GadgetSquad.id – Lembaga riset Canalys belum lama ini merilis hasil laporannya mengenai pangsa pasar hp di Indonesia selama Q1 2025. Dan Xiaomi berhasil jadi penguasa pasar hp di Indonesia. Bagaimana dengan vendor hp lainnya? Dan apa strategi Xioami sehingga berhasil menjadi penguasa pasar ?

xiaomi 15 ultra di indonesia

Peringkat Vendor Hp di Indonesia

Menurut laporan dari Canalys, selama Q1 2025 (Januari, Februari, Maret) , Xiaomi kembali mendominasi pasar hp di Indnoesia sebagai pemimpin pasar. Vendor asal Cina ini berhasil meraihdengan perolehan pangsa pasar sebesar 19%.

Di posisi kedua ditempati oleh grup Transsion (Infinix,Tecno dan Itel) yang juga berasal dari Cina, yang meraih raupan pasar sebesar 17%. Beralih ke posisi ketiga, ada OPPO yang berhasil meraih pangsa pasar 17% di Indonesia. Kemudian diikuti oleh Samsung di peringkat keemapt dengan penguasaan 16% dan vivo di peringkat kelima juga dengan raihan 16% pangsa pasar di Indonesia.

Namun jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu, pertumbuhan pasar selama setahun atau year on year , semua vendor tersebut mengalamui penurunan atau minus. Xiaomi sang penguasa pasar hp di Indonesia Q1 2025 mengalami pertumbuhan -1%. Kemudian  grup Transsion (Infinix,Tecno dan Itel) pertumbuhannya -3%. Yang paling besar penurunannya yaitu OPPO dengan pertumbuhan -24%. Sedangkan Samsung mengalami pertumbuhan -9% dan vivo meraih pertumbuhan -14%.

 

Baca juga : Penjualan Perdana Xiaomi 15 Series Diwarnai Antusiasme Pembeli

Peringkat pangsa pasar hp di Indonesia Q1 2025 (sumber : Canalys)

 

Strategi Xiaomi Jadi No.1 di Indonesia

Kesuksesan Xiaomi menjadi penguasa pasar Hp di Indonesia menunjukkan vendor ini sukses menjaga performa yang tetap kompetitif meskipun pasar mengalami fluktuasi. “Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan yang terus diberikan oleh konsumen Indonesia,” ungkap Wentao Zhao, Country Director Xiaomi Indonesia.

Lebih lanjut Wentao Zhao menjelaskan “Pencapaian ini bukan hanya sekadar angka, namun juga representasi dari komitmen Xiaomi untuk terus memahami dan memenuhi kebutuhan unik pasar Indonesia. Respons positif ini semakin memacu kami untuk terus berkontribusi bagi kemajuan teknologi di Indonesia.”

Keberhasilan Xiaomi jadi no.1 di Indonesia didukung oleh portofolio produk yang kuat dan beragam, menjangkau berbagai segmen pasar. Di segmen entry-level, Redmi A5 hadir sebagai pilihan yang menarik, menawarkan keseimbangan optimal antara spesifikasi mumpuni dan value terbaik untuk mendukung berbagai aktivitas pengguna.

Di kelas mid-range, Redmi Note 14 Series berhasil mencuri perhatian konsumen dengan inovasi signifikan pada sektor kamera, performa yang andal, serta desain yang memikat. Tak ketinggalan, di segmen flagship, Xiaomi 15 Series, hasil kolaborasi dengan lensa terkemuka, Leica, menghadirkan pengalaman fotografi profesional yang tak tertandingi, serta didukung oleh teknologi terkini.

Wentao Zhao menambahkan, ”Keberhasilan ini tak lepas dari upaya kami memperluas jangkauan melalui jaringan penjualan yang solid dan merata di seluruh Indonesia, baik offline maupun online, demi menghadirkan pengalaman terbaik bagi konsumen. Kedepannya kami juga berkomitmen untuk terus menghadirkan jajaran produk smartphone yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.”

Lebih dari sekadar smartphone, Xiaomi memiliki visi yang lebih luas dalam membangun ekosistem cerdas terintegrasi. Melalui rangkaian produk AIoT (Artificial Intelligence of Things), termasuk perangkat rumah pintar dan wearable device, Xiaomi berupaya menghubungkan berbagai aspek kehidupan digital konsumen.