TikTok, mendukung program Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Republik Indonesia dalam literasi digital melalui serangkaian kegiatan, termasuk program #SiBerani untuk melawan perundungan siber, dan acara bincang bersama Menteri Johnny G. Plate bertajuk #BerkreasiDiMedsos di aplikasi TikTok yang didukung oleh SiBerkreasi untuk untuk membahas berbagai tantangan literasi digital. 

Dalam kurun waktu 9 tahun terakhir, sejak 2011 hingga 2019, ada 37.381 aduan yang masuk ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Dari jumlah tersebut, pelaporan kasus bullying atau perundungan, di dunia pendidikan maupun media sosial mencapai 2.473 laporan. “Pemahaman literasi digital sangatlah penting untuk menekan angka perundungan siber dan mendorong generasi muda untuk nyaman berkreasi di dunia digita” ; kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Niken Widiastuti. Peran semua pihak, termasuk TikTok sebagai penyedia platform digital untuk membantu menyediakan dan menjaga lingkungan internet yang aman, sehingga dapat sejalan dengan harapan generasi muda dalam  membangun Indonesia Maju.

Melalui program #SiBerani yang diluncurkan dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ini, KOMINFO ingin mengajak generasi muda untuk ikut menciptakan Indonesia Maju dengan menjadi warga digital yang bijak dan mengapresiasi kreativitas di platform digital. Generasi muda dapat ikut serta dalam tantangan di aplikasi TikTok dengan tagar #SiBerani dengan mengunggah video yang menyemangati pengguna lain yang pernah mengalami perundungan siber ataupun mengingatkan untuk tidak menjadi perundung siber.

“Salah satu komitmen TikTok adalah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna dalam mengungkapkan kreativitasnya di aplikasi," kata Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina. "Karena itu kami mendukung penuh program pemerintah dalam membantu terwujudnya lingkungan internet yang aman dan nyaman bagi semuanya, termasuk pengguna TikTok.”

Selain program #SiBerani, KOMINFO juga mengadakan acara bincang di aplikasi TikTok berjudul #BerkreasiDiMedsos bersama SiBerkreasi, gerakan nasional untuk menanggulangi penyebaran konten negatif melalui internet seperti hoax, cyberbullying dan online radicalism, untuk mengangkat pentingnya literasi digital terutama dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).