Uji Daya Tahan Ponsel Lipat Huawei Mate X2, Begini Hasilnya

Huawei Mate Xs (4)

GadgetSquad.id – YouTuber bernama JerryRigEverything melakukan uji daya tahan pada hape lipat Huawei Mate X2. Dalam video yang diposting 30 April 2021 itu, hape tampak manjalani uji mulai dari uji gores, uji pembakaran, dan uji tekukan pada bagian engselnya

Sebagaimana dilaporkan laman Gizmocgina, selama uji gores, tampilan luar memiliki lapisan tempered glass karena ada goresan tipis pada uji gores level 6 dan makin dalam di level 7. Layar di bagian dalam dengan panel fleksibel tidak seberuntung itu, karena tergores pada uji gores level 2 sementara alur yang lebih dalam mulai muncul di level 3.

Dalam video berdurasi sembilan menit empat belas detik itu juga menggambarkan, layar bagian dalam dapat rapuh hanya karena ditekan oleh kuku. Biasanya jarang ditemukan perangkat yang panel displaynya lolos dari uji pembakaran yang dilakukan JerryRigEverythings, tapi Huawei Mate X2 berbeda, kinerja tampilan luarnya jauh lebih baik daripada panel di bagian dalam.

Sedangkan uji tekuk menunjukkan Huawei akhirnya mendapatkan kualitas pembuatan yang cukup baik. YouTuber dengan 6,72 juta pengikut itu menerapkan tekanan ekstrim dalam menekuk perangkat ke belakang dan tidak patah.

Hal ini mengejutkan, Mate X2 memiliki tampilan daya tahan yang lebih baik daripada beberapa ponsel gaming andalan seperti Lenovo Legion 2 yang menjadi dua di bawah tekanan ringan. Bahkan, ketika menaburkan pasir di area lipatan layar, ternyata ponsel itu tahan debu. 

Huawei Mate X2 diluncurkan di Cina pada 22 Februari 2021. Hape ini memiliki layar lipat ke dalam yang terbuka dan tertutup mirip buku, memanjang menjadi layar 8 inci saat dibentangkan. Ini menyimpang dari desain asli Mate X, yang memiliki layar tunggal menghadap ke depan dan dapat dilipat ke luar.

Mate X2 juga memiliki empat kamera belakang dengan sensor utama 50 MP, baterai 4.500 mAh, pengisi daya cepat 55 watt, dan sistem speaker stereo ganda yang menjanjikan bass lebih baik. Ponsel ini ditunjang dengan chip Kirin 9000 5G.

Mate X2 juga akan menjadi hape komersial pertama yang berjalan dengan sistem operasinya sendiri, HarmonyOS. Di Cina hape ada dua varian, model 256 GB dan 512 GB. Masing-masing harganya US$ 2.780 (Rp 39 juta) dan US$ 2.970 (Rp 42 juta).