Setelah lebih dulu memperkenalkan lewat teaser di sosial media, akhirnya Xiaomi Indonesia resmi merilis ponsel teranyarnya yang menyasar para penggemar fotografi yakni, Xiaomi 13T. Perangkat ini, hadir sebagai smartphone pertama dari Xiaomi yang menghadirkan Leica Authentic Experience di Indonesia.

Xiaomi 13T menghadirkan pengalaman fotografi level profesional berkat konfigurasi tiga kamera yang terdiri dari kamera utama berlensa Leica Summicron wide-angle 50MP setara lensa kamera dengan focal length 24mm, lensa telefoto 50mm yang juga beresolusi 50MP, serta kamera ultra-wide 15mm dengan resolusi 12MP.

Untuk menambah karakternya yang unik, Xiaomi 13T membawa karakter warna Leica yaitu Leica Authentic Look dan Leica Vibrant Look, untuk menghasilkan foto dengan warna estetik khas Leica. Smartphone ini juga dilengkapi dengan enam filter Leica, termasuk Leica Sepia dan Leica Blue terbaru yang diadaptasi dari kamera profesional Leica M-Type240.

Pada perekaman video, Xiaomi 13T juga bisa semakin maksimal berkat dukungan resolusi video 4K 30 FPS, serta pengeditan yang cepat dan efisien. Dengan mode Pro pada fitur Edit video di Galeri, pengguna dapat dengan mudah menambahkan teks dan soundtrack tambahan sebagai track terpisah yang ideal untuk membuat video pendek pada platform media sosial atau vlog pribadi.

Sedangkan  memenuhi kebutuhan hiburan pengguna, Xiaomi 13T meningkatkan pengalaman menonton dengan layar CrystalRes 6,67 inci yang memiliki refresh rate hingga 144Hz dan resolusi 1,5K (2712 x 1220). Selain itu, layarnya memiliki tingkat kecerahan tinggi, mencapai 1200 nits hingga 2600 nits, serta mendukung DCI-P3 100% dengan 68 miliar warna, dilengkapi Dolby Vision® sehingga memastikan pengalaman visual yang memukau.

Untuk mendongkrak kinerjanya, Xiaomi 13T ditenagai oleh MediaTek Dimensity 8200-Ultra yang didesain untuk efisiensi daya luar biasa menggunakan proses TSMC 4nm terbaru yang memungkinkan peningkatan kinerja CPU dan GPU. Pembuangan panas pada Xiaomi 13T juga telah ditingkatkan dengan sistem pendingin tahan karat vapor chamber (VC) berukuran 5000 mm2, memastikan performa stabil dan tetap nyaman digunakan dalam jangka panjang.

Xiaomi 13T telah dilengkapi dengan IP68 yang berarti smartphone ini memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Untuk sistem operasinya, Xiaomi 13T juga sudah menggunakan Android 13 dengan balutan MIUI 14. Sedangkan daya tahan hidupnya memiliki kapasitas baterai 5000mAh dan teknologi turbo charging 67W.

Harga dan ketrsediaan

Xiaomi 13T tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Alpine Blue, Meadow Green, dan Black yang memiliki cover belakang kaca. Sedangkan pada cover belakang berwarna Alpine Blue, menggunakan material kulit vegan premium Xiaomi BioComfort dengan tekstur lembut dan halus yang sangat nyaman untuk digenggam.

Bagi anda yang tertarik dengan ponsel teranyar besutan Xiaomi ini, Xiaomi 13T dengan opsi RAM 12GB dengan memori 256GB dibanderol dengan harga Rp 6.499.000. Ponsel ini mulai dijual pada tanggal 6 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB di berbagai kanal penjualan online dan offline.