GadgetSquad.ID – “Eranya 5G”, Yup perlahan tapi pasti, saat ini perkembangan dunia teknologi sudah memasuki eranya 5G. Lalu apa sejatinya manfaat 5G yang bisa dirasakan langsung oleh konsumen?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, Oppo menyelenggarakan ajang “Oppo 5G Academy”.

Selain memamerkan ketersediaan perangkat 5G, di ajang tersebut Oppo juga menjelaskan kegunaan teknologi 5G bagi konsumen.

Aryo Meidianto A-PR Manager Oppo Indonesia, menuturkan banyak manfaat yang bisa diberikan koneksi 5G kepada konsumen. Salah satunya Aryo, menyoroti soal keunggulan 5G yang memiliki latensi yang rendah. Dimana hal itu bisa sangat berpengaruh pada layanan berbasis cloud.

“Tidak hanya cloud gaming yang semakin mulus, tapi juga berbagai layanan lainnya bisa lebih lancar diakses. Misalnya download file berukuran besar bisa dilakukan hanya hitungan detik saja. Dan yang tak kala menarik, perangkat yang digunakan pengguna tidak akan terbebani. Karena berbagai file bisa disimpan dan diakses dari cloud secara lebih mudah dan cepat.”tambah Aryo.

Aryo menambahkan, layanan berbasis 5G lainnya yang bisa dirasakan pengguna adalah AR Blast. Layanan Aughmented Reality memang sudah hadir saat ini, namun dengan adanya teknologi 5G pengguna bisa merasakan pengalaman baru layanan AR dan dengan lebih lancar.

OPPO sendiri, menurut Aryo, tidak hanya akan berfokus pada perangkat smartphone 5G. Tapi juga akan menghadirkan perangkat 5G-enable lainnya agar bisa mengembangkan eksosistem 5G di Indonesia nantinya. “Tidak hanya itu, OPPO Indonesia juga akan terus berupaya untuk mengedukasi konsumen akan teknologi dan layanan 5G, salah satunya melalui acara OPPO 5G Academy ini.” Ujar Aryo.

Upaya Oppo ini pun juga mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Smartfren mewakili operator Smartfren dan Qualcomm sebagai penyedia chipset.

Dalam kesempatan itu Shannedy Ong-Country Director, Qualcomm, menuturkan setidaknya setidaknya ada 3 karakteristik layanan 5G. Pertama, Enahanced Mobile Broadband, dengan kemampuan ini pengguna bisa melakukan download hingga kecepatan 3 Gbps, tidak hanya itu pengguna juga bisa menikmati layanan video streaming berkualitas 4K bahkan 8K dengan sangat mulus.

Kedua Low Latency, dimana 5G cuma memiliki lantesi 1 ms. Manfaat dari low latency ini salah satunya pada cloud gaming. Dimana para gamers bisa puas memainkan game yang berbasis cloud dengan performa yang mulus karena berjalan pada jaringan 5G dengan tingkat latensi rendah.

Dan karakteristik 5G yang ketiga yaitu Massive IoT, dimana dengan berbasiskan teknologi 5G jumlah perangkat IoT (Internet Of Things) yang terkoneksi satu sama lain akan semakin banyak jumlahnya.

Sebagai tambahan, Oppo sudah mulai membuat standarisasi perangkat 5G, sejak 2015. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengujian akses 5G pada perangkat OPPO pada 2018. Dan pada 2019 OPPO sudah meluncurkan perangkat OPPO Reno5 5G dan sudah komersial di Eropa.

“Untuk di Indonesia, pada 2019 OPPO sudah bekerjasama dengan operator sudah melakukan ujicoba contoh pengimplementasian 5G di Batam. Dan pada awal 2021, OPPO sudah meluncurkan OPPO Reno5 5G di Indonesia sebagai perangkat pembuka” jelas Aryo.