Video Baru Ungkap Fitur dan Desain Utama dari HarmonyOS

GadgetSquad.id – Huawei diharapkan untuk mulai mendorong Harmony OS ke perangkatnya pada awal bulan depan. Sementara sistem internal masih dalam versi beta, video berdurasi empat menit muncul di Weibo, mengungkapkan semua perbaikan besar yang telah diperkenalkan oleh perusahaan asal Cina tersebut. 

Sebagaimana dilaporkan GSM Arena, perubahan paling drastis adalah pusat kendali baru, diseret dari pojok kanan atas. Sudut kiri atas menampilkan mesin pencari di dalam ponsel, sementara gerakan ke bawah dasar di mana saja di layar menampilkan pemberitahuan. 

Ponsel yang digunakan dalam video ini adalah Huawei Mate 40 Pro. Aplikasi dibuka jauh lebih cepat daripada yang terlihat di perangkat Android manapun.

Namun, orang di belakang video tersebut mengingatkan pemirsa bahwa ini hanya berfungsi untuk aplikasi internal sekarang. Tapi mungkin tidak terlalu cepat untuk browser pihak ketiga, game, dan lain-lain.

Secara visual, Harmony OS 2.0 cukup dekat dengan apa yang terlihat di smartphone EMUI 11 manapun. Huawei telah mengembangkan desain intuitif yang bagus dan logis untuk mematuhinya.

Masih banyak yang belum diketahui mengenai sistem operasi terbaru Huawei itu. Tetapi berharap untuk segera mempelajarinya, apakah OS baru ini didasarkan pada kernel Android atau platform yang sama sekali berbeda, dibangun dari awal. 

HarmonyOS adalah masa depan sistem operasi dari ekosistem Huawei. Perusahaan berinvestasi besar-besaran dalam pengembangannya, dan menargetkan banyak perangkat agar bisa menggunakan OS tersebut.

Sebelumnya, Huawei membagikan pembaruan lain tentang kemajuannya. Dan mengatakan telah menarik 20 vendor perangkat keras dan 280 perusahaan pengembangan perangkat lunak untuk bekerja pada perangkat HarmonyOS yang jumlahnya semakin banyak. 

Huawei telah menetapkan target 300 juta perangkat yang menjalankan HarmonyOS dan 100 juta di antaranya datang dengan OS tersebut di luar kotak. Wang Chenglu, presiden perangkat lunak bisnis konsumen Huawei mengatakan bahwa OS dibuat untuk menyatukan perangkat yang berbeda, tidak hanya untuk smartphone dan TV. OS bersifat universal.