Review Realme C12 : Hp Entry Level Paket Lengkap!!!!

GadgetSquad.ID – Dalam pertempuran di Tanah Air, Realme saat ini bisa dikatakan mencoba membuat standar baru dengan menghadirkan keluarga “Entry Level King”. Yup, melalui seri Entry Level King, realme mencoba merubah stigma jika hp kelas entry level, selalu hadir dengan fitur dan tampilan yang seadanya.

realme C11 dan C15 menjadi bukti nyata, bagaimana realme bisa menghadirkan hp entry level, namun dipersenjatai fitur dan desain yang berkelas. Tapi apakah realme sudah puas dengan pencapaiannya sejauh ini? Jawabannya tidak, pasalnya realme kembali menambah koleksi jajaran Entry Level King dengan resmi memperkenalkan realme C12.

Sepintas langkah pabrikan asal Tiongkok merilis seri C12 memang cukup mengejutkan, pasalnya realme C11 dan C15 terbilang masih baru di pasaran. Lalu apa yang membuat Realme C12 istimewa? realme C12 mengusung slogan “6000mAh Triple Camera”, dari jargon tersebut sudah terpancar keistimewaan jagoan terbaru realme ini.

So!! biar kamu tidak penasaran, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Desain
Sektor tampilan, menjadi titik awal eksplorasi GadgetSquad kepada realme C12. Dari segi kemasan, bisa dikatakan realme C12 sudah terlihat nampak begitu menggoda. Tidak sekedar kotak berwarna kuning yang indentik dengan realme, kotak penjualan realme C12 hadir dengan desain gravity.

Saat diusut lebih jauh, tampilan istimewa dari kotak penjualan realme C12, adalah hasil karya kreatif realme Fans pemenang kontes #GambarinBoxrealme yang akan dijual secara terbatas di realme stores.

Bisa dikatakan dari segi tampilan luar, realme C12 bisa menggambarkan identitas realme yang sangat anak muda sekali. Tampilan luar yang menggoda, tak ayal membuat GadgetSquad semakin penasaran, untuk mengekspolarasi realme C12 lebih jauh.

Saat kotak penjualan dibuka benar saja, sesuai dugaan realme C12 memang memiliki tampilan desain yang enak untuk dilihat. Seperti seri C15, realme C12 memiliki desain bodi belakang yang keren. Pihak realme menyebut desain yang ada dicover belakang C12, menerapkan “Desain Geometric Gradient”.

Bentuk trapesium membagi penutup belakang menjadi 3 area dengan sudut garis yang berbeda, desain semacam ini membuat bodi belakang realme C12 memiliki gradasi yang berbeda. Penggunaan teknologi ini juga membuat realme C12 lebih menarik, nyaman di tangan, minim bekas sidik jari, tak mudah tergores dan tidak licin saat digenggam
Dimensi Realme C12 terasa pas saat digenggam dengan satu tangan, ketika diselipkan pada saku celana hp ini juga tidak mengganggu mobiltas. Fakta tersebut, menandakan realme C12 tidak hanya punya tampilan kece, tapi juga memiliki bodi proporsional. realme C12 sendiri tersedia dalam dua warna, marine blue and Coral Red.

Layar
Eksplorasi GadgetSquad.ID terhadap Realme C12, berlanjut ke sektor layar. Untuk menggoda calon konsumen, realme menempatkan layar 6,5 inci dengan rasio 20:9, alhasil realme C12 membawa bidang pandang lebih luas, sehingga pandangan yang lebih nyaman terutama saat bermain gim maupun menonton video.

Tak cukup sampai disitu, struktur internal layar realme C12 ternyata mengadopsi proses susunan baru yang ditingkatkan berdasarkan fungsi, secara kreatif menarik bagian dan komponen lebih dekat satu sama lain sehingga area poni berkurang (sebesar 30,9% dibandingkan dengan poni dewdrop normal).

Jika melihat jati dirinya yang datang kelas entry level, apa yang ditawarkan realme C12 pada sektor layar, bisa dikatkan sudah lebih dari cukup. Teknologinya sudah kekinian dan yang terpenting, GagdgetSquad.ID tidak merasakan gangguan visual, ketika mengeksplor realme C12 lebih jauh.

Kamera
Fasilitas imaging menjadi salah satu tarik andalan Realme C12, ini sesuai dengan slogannya “6000 mAh Triple Camera”. Daya magis fitur imaging realme 12, terletak pada AI Triple Camera yang tertanam di bodi belakang. Ketiga lensa dengan teknologi AI tersebut, membuat realme C12 begitu menonjol dalam persaingan di segmen entry level.

modus normal

Untuk komposisinya sendiri realme C12 memiliki kamera utama, mengadopsi sensor gambar 13MP dengan aperture besar f/2.2. Selanjutnya, realme C12 juga hadir dengan lensa BW dam optik makro 2MP. Saat diuji, kamera realme C12 ternyata begitu cepat dan tepat saat menangkap titik fokus, ini tentu mempermudah proses pengabadian gambar.

