GadgetSquad.id – ASUS kembali memperkenalkan lini laptop terbarunya, kali ini dari lini ROG Zephyrus G14 (GA403) dan ROG Zephyrus G16 (GU605) di Indonesia.

Launching Zephyrus G14 dan Zephyrus G16 (14/03/24).

ROG Zephyrus G14 (GA403) dan ROG Zephyrus G16 (GU605) merupakan AI gaming laptop yang di klaim ASUS paling ringan dan tipis di dunia. Zephyrus G14 adalah laptop 14-inci  dengan bobot hanya 1,5 Kg dan ketebalan di angka 1,59 cm. Laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali NPU Ryzen™ AI untuk membantu mengakselerasi pemrosesan AI secara lebih optimal. Prosesor tersebut juga yang membuat ROG Zephyrus G14 (GA403) tampil sebagai AI gaming laptop.

“Pertama kali hadir di tahun 2020, ROG Zephyrus G14 berhasil menggemparkan dunia berkat desainnya yang revolusioner. Hal tersebut kini kembali terjadi di seri terbaru ROG Zephyrus G14,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director. “Mari sambut AI Gaming Laptop 14-inci Paling Tipis, Ringan, dan Powerful di Dunia.”

Sedangkan ROG Zephyrus G16 (GU605) adalah AI gaming laptop 16-inci yang memiliki bobot hanya 1,85 Kg dan ketebalan sekitar 1,49 cm. AI gaming laptop ini dijalankan oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang dilengkapi dengan NPU Intel® AI Boost, yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan AI. Kehadiran NPU tersebut membuat laptop ini hadir sebagai AI gaming laptop yang sesungguhnya.

Kedua laptop ini sama-sama dibenamkan layar ROG Nebula Display dengan panel OLED yang dilengkapi dengan teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC, menjadikannya laptop gaming pertama di dunia yang menggunakan layar OLED berteknologi VRR.

Penggunaan layar OLED memastikan tingkat reproduksi warna yang lebih tinggi dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1. Tidak hanya itu, layar OLED di kedua laptop ini memiliki rasio kontras yang sangat tinggi, mengantongi sejumlah sertifikasi standar industri, mendukung teknologi HDR, dan yang paling penting adalah memiliki response time 0.2 ms yang jauh lebih cepat dibandingkan layar laptop gaming pada umumnya.

Baca Juga: Zenbook DUO (UX8406) Resmi Meluncur, Ini Keunggulannya

ROG Zephyrus G14 (GA403) dan ROG Zephyrus G16 (GU605) menggunakan CNC-machined chassis yang lebih ringan dan kokoh dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Penggunaan CNC-machine chassis juga memungkinkan ROG Zephyrus G14 (GA403) dan ROG Zephyrus G16 (GU605) memiliki ruang ekstra untuk keyboard serta sistem audio yang lebih baik.

ROG Zephyrus G14 (GA403) dan ROG Zephyrus G16 (GU605) merupakan laptop gaming yang telah didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos. Tidak hanya itu, keduanya juga dibekali speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan suara 40% lebih kencang.

Kedua laptop anyar ini juga tampil lebih modern dengan hadirnya fitur Slash Lighting, lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik layar laptop gaming ini. Slash Lighting dapat dikustomasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate.

Untuk sistem pendingin keduanya menggunakan sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya. Bahkan di varian yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4080, ASUS menyematkan sistem pendingin berbasis vapor chamber agar pendinginannya menjadi lebih optimal. Sistem pendingin tersebut membuat keduanya dapat selalu beroperasi dengan optimal di berbagai aktivitas bahkan dengan suara kipas yang lebih senyap dibandingkan laptop gaming pada umumnya.

ROG Zephyrus G14 (GA403)