Dalam acara tahunan Sony Alpha Festival 2023 yang di gelar di Mall Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sony Indonesia kembali memperkenalkan dua produk digital imaging terbarunya untuk para creator dan film maker. Produk terbaru yang dimaksud adalah kamera flagship sinema Venice 2 dan Lensa full frame G Master ringkas terbaru yakni, FE 50mm F1.4 GM.

Koji Sekiguchi, President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, “Kami terus mendengarkan kebutuhan para pelanggan kami dalam menghadirkan suatu produk agar dapat memenuhi kebutuhan mereka dalam berkarya. Maka dari itu, kami dengan bangga memperkenalkan VENICE 2 dan FE 50mm F1.4 GM. Berdasarkan percakapan dengan para sinematografer dan perusahaan produksi di seluruh dunia, kami meningkatkan kualitas gambar VENICE ke level yang baru pada VENICE 2. Kami juga membuat ukuran kamera menjadi lebih kecil dan menawarkan perekaman internal untuk memungkinkan lebih banyak kebebasan berkreasi: baik menggunakan kamera pada drone, Steadicam, gimbal udara atau housing bawah air.”

Sony Venice 2

Sony Venice 2 merupakan penerus kamera flagship sinema dari generasi pertama yang dirilis Pada tahun 2017 silam. Venice 2 mampu merekam video 8.6k (8640 x 5760) dalam mode full frame yang sudah mendukung dynamic range hingga 16 stop. Selain itu, kamera profesional para filmmaker ini juga memiliki ISO dual base yang unik 800/3200 yang memungkinkan penggunanya dapat mengambil gambar yang sangat bersih seperti film dalam berbagai kondisi pencahayaan. Kamera ini mendukung segalanya mulai dari full-frame, full-frame anamorphic hingga Super35, semua dengan resolusi minimal 4K, menghasilkan sebuah sistem kamera yang luar biasa dan serbaguna untuk sinematografer dan rumah produksi film.

Kamera ini juga telah banyak digunakan pada produksi serial dan film-film Hollywood, Salah satunya adalah film Top Gun: Maverick yang telah berhasil memenangkan Sinematografer Academy Award 3, Claudio Miranda ASC, ACC. Beliau juga memaparkan “ betapa bersihnya kamera ini – sungguh merupakan suatu hal yang luar biasa. Dalam film, masih ada ketepatan dalam bayangan, dan pengambilan gambar wide shot yang cukup spektakuler. Sama sekali tidak ada lampu film pada pengambilan gambar ini. Hanya ada lampu mobil, api, dan itulah intinya. Tujuannya adalah untuk pergi ke tempat antah berantah dan menyalakan api besar dan melihat sejauh mana sensor baru ini dapat menangkap gambar di sebuah gunung, tanpa noise.”

FE 50mm F1.4 GM

Dalam kesempatan yang sama, Sony juga turut memperkenalkan lensa full-frame terbarunya yang menawarkan resolusi luar biasa, bokeh indah, dan autofokus yang cepat. Secara desain, lensa FE 50mm F1.4 GM memiliki ukuran yang compact dan ringkas. Hal tersebut juga membuat lensa ini dapat dipasangkan dengan bodi kamera Sony sangat serbaguna dalam situasi pengambilan foto dan video. Dengan jenis mobilitas dan performa low- light ini, lensa ini menjadi pilihan yang tepat untuk segala hal, mulai dari portraits, weddings, dancommercial. Ukurannya yang ringkas juga membuatnya menjadi pilihan lensa yang ideal untuk pengoperasian gimbal dan drone.

FE 50mm F1.4 GM memiliki teknologi desain optik paling canggih dari Sony, termasuk elemen XA yang diposisikan dengan tepat, XD (extreme dynamic) linear motors bertenaga besar, dan compact circular aperture unit terbaru. Autofokus FE 50mm F1.4 GM sangat cepat dan tepat, menjadikannya pilihan ideal untuk pembuatan konten yang andal. Autofokus lebih cepat 1,9x dibandingkan model konvensional dengan spesifikasi yang sama. Kelompok fokus lensa ini digerakkan oleh XD linear motors bertenaga besar Sony dan menggabungkan algoritma kontrol canggih untuk penggerak fokus yang halus dan responsif. Ketika dipasangkan dengan kamera Alpha terbaru dari Sony, lensa ini dapat dengan cepat memperoleh fokus dan melacak subjek, bahkan saat menggunakan shallow depth of field yang tersedia pada F1.4.

Harga & Ketersediaan

Lensa Full-frame terbaru Sony FE 50mm F1.4 GM sudah tersedia di pasaran yang dibanderol dengan harga Rp. 20.999.000. Sayangnya untuk kamera profesional flagship sinema Sony Venice 2, pihak Sony belum mengungkapkan berapa harga jual kamera ini di Indonesia, Namun jika merujuk harga pasaran secara global, Harga Venice 2 di banderol dengan harga 58000 USD atau setara dengan Rp. 880 jutaan.