Beranda Rekomendasi Compare Hp 3 jutaan : Realme 3 Pro atau Vivo Z1 Pro?

Compare Hp 3 jutaan : Realme 3 Pro atau Vivo Z1 Pro?

1

Hp vivo Z1 pro (2)GadgetSquad.ID – “Sob!! minta tolong dong, gue mau beli hp baru, butuh saran nih. Modal gue sekitar tiga jutaan”..

Yup, sepenggal kalimat di atas terlontar saat salah satu teman, bertandang ke redaksi GadgetSquad beberapa waktu lalu. Sejatinya dengan modal tiga jutaan, begitu banyak pilihan hape yang bisa ia dapatkan. Namun, banyaknya pilihan justru tidak jarang, membuat konsumen jadi bingung memilih hp yang sesuai dengan keinginannya.

Singkat cerita teman yang meminta saran ke salah satu crew GadgetSquad, ingin memiliki hp 3 jutaan yang “jeroannya” ok, handal buat main game, kamera ciamik hingga baterai tahan lama. Kira-kira apa hape yang cocok?

Nah, jika melihat kriteria yang diinginkan setidaknya ada dua hape yang layak dijadikan kandidat. Kedua hape tersebut adalah Realme 3 Pro dan Vivo Z1 Pro. Siapa lebih unggul? berikut ulasannya.

Desain
Sebelum melangkah lebih jauh, sektor desain menjadi area pertama yang coba GadgetSquad ulik. Berbicara soal desain, bisa dikatakan bodi kedua hape memiliki tampilan yang sama-sama kekinian. Dengan material glossy membuat Realme 3 Pro dan Vivo Z1 Pro, nampak begitu mewah. Hanya saja perlu diperhatikan, material glossy juga menjadikan bodi Realme 3 Pro dan Vivo Z1, lebih mudah terlihat kotor, karena sidik jari gampang melekat.

Terlepas masalah material bodi, rancang bangun kedua hape yang bersaing kali ini bisa dikatakan proporsional. struktur bodinya tak bongsor namun juga tidak mini, yang pasti pas saat digenggam. Karena ukuran bodi yang cukup proporsional, tangan jadi tidak cepat lelah saat mengekslpor atau bermain game dengan kedua hape ini dalam waktu yang lama. Secara umum, bisa dikatakan kedua hape yang bersaing kali ini memiliki kualitas yang seimbang dari segi tampilan maupun konsep desain

Layar
Beralih ke sektor layar. Realme 3 Pro memiliki layar IPS LCD bergaris tengah 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel). Vivo Z1 Pro ternyata memiliki resolusi dan jenis layar yang sama dengan lawannya. Hanya saja, layar Vivo Z1 Pro yang berukuran 6.53 inci, jelas lebih luas dibanding jagoan Realme.

Ukuran layar jagoan Realme memang kalah luas dibanding punggawa Vivo, hanya Realme 3 Pro punya proteksi display yang lebih jelas. Pasalnya layar Realme 3 Pro sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5, sedangkan Vivo Z1 Pro tidak ditahui apakah memiliki fasilitas proteksi layar.

Dengan komposisi teknologi layar yang tidak jauh berbeda, baik Realme 3 Pro maupun Vivo Z1 Pro, selama proses pengujian kompak mampu menghadirkan kualitas gambar yang baik dan memanjakan pandangan.

Dapur pacu
Untuk menyokong kinerjanya, dapur pacu Realme 3 Pro memiliki komposisi chipset Qualcomm Snapdragon 710, prosesornya sudah octa-core yang dapat ngebut hingga kecepatan 2.2GHz, serta GPU Andreo 616 untuk keperluan grafis. Realme 3 Pro sendiri tersedia dalam pilihan RAM 4G/ROM 64GB, RAM 6GB/ROM 64GB dan RAM 6GB/ROM 128 GB. Real 3 Pro berkerja dengan platfrom Adroid Pie 9.0.

Sementara itu Vivo Z1 Pro yang berjalan pada platfrom Android Pie 9.0, nampak percaya diri dengan chipset Qualcomm Snapdragon 712, prosesor octa core yang mampu digeber hingga kecepatan 2×2.3GHz, untuk tampilan grafis dibekali GPU Andreo 616 di sektor. Seperti lawannya, Vivo Z1 Pro juga memiliki beberapa pilihan tipe RAM, yakni varian RAM 4G/ROM 54GB dan RAM 6GB/ROM 128GB.

Soal performa, walau Realme 3 Pro hanya dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 710 sementara Vivo Z1 Pro menggunakan Qualcomm Snapdragon 712, ternyata perbedaan tersebut tidak terlalu berpengaruh besar. Intinya, selama proses keduanya punya performa yang sama-sama cukup tinggi di kelas mainstream.

Kamera
Realme 3 Pro menyediakan kamera ganda di bodi belakang dengan komposisi lensa utama 16MP (1.22um dan aperture f/1.7) + sekunder 5MP (f/2.4). Kamera depan realme 3 Pro memiliki resolusi 25MP, dengan aperture f/2.0, ukuran sensor 1/2,8 inci. Menariknya, kamera Realme Pro 3 dilengkapi mode realme Nightscape. Adanya menu Nightscape membuat kamu tidak perlu khawatir mengambil foto dalam kondisi minim cahaya.

Untuk menu imaging, Vivo Z1 Pro punya amunisi yang tidak kalah garang dibanding jagoan Realme. Vivo Z1 Pro, hadir dengan teknologi 3 kamera yang tertanam di bodi belakang dengan komposisinya 6MP (wide) + 8MP (ultrawide) + 5MP (depth sensor). Untuk keperluan swa foto, kamu bisa berselfie ria dengan kamera depan 32MP berteknologi AI.

Beralih kemenu video. Baik Vivo Z1 Pro dan Realme 3 Pro kompak mampu menghasilkan video dengan format maksimal 1080P. Hanya saja yang menarik, Realme 3 Pro memiliki fitur slow mo yang mendukung pengambilan gambar video gerak lambat 960fps/720P.

Baterai dan harga
Realme 3 Pro memiliki baterai berkapasitas 4.045 mAh. Berbicara harga, Realme 3 Pro dilego Rp 2.999.000 untuk varian RAM 4GB/ROM 64GB, Rp 3.199.000 jika berminat dengan tipe RAM 6GB/ROM 64GB, dan siapkan dana Rp 3.699.000 untuk memiliki versi RAM 6GB/ROM 128GB.

Beralih ke Vivo Z1 Pro, hape ini bekerja dengan sokonganbaterai berkapasitas 5000 mAH. Vivo S1 sudah mendukung teknologi Fast Charging. Untuk mendapatkan Vivo S1 tipe RAM 4GB/ROM 64GB siapkan dana Rp 3,099.000 juta, sedangan varian RAM 6GB/ROM 128GB dilego dikisaran Rp 3.4 jutaan.

Kesimpulan
Walau ada sedikit perbedaan spesifikasi, baik Realme 3 Pro maupun Vivo Z1 Pro memiliki kualitas yang sama-sama OK. Keduanya, bisa dijadikan acuan jika kamu sedang mencari hape kelas menengah dengan performa mumpuni. Pilih Realme 3 Pro atau Vivo Z1 Pro? Semua tergantung selera dan tentunya dana yang tersedia di kantong!!

1 KOMENTAR