GadgetSquad.ID – Akhirnya semua gosip perihal nasib bisnis LG di industri smartphone terjawab sudah. LG akhirnya resmi mengibarkan “bendera putih” dari bisnis smartphone.

Dilansir The Verge, dari keterangan resminya, LG mengatakan tidak akan lagi memproduksi dan menjual ponsel baru. Keputusan untuk menutup bisnis ponselnya telah disetujui oleh dewan direksi LG pada hari ini, Senin (5/4).

“Keputusan strategis LG untuk keluar dari sektor ponsel yang sangat kompetitif akan memungkinkan perusahaan untuk memfokuskan sumber dayanya di area pertumbuhan seperti kendaraan listrik, komponen, perangkat terhubung, rumah pintar, robotika, kecerdasan buatan, dan solusi business-to-business, serta platform dan layanan,” kata LG dalam keterangan resminya.

Persaingan yang ketat, menjadi “biang kerok” yang membuat bisnis ponsel LG terus merugi sejak kuartal kedua tahun 2015. Di tahun 2020, divisi ponsel LG mencatat kerugian sebesar USD 751 juta. Sampai akhirnya memutuskan mundur awal bulan ini.

Sebagai tambahan, setelah pengumuman ini, LG masih akan menjual unit ponsel yang ada saat ini. Selain itu dukungan layanan dan software masih akan tersedia untuk pengguna dalam beberapa periode ke depan, tergantung pada wilayahnya.

Penutupan bisnis ponsel LG akan diselesaikan sepenuhnya pada 31 Juli 2021, tapi stok dan penjualan unit ponsel yang ada saat ini mungkin masih akan tersedia setelah tenggat waktu tersebut