra Wide-angle Video, Real-time Bokeh Effect Video.

Dalam mode AI Color Portrait Video, kamu dapat membuat bagian dari potret tetap berwarna, sementara warna lainnya akan berubah ke berbagai corak abu-abu, yang dapat menonjolkan orang-orang dalam video dengan kuat, menghadirkan efek visual sinematik yang menakjubkan dengan satu klik.

Menu Menarik lainnya

NFC, menu yang satu ini menjadi salah satu daya utama yang ditawarkan realme 7 Pro. Terkait kehadiran NFC, Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia, bercerita jika dirinya meminta pihak realme pusat di Tiongkok, agar smartphone kelas menengah realme yang rilis di Indonesia ditanamkan fitur NFC. Palson menilai NFC perlahan tapi pasti semakin dicari konsumen di Indonesia.

Sayang fitur NFC selama ini kebanyakan hadir di smartphone flagship. Dalam prosesnya permintaan tersebut dikabulkan, seri 7 Pro menjadi jagoan teranyar realme yang memiliki menu NFC, sebelum sudah ada seri realme 7.

Menu NFC di realme 7 Pro bersifat multifungsi. Saat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung, fitur NFC dapat dimaksimalkan untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik. Selain itu sambungan NFC yang ada pada realme 7 Pro, juga bisa terkoneksi dengan speaker Bluetooth dan aksesoris lain yang mendukung.

Hal menarik lain yang GadgetSquad temui saat mengulik realme 7 Pro, ternyata smartphone ini menjadi smartphone pertama yang lulus Verifikasi Tahan Uji Smartphone TÜV Rheinland. Verifikasi Tahan Uji Smartphone TÜV Rheinland berisi 23 pengujian utama dan 72 pengujian kecil, yang mencakup banyak skenario penggunaan umum sehingga terbukti keandalan realme 7 Pro untuk dipakai sehari-hari.

Sementara itu dari sektor keamanan, realme 7 Pro sudah dilengkapi sensor sidik jari dalam-layar dengan sensor cahaya dari Goodix. Tidak berhenti sampai disitu, realme 7 Pro dilengkapi dengan tiga lapisan kedap air guna memastikan kualitas dari dalam maupun luar. Hal ini tantu sangat bermanfaat terutama saat musim penghujan tiba.

Baterai

Sudah menjadi rahasia umum dengan segala kecangihan yang dimilikinya, daya tahan menjadi salah satu titik lemah sebuah smartphone. Dalam prosesnya, saat ini banyak vendor yang memproduksi smartphone dengan kapasitas baterai besar, pun hal-nya realme.

Namun realme tidak hanya ingin sekedar merilis smartphone berkapasitas besar, pabrikan asal Cina ini siap memberi evolusi pada sektor daya tahan smartphone. Mengusung slogan “65W Charging Evolution”, realme melalui seri 7 Pro siap memberi evolusi tersebut.

Apa saja evolusi yang dihadirkan realme 7 Pro?

Secara ukuran kapasitas baterai realme 7 Pro hanya 4500mAh, namun realme mengembangkan smartphone ini dengan teknologi pengisian cepat yang jauh lebih gahar, dibanding kompetitornya. Yup, sesuai dengan slogannya, realme 7 Pro sudah mendukung teknologi pengisian 65W SuperDart Charge.

Berkat efisiensi pengisian daya yang sangat tinggi, teknologi 65W SuperDart Charge dapat dengan cepat mengisi daya baterai berkapasitas 4500mAh, sekaligus menjaga suhu smartphone tetap dingin.

Dari proses pengujian, baterai 4500mAh dapat diisi hingga 100% dalam 34 menit. Sedangkan untuk mengisi daya 50% hanya butuh waktu 12 menit saja. Saat smartphone ini digeber bermain game berat, 65W SuperDart Charge dapat mengisi daya hingga 43% hanya dalam 30 menit.

Bahkan, disaat kamu sedang diburu waktu hanya 3 menit, realme 7 Pro dapat diisi hingga 13%, itu berarti 3 putaran PUBG (1.22 jam), 2 jam IG, 150 menit YouTube (2.54 jam) dan 4 hari standby. Tapi perlu diperhatikan, pengisian cepat 65W SuperDart Charge berfungsi jika kamu menggunakan charger dan kabel bawaan dipaket penjualan.

Jika kamu tidak membawa charger dan kabel bawaan, realme 7 Pro juga mendukung pengisian daya PD/QC 18W, hal tersebut membuat smartphone ini lebih fleksibel. Secara keseluruhan menurut GadgetSquad teknologi daya tahan realme 7 Pro, memang membawa sebuah evolusi yang sangat berguna.

Tak cuma cepat, tapi realme memperhatikan aspek keamanan. realme 7 pro dipersenjatai dengan lima perlindungan, yaitu: perlindungan terhadap adapter yang kelebihan beban, perlindungan terhadap pengidentifikasian kondisi pengisian cepat, perlindungan terhadap antarmuka yang kelebihan beban, perlindungan arus lebih dan tegangan berlebih dan perlindungan terhadap sekring baterai.

Selain itu, sepuluh sensor suhu (Termistor NTC, Koefisien Suhu Negatif) dibangun untuk memantau perubahan suhu dalam proses pengisian dan pemakaian. Kemudian sistem pengisian daya dapat secara dinamis menyesuaikan daya pengisian, dan secara ketat menghilangkan panas berlebih.

Kesimpulan
realme 7 Pro yang diplot bertempur di kelas menengah, adalah bukti nyata bahwa realme tak hanya mampu merilis produk berkualitas, namun pabrikan asal Cina ini juga siap memberi evolusi di dunia smartphone. realme 7 Pro sendiri hadir dengan evolusi di sektor pengisian cepat, dimana tertanam teknologi 65W SuperDart Charge.

Teknologi 65W SuperDart Charge membuat realme 7 Pro yang dibekali baterai 4500mAh, sangat cepat mengisi daya. Bayangkan saja, hanya 3 menit baterai realme 7 Pro dapat diisi hingga 13%. Dengan fakta tersebut, rasanya tak berlebihan jika realme memposisikan seri 7 Pro sebagai smartphone dengan pengisian daya tercepat di Indonesia pada segmen harganya.

Namun tak hanya baterai yang jadi daya tarik realme 7 Pro. Mengusung label pro, pengguna realme 7 Pro bakal dimanja dengan sederet teknologi mumpuni, mulai dari desain nan kece, layar berkualitas, performa gesit hingga kualitas bidikan kamera nan ciamik!!.

Gimana ajib kan teknologi dan performa yang ditawarkan realme 7 Pro!!