Trafik Internet Telkomsel Tumbuh 22,8% Selama Ramadan dan Idul Fitri 2020

GadgetSquad.ID – Pandemi Covid-19 tidak membuat Telkomsel gentar, memberikan pengalaman komunikasi terbaik kepada pelanggan setia melewati Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H.

Dari laporan yang didapat, Telkomsel mengklaim sukses mengawal aktivitas komunikasi, selama Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H.

Telkomsel melaporkan ada lonjakan trafik data pada Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H. Di momen tersebut, tercatat layanan berbasis data mencapai 26,7 petabyte atau meningkat sebesar 22,8% jika dibandingkan hari normal di tahun 2020.

Suasana Ramadhan dan Lebaran yang berbeda kali ini membuat pelanggan Telkomsel menjalin silaturahmi virtual, di mana layanan komunikasi tersebut naik sebesar 75,4%. Merebaknya Covid-19 juga mendongkrak layanan video streaming 13,8% dan mobile gaming naik 83,7%.

Di sisi lain, layanan suara dan SMS mengalami penurunan trafik bila dibandingkan dengan hari normal. Lalu lintas layanan suara anjlok -0,9% menjadi 1,1 miliar menit, sedangkan layanan SMS juga menurun -12,1% menjadi 492 juta SMS

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengungkapkan, momen Lebaran tahun ini yang berbeda dari sebelumnya karena dihadapi tantangan pandemi Covid -19, sehingga cukup merubah cara masyarakat dalam merayakannya.

“Maka dari itu, sebagai connectivity enabler, Telkomsel berupaya untuk memastikan seluruh pelanggan dapat tetap menjalin silaturahmi dan saling terhubung dengan orang-orang tercinta walau harus dilakukan dari rumah,” tuturnya dalam keterangan resminya.

Berbicara wilayah, secara persentase, wilayah operasional Telkomsel di Sumatera Bagian Selatan, Sumatera Bagian Utara, dan Jawa Barat mengalami peningkatan penggunaan layanan data, dengan pertumbuhan tertinggi sekitar 35% dibandingkan hari normal.

Sebagai tambahan, selama mengawal Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H, Telkomsel memusatkan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan di sekitar 436 point of interest (POI) yang berfokus pada 309 titik area residensial, 58 titik rumah sakit rujukan COVID-19, 38 titik area transportasi utama di tiap provinsi, serta 31 titik area transportasi logistik, alat kesehatan, dan kebutuhan pokok.

Selain itu, Telkomsel juga melakukan pengamanan jaringan di akses jalur tol dan jalan utama sepanjang 16.000 km yang terbentang dari wilayah Sumatera, Jawa, hingga Kalimantan.

Upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan juga Telkomsel lakukan dengan menghadirkan 11.000 BTS baru berteknologi 4G, mengoperasikan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.100 Gbps