Indosat Ooredoo Siap Bantu Pelaku Bisnis yang Ingin Lakukan Transformasi Digital

0

GadgetSquad.ID – Indosat Ooredoo semakin serius melakukan perubahan atau tranformasi. Berbicara transformasi di Indosat Ooredoo, setidaknya ada tiga poin penting dalam perubahan ala operator yang identik dengan warna kuning dan merah ini.

Merujuk pada pernyataan Chris Kanter, yang saat ini menjadi orang nomor Indosat Ooredoo, ketiga poin itu, yakni people, proses, dan bisnis.

Terkait perubahan dari segi bisnis, menurut
Direktur Indosat Ooredoo Arief Musta’in, kini pihaknya melakukan perubahan pendekatan untuk segmen enterprise. Tidak lagi sekadar menjadi penyedia layanan, tapi sekaligus menjadi rekanan dalam melakukan transformasi tersebut.

“Jadi, Indosat ingin bersama-sama melakukan transformasi dengan perusahaan. Ini pendekatan yang fundamental karena kami sendiri harus menyiapkan kapabilitas dan kemampuanya untuk bisa terlibat sejauh itu,” tuturnya

Arief melanjutkan, transfromasi digital merupakan keniscayaan bagi sebuah perusahaan. “Melakukan transformasi digital bagi pelaku bisnis merupakan cara perusahaan agar tetap sustainable ke depannya. Ini kenyataan yang tidak bisa dihindari,” tegasnya.

Senada dengan Arief, Group Head Business Product Indosat Ooredoo Budiharto menuturkan, transformasi perusahaan ke arah digital tidak lepas dari kehadiran digital customer.

“Konsumen saat ini tidak lepas dari smartphone dan interaksi yang lebih personal. Hal ini yang menjadi trigger perusahaan untuk selalu terhubung,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Budiharto menjelaskan dengan pendekatan yang berbeda ini, solusi yang ditawarkan tidak lagi dilakukan oleh Indosat Ooredoo sepenuhnya. Dia menuturkan, pihaknya membuka kerja sama dengan pihak ketiga yang memenuhi kualifikasi.

“Salah satu kunci kesuksesan perusahaan digital adalah kolaborasi. Karenanya, tidak semua kami bangun sendiri, tapi juga bekerja sama dengan mitra yang qualified,” ucapnya menjelaskan.

Sebagai catatan, pemanfaatan Indosat Business juga telah dilakukan di sejumlah proyek strategis. Salah satunya adalah membangun solusi smart city untuk pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Selain itu, Indosat Ooredoo juga berperan dalam pembangunan jaringan di Bandara Kertajati. Operator yang identik dengan warna kuning tersebut untuk membangun Airport Management System.