Samsung Galaxy A20 vs Realme 3 – Adu Hp Terbaru Harga Murah

0

Belakangan ini banyak Hp terbaru yang diluncurkan di Indonesia dengan harga murah. Ditambah lagi ternyata fitur yang dibawanya memiliki spesifikasi yang terbilang tinggi. Tampaknya persaingan ketat terjadi antar vendor di segmen Hp dengan harga terjangkau. Para vendor papan atas tampaknya juga tidak mau ketinggalan bersaing di segmen ini, bersaing dengan vendor lainnya.

Samsung Galaxy A20 vs Realme 3 a

Samsung misalnya, yang membombardir pasar smartphone dengan sederet Hp seri Galaxy A terbaru. Salah satunya seri Samsung Galaxy A20 yang mengincar kelas pemula atau entry level. Di mana Samsung Galaxy A20 dibanderol seharga Rp 2.299.000. Selain itu ada juga Realme, vendor baru ini pun tidak mau kalah dengan merilis Hp terbaru dengan harga terjangkau yaitu Realme 3 yang dijual seharga Rp1.999.000. Di antara keduanya mana yang paling layak dipilih sesuai kebutuhan kamu? Simpak perbandingannya berikut ini :

Baca juga : Jangan Salah Beli! Hp Realme 3 Ada 3 Varian

Desain

Bodi atau tampilan luarmenjadi salah satu penilain utama dalammenilai sebuah smartphone. Memang urusan cita rasa seperti desain itu relatif, maka kami akan bahas dari kualitas. Kedua Hp terbaru ini sama-sama menggunakan bahan bodi polikarbonat. Tapi kedua Hp ini mampu mengatasinya dengan tampilan yang glossy atau berkilau, sehingga terlihat tampil mewah.

Secara ukuran dimensi ketika dipegang, keduanya memiliki bentuk yang seukuran. Cukup besar jika dipegang dengan satu tangan tapi masih nyaman karena bentuk bodi belakang yang melengkung.

Bisa kami katakana realme 3 sedikit lebih unggul dalam masalah tampilan. Ini berkat kehadiran motif reflektif gradasi dua warna jika terkena pancaran cahaya. Sedangkan Samsung Galaxy A20 lebih memilih motif pantulan cermin. realme 3 tersedia dengan varian warna gradasi Dynamic Black, Radiant Blue. Samsung Galaxy A20 memiliki finishing satu warna saja dengan pilihan warna hitam dan biru.

Kamera

Samsung Galaxy A20 memilih memasangkan dua kamera di bodi belakang dengan resolusi 13 MPix + kamera lensa lebar 5 MPix. Dimana dual camera ini memiliki kemampuan untuk menangkap gambar dengan jangkauan yang lebih lebar dari tangkapan kamera pada umumnya. Melalui kamera di Samsung Galaxy A20 ini, pengguna leluasa dalam menangkap area gambar yang lebih luas tanpa harus mundur-mundur karena adanya lensa lebar.

Hanya saja terkadang untuk kemampuan foto bokehnya hasil foto terlihat kurang sempurna. Area blur atau buram pada foto bokeh terkadang menabrak objek focus utama. Apalagi jika pemotretan dilakukan di lingkungan cahaya rendah.

Realme 3 memilih berfokuske pada konfigurasi telefoto dengan mengusung dua kamera di bodi belakang masing-masing berresolusi 13 MPix + 2MPix. Realme 3 tidak memilki kemampuan menangkap area gambar yang luas. Namun hasil foto dengan mode bokeh terlihat lebih baik. Tambahan kamera kedua menjadikan kamera lebih rapih dalam mengukur dan membagi area mana yang harus diburamkan dan mana yang fokus.

Adanya tambahan mode Chroma Boost di Realme 3 menghasilkan gambar yang optimal, seperti rentang dinamis lebih besardan detail yang lebih tajam. Mode Nightspace juga membantu pengguna dalam menangkap keindahan malam hari dengan hasil foto yang tajam.

Untuk kamera depannya, Realme 3 lebih unggul karena memasang kamera depan beresolusi 13MP. Sedangkan Samsung Galaxy A20 resolusinya lebih rendah yaitu 8MP, meski hasil fotonya masih terbilang bagus.

Baca juga : 5 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A50, A30, A20 dan A10

Layar

Fitur layar juga menjadi poin pembanding. Samsung Galaxy A20 lebih unggul di sini karena menggunakan panel layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci rasio 19,5:9. Layar ini lebih besar dari realme 3 dengan ukuran layar 6,22 inci rasio 19:9 berpanel IPS LCD.

Super AMOLED mampu menampilkan tampilan warna layar yang lebih kontras ketimbang IPS LCD. Namun bisa dikatakan layar IPS LCSD lebih memanjakan mata. Apalagi layar Samsung A20 tidak memiliki sensor cahaya sehingga pengaturan tingkat kecerahannya tidak bisa otomatis.

Resolusi kedua layar masih berada di ketajaman resolusi HD+ (720 x 1560 piksel). Keduanya juga memiiki poni yang serupa yakni berbentuk tetesan air dengan ukuran yang kecil.

Performa

Samsung Galaxy A20 dibekali chip prosesor octa-core buatan Samsung yaitu Exynos 7884. Sedangkan realme 3 menggunakan prosesor octa-core MT6771 Helio P60. Keduanya dikombinasikan dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Untuk penggunaan sehari-hari, keduanya memberikan performa memuaskan. Tapi jika berbicara dalam bentuk skor benahmark menggunakan aplikasi AnTuTu benchmark, terlihat bahwa realme 3 lebih unggul dibandingkan Samsung Galaxy A20. Dimana realme 3 mendapatkan skor 133.261, sedangkan Samsung Galaxy A20 skornya 95.444.

Samsung Galaxy A20 vs Realme 3 b

Kesimpulan

Samsung Galaxy A20 dan realme 3 bisa dikatakan Hp terbaru yang  layak dimiliki. Hanya saja keduanya memiliki keunggulan tersendiri. Samsung Galaxy A20 bisa dibilang lebih cocok untuk pengguna yang lebih mementingkan tampilan tajam pada layar smartphone yaitu dengan panel layar Super AMOLED.  Selain itu Samsung Galaxy A20 juga memiliki kemampuan kamera wide angle.

Sedangkan realme 3 memberikan focus ke performa yang lebih baik. Selain itu kameranya juga unggul pada hasil foto efek bokeh lebih presisi. Dan jika faktor harga juga menjadi pertimbangan, maka realme 3 bisa dijadikan pilihan. Karena karena dengan selisih hampir tiga ratus ribu, kamu bisa memiliki Hpp  terbaru dengan performa mumpuni sekaligus kamera bokeh yang lebih baik.