Begini Jeroan Redmi Note 7 Saat Dibongkar

0

Maret lalu Redmi Note 7 meluncur di Indonesia. Produk ini merupakan salah satu hp kelas menengah dengan harga terjangkau. Tidak hanya memiliki spesifikasi terbaik, hp ini juga diklaim memiliki hardware yang mumpuni. Bagaimana kualitas produk yang satu ini?

Untuk membuktikan hal tersebut pihak Xiaomi Indonesia, melalui Andi Muhammad Rendy sebagai Public Relation mengajak insan media untuk membongkar jeroan dari Redmi Note 7.

“Hari ini ini kita akan melihat lebih dalam komponen-komponen yang ada di Redmi Note 7 yang akan kita tear down,” kata PR Product Xiaomi Indonesia, Andi Muhammad Rendy di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Baca juga: Harga Xiaomi Redmi Note 7 di Indonesia Lebih Murah, ini Rahasianya

Andi juga mengatakan bahwa pembongkaran perangkat harus dilakukan oleh ahli ya. oleh karenanya turut hadir Woro Prastio sebagai Technical Support Xiaomi Indonesia yang diperkenankan untuk membongkar Redmi Note 7.

Sebelum pembongkaran berlangsung, Andy Lebih lanjut menjelaskan bahwa sebelum dibongkar hp ini telah dipanaskan dengan heather khusus selama 5 menit. Hal ini dimaksudkan agar semua karet dan lem yang yang melekat di hp dapat dilepas dengan mudah.

Selain itu pemanasan dengan heather ini juga dimaksudkan untuk melelehkan perekat yang berada pada casing sehingga dapat dibuka.

“Kami tidak menyarankan langsung teman-teman untuk melakukan tear down langsung tanpa adanya profesional,” tambahnya.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 7 Resmi di Rilis, Harganya Bikin Pusing Kompetitor!!!

Dalam membuka penutup casing juga berhati-hati, karena jika tidak akan merusak bodi belakang. Setelah terbuka casingnya, bagian dalam perangkat pun langsung nampak. Disana terdapat beberapa komponen seperti baterai, kamera dan prosesor terlihat dengan ukuran yang kecil.

Pada headphone jack nampak terdapat karet untuk melindungi cairan yang masuk. Ada juga karet khusus pada kemara depan yang dimaksudkan agar kamera tetap berada ditengah.

Pada bagian prosesor, RAM dan ROM berada dalam satu mainboard yang berada di atas baterai juga dilindungi oleh beberapa perangkat. Bagian ini terdapay dibawah modul kamera.

Ada juga baterai berukuran 4.000 mAh yang besar menutupi hampir semua bagian dalam dari Redmi Note 7.

Baca juga: Hp Redmi Note 7 Rilis di Indonesia, Ini Harga Resmi dan Spesifikasinya

“Saat membuka baterai juga harus sangat hati-hati karena direkatkan oleh dua karet yang harus digulung dan ditarik dengan sangat hati-hati. Dia juga mengatakan jika baterai telah dilepas, tidak akan bisa dipasang kembali karena lem karet perekatnya hanya sekali pakai” Kata Andi

Dalam sesi ini pun turut hadir juga Woro Prastio sebagai Technical Support Xiaomi Indonesia yang mengoprek langsung perangkat. Lebih lanjut sebelum membuka langsung bodi ponsel, ponsel sebelumnya dipanaskan dengan heather khusus selama 5 menit.

Redmi Note 7 sendiri merupakan hp yang memiliki layar 6,3 inci full HD+ yang dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakang. Sementara itu sistem operasinya didukung dengan MIUI 10 yang berbasis Android Pie.

Pada bagian performa, tersedia prosesor octa-core Snapdragon 660 dengan dukungan GPU Adreno 512. Hp ini dilengkapi dua kamera belakang 48MP dan 5MP, sementara itu kamera selfie-nya 13MP.

Baca juga: Snapdragon 675 dan Kamera 48MP, HP ini Bakal Saingi Redmi Note 7 Pro

Xiaomi menyediakan beberapa pilihan konfigurasi RAM dan ROM yakni RAM 3GB dan memori internal 32GB, RAM 4 dan penyimpanan internal 64GB, serta RAM 4GB dan penyimpanan internal 128GB.

Menariknya pihak Xiaomi juga memberikan kenyamanan pengguna untuk layanan after sale perangkat ini, Xiaomi menawarkan garansi hingga 18 bulan. Padahal sebelumnya, produk Xiaomi hanya menawarkan garansi hanya sekira 15 bulan.