Realme 6, Hp Kelas Menengah Pertama dengan Layar Refresh Rate 90Hz

GadgetSquad.id – Sebelumnya layar dengan refresh rate 90Hz pertama kali diterapkan pada sang Hp kelas flagship seperti realme X2 Pro. Dan kini realme mulai membenamkan layar teknologi flagship pada smartphone kelas menengah dengan banderol harga yang terjangkau. Pada 24 Maret nanti, realme akan meluncurkan realme 6 dan realme 6 Pro yang menggunakan layar dengan refresh rate tinggi 90Hz. Dengan implementasi tersebut, realme menjadi merek smartphone pertama yang membawa layar refresh rate 90Hz kelas flagship ke segmen menengah.

realme 6

realme 6 dan realme 6 Pro akan menampilkan layar Ultra Smooth Display dengan refresh rate 90Hz. Seri ini adalah smartphone pertama di segmen kelas menengah yang memiliki layar refresh rate 90Hz di mana sebelumnya fitur ini hanya hadir pada smartphone flagship. Dibandingkan dengan layar 60Hz konvensional, layar realme 6 Series mampu menghadirkan pengalaman visual yang halus dan lebih baik di setiap sentuhan layar.

Layar Refresh Rate 90 Hz

Seiring perkembangan zaman, komponen smartphone terus maju dengan pesat. Tidak hanya dari segi kamera dan baterai, sektor layar juga mengalami peningkatan yang sangat cepat. Tentu saja, hal tersebut membuat pengguna lebih dimanjakan dengan tampilan layar yang lebih mendalam.

Padahal, layar adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah smartphone, tidak kalah penting dari kamera atau bahkan prosesor. Selain itu, layar memiliki fungsi untuk menampilkan visual pada smartphone ke mata pengguna. Layar juga berfungsi untuk menerjemahkan perintah dari pengguna ke smartphone.

Saat bekerja untuk menampilkan visual, layar smartphone sangat tergantung pada refresh rate (Hz). Refresh rate sendiri digunakan untuk menghitung seberapa cepat layar berkedip. Misalnya, layar smartphone dengan refresh rate 60Hz berarti dapat menampilkan 60 frame dalam satu detik. Singkatnya, semakin tinggi refresh rate, semakin halus antarmuka pada layar smartphone.

Secara umum, smartphone saat ini menggunakan layar dengan refresh rate 60Hz karena dianggap cukup untuk pengguna dan efisien untuk baterai. Namun akhir-akhir ini, beberapa vendor mulai melihat dan mengimplementasikan layar dengan refresh rate 90Hz untuk mewujudkan pengalaman yang mendalam saat pengguna menikmati konten multimedia di layar smartphone.

Beberapa alasan mengapa layar dengan refresh rate 90Hz mulai dipertimbangkan adalah karena kebutuhan game pengguna yang semakin tinggi. Apalagi di era mobile seperti sekarang, gamer memainkan lebih banyak game mobile di smartphone daripada game di perangkat lain. Dengan refresh rate yang tinggi, maka kontrol game melalui layar akan lebih lancar. Alasan lainnya adalah tampilan grafis yang lebih nyata saat memainkan game melaui smartphone dengan layar 90Hz.

Smartphone dengan layar 90Hz juga memiliki refresh rate 50% lebih tinggi dibandingkan dengan layar 60Hz konvensional, yang pada akhirnya menghasilkan pengalaman visual yang halus dan lebih cepat saat menggulirkan konten apapun di layar.