Samsun

GadgetSquad.id – Samsung adalah salah satu perusahaan pertama yang meluncurkan hape yang dapat dilipat dan juga secara aktif mencoba membawa lebih banyak perangkat serupa ke pasar. Untuk ini, perusahaan telah bereksperimen dengan berbagai desain yang dapat dilipat. 

Sekarang, sebuah laporan yang datang dari LetsGoDigital, mengutip paten baru dari Samsung. Laporan mengklaim bahwa raksasa Korea Selatan itu mengembangkan hape tipe Galaxy Z Flip yang dapat dilipat ke dua arah—ke dalam dan ke luar, menghilangkan kebutuhan akan tampilan sampul yang lebih besar.

Dilaporkan Gizmochina, paten yang diajukan pada Oktober tahun lalu itu menggambarkan ponsel clamshell dengan tampilan memanjang, mirip dengan Samsung Galaxy Z Flip. Karena kemampuan unik hape untuk melipat ke dua arah, engsel juga perlu didesain ulang. 

Saat dilipat, layar fleksibel tetap terlindungi dari pengaruh luar. Melipat perangkat ke arah lain memberikan akses ke layar besar di bagian depan dan belakang. Selain itu, hape dapat digunakan dalam posisi terbuka penuh, setelah itu seluruh layar fleksibel dapat digunakan. 

Hape ini juga memiliki kamera berlubang ganda di sisi depan. Karena flash tidak dapat digunakan pada perangkat karena masalah keamanan, perusahaan telah memilih untuk menerangi tampilan sebagai solusi untuk flash. 

Menariknya, ponsel tersebut akan hadir dengan sensor sidik jari dalam layar, yang jika ternyata benar, akan menjadi yang pertama kali untuk hape lipat. Saat ini, tidak ada perangkat lipat yang dilengkapi dengan pemindai sidik jari di bawah layar. 

Ada kemungkinan Samsung tidak berencana meluncurkan perangkat semacam itu dalam waktu dekat. Namun, perusahaan sedang mengerjakan beberapa hape baru yang dapat dilipat, termasuk Galaxy Z Flip (5G), Z Flip 3, dan Z Fold 3 yang akan diluncurkan akhir tahun ini.