GadgetSquad.id – Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 telah mewarisi perlindungan baterai yang sebelumnya eksklusif untuk tablet Samsung, yang bila diaktifkan dirancang untuk memaksimalkan masa pakai baterai. SamMobile melaporkan, fitur “Lindungi baterai” ini membatasi tingkat pengisian daya perangkat hingga 85 persen, mencegah pengisian penuh hingga 100 persen yang diyakini akan membuat baterai habis selama bertahun-tahun digunakan. 

Fitur, yang tersedia di aplikasi melalui menu Pengaturan, di bagian Perawatan Perangkat, Baterai, dan Pengaturan baterai lainnya, hadir dengan pertukaran yang jelas untuk membatasi masa pakai baterai maksimal yang akan didapatkan dari kedua ponsel per pengisian daya, sebagaimana dilaporkan The Verge.

Dalam sebuah ulasan, tercatat bahwa Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 rata-rata memiliki sekitar satu hari masa pakai baterai secara default. Artinya mungkin harus berkomitmen untuk mengisi ulang tengah hari jika pengguna hanya mengisi daya hingga 85 persen. 

Itu mungkin harga yang pantas dibayar jika pengguna ingin mendapatkan penggunaan selama bertahun-tahun dari ponsel andalan yang mahal, terutama mengingat sulitnya memperbaiki salah satu perangkat. SamMobile mencatat bahwa ini bukan pertama kalinya Samsung menyertakan fitur Lindungi baterai pada perangkatnya.

Tapi ini pertama kali muncul di salah satu ponsel perusahaan. Fitur ini tersedia dengan One UI 3.1.1 pada dua ponsel lipat itu, tapi kabarnya belum muncul di smartphone lain dengan pembaruan yang sama.

Pabrikan smartphone lain sudah menawarkan fitur perlindungan baterai serupa. Namun, sementara fitur Samsung tidak akan pernah membiarkan daya baterai perangkat melebihi 85 persen, fitur setara Apple dan OnePlus hanya sementara membatasi tingkat pengisian daya hingga 80 persen, sebelum bertujuan untuk mengisi ulang baterai mereka hingga 100 persen tepat sebelum dicabut ke membatasi waktu yang dihabiskan terisi penuh.