4 IoT Terjangkau dari Oppo Ini Cocok Dijadikan Hadiah Lebaran

GadgetSquad.id – Oppo memiliki serangkaian produk perangkat IoT mulai dari ham tangan pintar hingga earphone yang dibanderol dengan harga terjangkau. Rangkaian perangkat ini cocok jika dijadikan hadiah kepada sanak saudara saat merayakan Hari Raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari.

Berikut spesifikasi dan harga perangkat AoT tersebut:

Oppo Band

Oppo Band diluncurkan bersamaan dengan hape Oppo Reno 5 F. Jam tangan pintar ini dipasang layar AMOLED berukurannya kecil 1,1 inci. Layarnya memiliki resolusi 126 x 294 piksel serta color gamut DCI-P3 100 persen, dan bisa menampilkan hingga 50 karakter.

Oppo Band dilengkapi beberapa sensor, seperti 3-axis acceleration sensor,dan continuous SpO2 monitoring yang bisa mengukur kadar oksigen dalam darah, termasuk saat pengguna tertidur. Juga memiliki optical heart rate yang akan memonitor detak jantung menggunakan sensor optik. 

Selain itu ada juga 12 mode latihan dasar, termasuk bersepeda, bulutangkis, renang, yoga, dan masih lainnya. Selain itu, dilengkapi dengan lebih dari 40 face watch, serta sudah mengantongi rating 5 ATM yang membuatnya tahan air di kedalaman hingga 50 meter dalam waktu 10 menit.

Oppo Band dibekali baterai berdaya 100 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 12 hari. Oppo Band juga mendukung konektivitas Bluetooth 5.0, dan kompatibel dengan hape yang menjalankan sistem operasi Android 6.0 atau yang lebih tinggi.

Ada dua pilihan warna yang tersedia, hitam dan lavender. Oppo Band dibanderol seharga Rp 599 ribu.

Oppo Enco Buds

Oppo Enco Buds merupakan earphone nirkabel terbaru yang hemat energi. Earbud ini kompatibel dengan Bluetooth 5.2 dengan jangkauan operasional 10 meter dan format yang didukung termasuk AAC dan SBC.

Produk ini juga dilengkapi dengan baterai IoT (Internet of Things) tahan lama sehingga pengguna dapat menikmati pemutaran musik dan video hingga 24 jam. Cocok untuk menemani aktivitas mulai berolahraga gym hingga melakukan perjalanan panjang.

Earbud Oppo Enco Buds hadir dengan baterai berkapasitas 40 mAh dan casing memiliki baterai 400mAh. Perangkat ini memerlukan waktu hingga 2 jam untuk mengisi dayanya hingga penuh.

Oppo Enco Buds dibanderol seharga Rp 499 ribu yang hadir dalam dua pilihan warna putih dan biru, serta memiliki mikrofon untuk kualitas panggilan yang lebih jelas. Selain itu, perangkat TWS ini dibekali port USB Type-C di bagian belakang casing untuk pengisian dayanya.

Sedangkan di bagian earbud-nya hadir dengan driver dinamis 8mm, dengan sensitivitas 100.6dB dan rentang respons frekuensi 20Hz hingga 20KHz.

Oppo Enco W11

Oppo Enco W11 berbeda dengan AirPods, perangkat ini tampil lebih minimalis tanpa ada bagian ‘ranting’ yang menjulur ke bawah. Meski Oppo juga pernah mengeluarkan model seperti ini, yaitu pada Oppo Enco Free.

Perangkat ini memiliki cangkang capsul earphone yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan, tapi juga sekaligus sebagai tempat untuk melakukan isi ulang baterai earphone ini. Terdapat port USB-Type C dan juga lampu indikator.

Bentuk earphone Oppo Enco W11 ini sendiri bulat oval yang ketika dikenakan di telinga terlihat seperti sumbatan. Oppo menyediakan tiga pasang earbud atau karet penahan earphone ini, dengan ukuran yang berbeda, yaitu S, M dan L.

Sebelum menggunakannya, earphone ini harus dikoneksikan dulu ke perangkat music player, seperti smartphone, melalui Bluetooth. Caranya cukup mudah, karena Oppo Enco W11 ini sudah dilengkaip dengan teknologi Bluetooth Simultaneous Transmission.

Ada dua bulatan mungil untuk mengoperasikan perangkat itu. Caranya dengan menggunakan metode sentuhan (tap) atau disebut Intelligent Touch Controls, karena memang tidak ada tombol apapun yang disediakan.

Sekali tap pada bodi earphone untuk Play atau Pause lagu, dua kali tap untuk mengubah track lagu, tiga kali tap untuk mengaktifkan fitur Voice Assistance, sekali tap dan tahan agak lama pada earphone sebelah kanan, berfungsi untuk menaikkan volume, dan sekali tap dan tahan agak lama pada earphone sebelah kiri untuk menurunkan volume. Harga perangkat ini Rp 399 ribu.

OPPO Enco M31

Oppo Enco M31 adalah earphone nirkabel dengan tipe neckband yang bisa dikalungkan di leher. Model ini diklaim memiliki audio resolusi tinggi, karena sudah memiliki sertifikasi HI-Res Wireless, Bluetooth 5.0 dan LDAC yang memungkinkan kecepatan transmisi hingga 990 kbps.

Segi audio, Oppo Enco M31 didukung dengan driver 9,2mm full-range, diafragma komposit titanium PET dan ruang bass yang independen. Earphone ini dibekali teknologi dual composite thermoplastic polyurethanes (TPU) dan diafragma graphene untuk meningkatkan respons frekuensi. 

OPPO memberikan dua mode audio pada earphone Enco W31, yaitu mode audio untuk musik pop dan klasik yang meratakan audio di seluruh rentang frekuensi. Serta ada mode untuk musik rock dan EDM yang memakai bass untuk meningkatkan frekuensi rendah.

Enco M31 juga dilengkapi dengan algoritme kecerdasan buatan atau Ai untuk mengurangi kebisingan latar selama panggilan. Model ini dibanderol dengan harga Rp 599 ribu.