Cara Cegah Corona dengan Aplikasi PeduliLindungi di Smartphone

GadgetSquad.ID – Indonesia menjadi salah satu negara yang saat ini sedang berperang melawan pandemi virus Corona atau Covid-19. Berbagai kebijakan pun telah dilakukan pihak berwenang maupun warga sipil, untuk melakukan tindakan cegah Corona. Mulai dari himbauan hingga berbagai macam pelarangan seperti melakukan social distancing untuk cegah Corona.

Baca juga : Tips Cegah Berita Hoax Soal Virus Corona di WhatsApp

Selain itu ada beberapa cara lainnya untuk melakukan cegah Corona dan menjegal penyebarannya. Salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang terinstal di smartphone. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer lokal dan dipublikasi oleh PT Telkom Indonesia. PeduliLindungi diharapkan melindungi diri kamu dan keluarga, serta orang terdekat lainnya. Saat ini aplikasi PeduliLindungi baru tersedia untuk perangkat Android.

Cara kerja aplikasi PeduliLindungi untuk Cegah Corona

Setelah melalui tahap pendaftaran atau registrasi, cukup biarkan aplikasi ini berjalan di ponselmu.

Mengacu pada penjelasan di website resminya, PeduliLindungi akan menggunakan data yang diproduksi oleh ponsel dengan mengaktifkan Bluetooth guna merekam informasi yang dibutuhkan.

Nantinya, ketika ada gadget lain dalam radius Bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

Sehingga ketika kamu pernah berada di tempat yang dekat dengan kasus COVID-19 positif, baik tahu ataupun tidak sosok orangnya, aplikasi ini membantu petugas kesehatan untuk menghubungi kamu lebih cepat. Dengan begitu akan lebih cepat menghentikan penularan COVID-19 atau cegah Corona pada orang-orang di sekitar.

Selanjutnya aplikasi ini akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan). Hal tersebut bakal berguna ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

Kendati menghimpun data di ponsel, PeduliLindungi menjamin kerahasiaan pribadi kamu. Data disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

Data tersebut hanya akan diakses bila kamu dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.