GadgetSquad.id – Xiaomi tetap kokoh bertengger di posisi pertama sebagai pemimpin pasar smartphone di Indonesia hingga kwartal 2 di 2025 (Q2 2025). Ternyata ini strategi yang dijalankan Xiaomi Indonesia.
Strategi Xiaomi Sebagai Pemimpin Pasar Smartphone 2025 di Indonesia
Xioami berhasil menguasai pasar smartphone di Indonesia pada Q2 2025, berdasarkan laporan terbaru dari Canalys untuk Q2 2025. Di laporan tersebut , Xiaomi berhasil mempertahankan dominasinya dalam dua kuartal berturut-turut dengan menguasai 21% pangsa pasar nasional.
Baca juga : Xiaomi Peringkat 1 di Indonesia di Q1 2025, Bagaimana Vendor Hp Lainnya? Ini Peringkat Selengkapnya !
Wentao Zhao, Country Director Xiaomi Indonesia, menyampaikan salah satu strategi yang dilakukan Xioami hingga bisa mencapai kesuksesan ini, tidak lepas dari hubungan yang kuat antara perusahaan dan penggunanya. “Setiap langkah kami, mulai dari inovasi teknologi, peluncuran produk, hingga perkuatan layanan purna jual, selalu berlandaskan pada pemahaman mendalam akan kebutuhan konsumen. Inilah yang membuat produk dan inovasi kami tetap relevan dan dipercaya,” ujarnya.
Kesuksesan Xiaomi di kuartal kedua 2025 ditopang oleh strategi komprehensif yang dijalankan Xiaomi berfokus pada tiga pilar utama: produk unggulan, distribusi yang luas, dan layanan purna jual yang solid.
- Produk Unggulan
Di lini produk, terutama di Q2 2025, Xiaomi menawarkan portofolio yang kuat di setiap segmen. Xiaomi 15 Series hasil kolaborasi dengan Leica menetapkan standar baru untuk fotografi mobile di segmen premium. Untuk segmen gaming, POCO F7 Series menawarkan performa flagship untuk bermain game dengan lebih puas, hingga mengakses berbagai aplikasi. Sementara itu, Redmi 13X di segmen entry-level menjadi pilihan populer berkat daya tahan baterai impresif dan value terbaiknya untuk kebutuhan harian.
- Distribusi yang Luas
Selain itu, Xiaomi juga memperluas jangkauan distribusinya melalui strategi omnichannel yang efektif. Jaringan Xiaomi Store yang dikelola langsung oleh Xiaomi kini semakin mudah diakses, bahkan di kota-kota sekunder. Kemitraan yang kuat dengan berbagai platform e-commerce terkemuka juga memastikan produk Xiaomi dapat menjangkau konsumen di seluruh Indonesia.
- Layanan Purna Jual
Xiaomi memiliki komitmen kuat dalam menyediakan layanan purna jual yang unggul untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna. Layanan ini mencakup jemput dan antar unit gratis untuk perbaikan, serta garansi penggantian unit baru jika perbaikan melebihi 10 hari kerja. Xiaomi juga menyediakan layanan WhatsApp Hotline yang siaga selama 15 jam setiap hari untuk menjawab pertanyaan dan memberikan solusi bagi para konsumen.
Dengan filosofi “Innovation for Everyone”, Xiaomi menegaskan visinya untuk terus mempermudah kehidupan melalui inovasi. Pendekatan ini menjadi landasan kuat bagi Xiaomi untuk mempertahankan posisinya sebagai pilihan utama konsumen Indonesia, tidak hanya di pasar smartphone, tetapi juga dalam ekosistem teknologi secara menyeluruh.