Tidak Ada Google PlayStore, Huawei Tambah Lagi Aplikasi Lokal di AppGallery

GadgetSquad.id – Seperti diketahui, smartphone Huawei terbaru tidak lagi didukung oleh Google PlayStore. Sebagai gantinya, dihadirkan toko aplikasi Huawei AppGallery. Dan kini Huawei menambah aplikasi terbarunya, yaitu aplikasi BPJSTKU.

huawei mate xs (1)

Masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi dengan fasilitas jaminan dan perlindungan ketenagakerjaan yang dikembangkan oleh Pemerintah Indonesia sejak lima tahun lalu. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang sudah berjalan diharapkan bisa memberikan jaminan sosial tenaga kerja – baik untuk pekerja formal, maupun informal di seluruh Indonesia. Resmi sejak awal tahun lalu, aplikasi BPJSTKU sudah diperkenalkan ke masyarakat guna memperluas kepersertaan dan mempermudah para tenaga kerja untuk bisa mendapatkan informasi lengkap terkait hak jaminan sosial para tenaga kerja.

Ada empat program BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki manfaatnya masing-masing. Sama halnya dengan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan juga menetapkan iuran yang harus dibayarkan tiap bulannya – tentu saja, besaran iuran untuk masing-masing program berbeda-beda. Adapun program yang dimaksud antara lain, Program Jaminan Hari Tua (JHT), Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian, dan Program Jaminan Pensiun.

Bagi para pengguna Huawei, informasi lebih lanjut terkait BPJS Ketenagakerjaan ini bisa dengan mudah didapatkan karena saat ini aplikasi BPJSTKU sudah tersedia dan dapat beroperasi dengan baik di produk-produk Huawei. Pengguna Huawei hanya perlu mengakses AppGallery (toko pencarian resmi dari Huawei), mencari BPJSTKU di kolom pencarian, dan mengunduh aplikasinya.

Baca juga : Huawei Mate Xs, Pesaing Samsung Galaxy Z Flip ?

Integrasi ini dilakukan secara cepat antara Huawei dan BPJS guna memenuhi kebutuhan pelanggan, serta sebagai bentuk upaya konkret dari Huawei yang mendukung program-program pemerintah. Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Consumer Business Group mengatakan bahwa hadirnya aplikasi BPJSTKU ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat juga tentang pentingnya memikirkan jaminan di masa mendatang.

“Kami mengapresiasi upaya pemerintah dengan kehadiran aplikasi BPJSTKU, Huawei ingin turut membantu pemerintah menyadarkan masyarakat dengan cara menghadirkan aplikasi BPJSTKU di AppGallery. Ke depannya, para pengguna Huawei jadi bisa lebih mudah mendapatkan informasi terkait jaminan dan perlindungan sosial yang disiapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi yang tersedia,” jelas Lo Khing Seng.

Selain aplikasi BPJSTKU, Lo Khing Seng menjelaskan bahwa Huawei juga terus menjalin komunikasi dan bekerjasama dengan sejumlah instansi lain guna menghadirkan aplikasi lainnya di toko aplikasi Huawei, yakni AppGallery.

Kini, di AppGallery sudah tersedia berbagai aplikasi lainnya seperti Info JKN yang dapat memberikan kemudahan akses dan pelayanan optimal bagi peserta. Dari aplikasi tersebut peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional.

Aplikasi lain yang tersedia di AppGallery dan dapat digunakan adalah Passport Online. Pada aplikasi tersebut, kita dapat mengakses dan membuat jadwal untuk pembuatan dan pembaharuan passport serta lokasinya.