Mode Nightscape

Kamera realme C12 sudah dilengkapi dengan kemampuan 4x zoom. Untuk mengambil foto macro, lensa kamera realme C12 bisa menangkap objek detail, hingga jarak 4cm. Ini memungkikan kamu memotret fotografi makro dengan detil menakjubkan.

Tidak ketinggalan dengan memaksimalkan Mode Nightscape, GadgetSquad juga menguji kamera realme C12 mengambil foto malam. Kualitas foto malam realme C12, terbilang lumayan. Setelah bersenang-senang dengan AI Triple Camera yang tertanam di bodi belakang C12, GadgetSquad tidak lupa menggeber kemampuan kamera depan hp ini.

Untuk memuaskan swa foto, realme C12 sudah dipersenjatai lensa 5MP. Kamera depan ini juga mendukung AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie. Secara umum, kelengkapan fitur dan kualitas hasil kamera realme C12 memuaskan, tidak sekedar spesifikasi belaka yang tertera di buku petunjuk.

Fitur Unggulan lainnya
Keunggulan lain yang ditawarkan realme C12, menurut GadgetSquad tentu saja dari segi antar muka. Seri C12 hadir dengan realme UI berbasis Android 10. realme UI dibangun dengan sangat baik, untuk pengalaman Android yang ditingkatkan dan lebih dekat.

Antar muka bawaan ini dirancang dengan pendekatan preferensi dan estetika anak muda, ini sejalan dengan tampilan kotak penjualan realme C12 yang nampak begitu atraktif. Namun yang lebih terpenting dari semuanya, realme UI bekerja begitu mulus dan menyenangkan ketika digunakan.

Hal lain yang layak diperhitungkan dari realme C12 adalah fasilitas keamanan. Walau datang dari kelas entry level, realme sudah mempersenjatai seri C12 dengan fasilitas keamanan sensor sidik jari. Memang bukan sesuatu yang baru, namun kualitas sensor sidik jari realme C12, punya respon yang begitu cepat.

Ketika GadgetSquad coba mengujinya, hanya butuh waktu kurang dari 1 detik untuk membuka kunci hp. Kerennya lagi realme C12 juga memiliki fitur keamanan pengenalan wajah. Untuk bersaing di levelnya, fasilitas keamanan yang ditawarkan realme C12 bisa dikatakan di atas rata-rata.

bokeh

Nah bagi kamu yang suka melepas jenuh dengan memutar musik, jangan lupa aktifkan fitur Dual Mode Music Share. Menu ini sangat berguna ketika dua pengguna mencoba menikmati video atau lagu yang sama pada waktu yang sama dari perangkat yang sama.

Tidak cukup sampai disitu, hp ini juga dijejali berbagai menu menarik yang begitu fungsional, mulai dari mode “Fokus”, Tangkapan Layar 3-Jari hingga menu Perlindungan Informasi Pribadi.

Performa
Saat digeber menjalankan aplikasi standar, performa realme C12 bekerja dengan mulus. Dan ketika GadgetSquad menguji kemampuan multitasking realme C12, ternyata kinerja hape ini masih lancar jaya broo!!

Situasi di atas tentu tidak lepas dari kualitas dapur pacu yang realme tanamkan, di bodi realme C12. Berdasarkan keterangan yang di dapat dari kota penjualan, realme C12 menghadirkan prosesor MediaTek Helio G35 yang merupakan prosesor gaming di segmen ini.

MediaTek Helio G35 merupakan prosesor delapan-inti yang dibuat dengan proses produksi 12nm dan kecepatan 2,3Ghz, serta mengadopsi struktur Cortex A53. Konfigurasi tersebut menjadikannya salah satu prosesor tercepat dan terbaru dalam kategorinya.

Prosesor ini sangat ideal untuk pengguna smartphone dan gamer pemula, karena dapat mengatasi sebagian besar aplikasi dan game menengah dan berat yang banyak digunakan. Karenanya tidak heran, saat GadgetSquad menguji Realme C12 dengan bermain PUGB, performa hp ini begitu mulus, tidak seperti smartphone entry level kebanyakan.

Dalam mendukung performanya, prosesor MediaTek Helio G35 mendapat dukungan RAM 3GB yang ditenagai oleh LPDDR4X RAM. Dibandingkan dengan LPDDR3, kinerja grafis meningkat sebesar 20% dan kinerja RAM meningkat 100%.

Berbicara ruang penyimpanan data, realme C12 sudah disediakan internal memori 32GB. Jika internal memori terasa kurang, kamu tidak perlu khawatir, pasalnya realme C12 sudah mengadopsi slot 3-Kartu, dua untuk kartu SIM Nano dan satu untuk kartu MicroSD (hingga 256GB)

Baterai
Sampai juga GadgetSquad ke sektor daya tahan. Berdasarkan slogan “6000 mAh Triple Camera” terlihat jelas bagaimana sektor daya tahan, menjadi salah satu jurus utama realme C12, selain kualitas kameranya yang terbilang mumpuni untuk bersaing di kelas pemula.

