XL Axiata bekerjasama dengan AngelHack menyelenggarakan kompetisi pengembangan piranti lunak “Global Hackathon Series 2018”, 4-5 Agustus 2018 di di Jakarta. Dari ajang ini, diharapkan akan terlahir suatu solusi yang bisa membantu memecahkan problem sosial dan lingkungan di masyarakat, hingga problem enterprise. Kaum difabel menjadi salah satu target audaiens agar turut berpartisipasi dalam sumbangsih ide di bidang kemajuan teknologi digital mellui acara ini.

XL Axiata

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, “Tujuan dari penyelenggaraan Global Hackathon Series 2018 ini sangat sesuai dengan visi XL Axiata untuk ikut aktif menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital. Kami sama-sama ingin masyarakat, siapa pun mereka dengan latar belakang ekonomi dan sosial apapun, bisa ikut memanfaatkan kemajuan teknologi digital guna meningkatkan kualitas hidup mereka. Melalui ajang ini, kami berharap akan bisa tercipta suatu solusi digital yang bisa menjadi sarana bagi banyak segmen tak terkecuali kaum difabel guna menunjang aktivitas kesehariannya secara produkif.”

Baca juga : Paket Internet XL Go IZI Baru, Sisa Kuota Gak Bakal Hangus

Global Hackathon Series 2018 di Jakarta ini merupakan bagian dari rangkaian ajang sejenis yang diselenggarakan di seluruh dunia dan diinisiasi AngelHack yang bekerjasama dengan Code For A Cause, sebuah lembaga nirlaba asal Amerika Serikat yang aktif memperjuangkan kesetaraan teknologi untuk masyarakat dunia.

AngelHack adalah sebuah organisasi bertujuan untuk mendorong penciptaan lingkungan inklusif dan teknologi yang berkeadilan serta berdampak baik didalam maupun diluar Silicon valley.

Global Hackathon Series 2018 ini diikuti oleh 150 peserta yang merupakan para pengembang software, desainer, entrepreneur, dan publik dari berbagai latar belakang yang berasal dari sejumlah kota. Selama dua hari, 4-5 Agustus 2018, mereka akan secara marathon mencoba mengembangkan ide-ide mereka sehingga bisa menjadi suatu solusi digital. Sebagai Supporting Partner AngelHack di Indonesia, XL Axiata memfasilitasi ajang ini selain dengan menyediakan tempat, salah satu managemen XL menjadi juri kompetisi dan juga terutama memberikan akses internet secara penuh.

Baca juga : XL Axiata dan Pemerintah DKI, Dukung Terciptanya Industri Kreatif Dari Garasi Rumah

Solusi-solusi terbaik yang lahir dari ajang di Jakarta ini selanjutnya akan diikusertakan dalam Hackcelerator Program, yaitu program inkubasi untuk implementasi ide-ide para pemenang. Hackcelerator akan diadakan selama 12 minggu melalui virtual accelerator. Setelah itu tim terbaik akan diterbangkan ke San Francisco, Amerika Serikat untuk mengikuti Global Demo Day dimana mereka akan dipertemukan dengan para pelaku industri digital di tingkat global.

Dalam menyelenggarakan event ini, selain AngelHack, XL Axiata juga bekerjasama dengan Ayobaca.in, suatu lembaga pegiat program-program keperdulian bagi penyandang tunanetra. Pendiri dan penggerak lembaga ini merupakan alumni dari program XL Future Leaders, yang juga diinisiasi oleh XL Axiata. AyoBaca.in akan mengirimkan 20 peserta dengan disabilitas untuk di ikut sertakan dalam kompetisi ini.