Berbicara baterai, rasanya kapasistas 6000 mAh menjadikan realme C12 sangat menonjol daya tahannya, dibanding para kompetitor di kelas yang sama. Kalau pun ada yang sebanding, itu pun masih dari keluarga besar realme yakni seri C15.

Baterai realme C12 tidak sekedar besar, namun memang sudah sangat teruji daya tahannya. Menurut hasil tes di realme Lab, realme C12 sanggup bertahan hingga 57 hari dalam mode siaga (standby), bahkan jauh lebih baik dari beberapa smartphone flagship.

GadgetSquad pun sudah mencoba membuktikan klaim Realme dengan bermain PUGB secara intens selama 2 jam. Hasilnya selama 2 jam digeber main PUGB, baterai Realme C12 hanya berkurang sekitar 2%.

Catatan lain yang berhasil GadgetSquad jumpai, ternyata baterai Realme C12 tidak sekedar “bongsor” belaka. Baterai 6000mAh adalah fondasinya, namun optimasi perangkat lunak yang canggih dapat membuat perbedaan yang lebih besar.

Yup, Realme menambahkan berbagai teknologi yang membuat baterai realme C12 bekerja lebih efektif dan bisa bertahan lebih lama. Teknologi tersebut mulai dari fitur App Quick Freeze, Screen Battery Optimization, Sleep Standby Mode, Super Power Saving Mode.

Untuk menu Super Power Saving Mode, dalam mode ini kamu dapat memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan, agar tetap aktif untuk memperpanjang usia baterai yang sangat lama. Pada saat yang sama, smartphone akan menghidupkan strategi penghematan daya yang lebih agresif.

Hal menarik lainnya yang disematkan Realme pada sektor daya tahan C12, adalah kemampuan hp ini bertransformasi menjadi power bank. Yup, realme C12 sudah dibekali fitur OTG reverse charging, hal ini tentu menjadi nilai plus lain dibanding para pesaingnya di level yang sama.

Kesimpulan
Realme C12 menjadi anggota termuda dari keluarga “Entry Level King”, kehadirannya tentu menambah pilihan bagi kamu yang sedang mencari hape baru di kelas pemula. Nah, mengusung DNA dari keluarga Entry Level King ala Realme, seri realme C12 pun tidak sekedar tampil seadanya.

Yup, realme C12 memang tampil begitu menggoda, mulai dari kotak penjualan dengan desain atraktif, hingga teknologinya yang begitu kekinian. Dari segi teknologi, Realme kembali menunjukan konsistensinya untuk mempopulerkan baterai 6000 mAh di kelas pemula.

Tak hanya itu, kamera di realme C12 juga menghadirkan teknologi, di atas rata-rata hp pemula. Menu lainnya juga tidak kalah fungsional dan yang terpenting adalah performa Realme C12. Ya, performa Realme C12 jauh dari kesan lamban yang selama ini seakan menjadi stigma hp pemula.

Dari hasil eksplorasi, bisa dikatakan realme C12 adalah hp pemula paket lengkap. Di realme C12 kamu akan menemukan hp pemula berteknologi kekinian dengan performa bertenaga, kuat dari segi daya tahan dan semua terbungkus dalam tampilan desain smartphone yang anak muda kece.

Jika kamu tertarik mendapatkan Realme C12 dengan segala kecanggihan yang ditawarkan, bisa langsung klik link berikut Lazada.co.id

Spesifikasi realme C12

Prosesor MediaTek Helio G35

12nm proses produksi

Cortex A53  2.3Ghz

RAM & Memori Internal 3GB+32GB

Kapasitas penyimpanan dapat diperluas hingga 256GB

Layar

 

6,5 inci (16,5cm) Fullscreen

Resolusi HD+ 720*1600

Rasio Layar 88,7%

Warna Coral Red

Marine Blue

Baterai 6000mAh

5V2A pengisian daya

Lubang Micro USB

Mendukung OTG reverse charging

Kamera Nightscape Triple Camera

Lensa Utama

13MP

PDAF; f/2.2 Aperture; 5P Lens

HDR; Chroma Boost; Slo-mo

 

Lensa B&W

2MP

f/2.4 Aperture

 

Lensa Makro

2MP

f/2.4 Aperture

4cm Jarak Fokus

 

Video

720p / 1080p, 30fps

 

Kamera Depan AI

5MP

f/2.4 Aperture

3P Lens

AI Beauty; HDR; Panoramic View; Timelapse

Konektivitas Mendukung 2.4G Wi-Fi

Mendukung Bluetooth 5.0

Ukuran & Berat Ukuran: 164.4mm*75.9mm*9.8mm

Berat: 209g

Sensor

 

GPS/Beido/Glonass

Magnetic Induction Sensor

Light Sensor

Proximity Sensor

Accelerometer Sensor

Fingerprint

Sistem Operasi realme UI berdasarkan Android 10
Paket Penjualan realme C12

5V2A Adapter *1

Kabel MicroUSB *1

Kartu Garansi *1

Panduan Cepat *1

Alat Pelontar Kartu SIM *1

Lapisan Pelindung Layar *1