Beranda Review Review ASUS TUF Gaming FX505DT: Laptop Gaming Murah Prosesor Ryzen dan Grafik...

Review ASUS TUF Gaming FX505DT: Laptop Gaming Murah Prosesor Ryzen dan Grafik Nvidia

0

Review ASUS TUF Gaming FX505DT_10

Review ASUS TUF Gaming FX505DTASUS TUF Gaming FX505DT merupakan laptop generasi penerus TUF Gaming sebelumnya. Berbeda dengan seri ROG (Republic of Gamers) yang fokus untuk memberikan spesifikasi tertinggi saat ini dan inovasi terbaru, TUF Gaming menawarkan pengalaman gaming sebaik mungkin dengan harga yang lebih terjangkau.

Sebagai produk terbaru, laptop ASUS TUF Gaming FX505DT ini sangat cocok untuk mereka yang ingin bermain dengan lancar, namun punya dana lebih terbatas.

Dengan harga mencapai Rp14.299.000 saat peluncurannya, seperti apakah kemampuan laptop ini?

Desain Ramping dan Tangguh

Dari segi desain, TUF Gaming FX505 memiliki bahasa desain seperti generasi sebelumnya, FX504, dengan sedikit perubahan. Bodinya dibuat lebih solid dan gahar. Bedanya bodi FX505DT kini lebih ramping. kini FX505DT memiliki bodi lebih geometris dan tidak memiliki banyak lengkungan. Desainnya bahkan lebih mendekati laptop gaming ROG yang pernah ASUS luncurkan beberapa tahun lalu.

Review ASUS TUF Gaming FX505DT_10

Baca juga: Laptop Asus ZenBook S UX392 Desain Elegan Sekaligus Powerful

Tampilan modern dan futuristik, bagian penutup layarnya hadir dengan desain heksagonal yang tampil dengan nuansa kokoh. Ada lambang huruf X di bagian penutup layarnya. Pada bagian ini dilapisi finishing metode brushed atau sand-blasted, serta tampil dengan pilihan warna Gunmetal Grey atau Black.

Walaupun terbuat dari bahan plastik, bodinya terasa sangat kokoh bahkan sudah mendapatkan sertifikasi MIL-STD-810G yang berarti tahan terhadap guncangan, suhu ekstrim, hingga radiasi.

Review ASUS TUF Gaming FX505DT_10

Penutup dengan potongan trapesium agar udara panas dapat dibuang dengan baik. Selain itu, ASUS juga menambahkan teknologi anti-dust cooling untuk menghindari debu menumpuk di sirip kipas serta sistem pendingin dual fan agar komponen dapat terus bekerja secara optimal.

Review ASUS TUF Gaming FX505DT_27

Secara keseluruhan desain dari TUF Gaming FX505DT cocok untuk para gamer lengkap dengan berbagai ciri khas perangkat gaming seperti RGB hingga logo ASUS yang menyala di bagian punggung tanpa nampak terlalu mencolok saat dalam kondisi mati.

Review ASUS TUF Gaming FX505DT_27

Baca juga: Laptop Asus Zenbook Flip UX362: Layar Putar 360 Derajat, Desain Tipis dan Bodi Kuat

Keyboard

Untuk keyboardnya sendiri, ASUS telah menerapkan konsep desain juga mirip dengan ASUS ROG Strix Hero II. Desain setiap tombol mempunyai sudut melengkung dan diantara tombolnya mempunyai ruang cukup lega sehingga membuat keyboard-nya lebih nyaman dan meminimalisir typo.

Review ASUS TUF Gaming FX505DT_16

Menariknya di laptop ini ASUS tingkatkan lampu backlit keyboard yang kali ini menawarkan warna RGB serta tombol WASD transparan. Menariknya lampu backlit RGB dapat diatur melalui aplikasi TUF Aura Core yang menyediakan beberapa pilihan preset mulai dari Static, Breathing, Color Cycle, dan Strobing.

Review ASUS TUF Gaming FX505DT_34

Untuk sebuah laptop gaming, tombol keyboard dari TUF Gaming FX505 terasa nyaman saat ditekan baik saat mengetik atau bermain game.

Review ASUS TUF Gaming FX505DT_20

Baca juga: Asus VivoBook A409 Laptop Terbaru Punya Chasis Bodi Kuat

Layar

Laptop ini membawa panel IPS yang mampu memproduksi warna akurat serta memiliki sudut pandang yang sangat baik.  Layar ASUS TUF Gaming FX505DT  memiliki 15.6 inci dari membuat penggunanya puas untuk man game atau mengedit video. Layar ini memiliki fitur refresh rate 120 Hz dengan response time 3ms, di mana kehebatan tersebut berada di frame yang sangat tipis.

Review ASUS TUF Gaming FX505DT_20

Tak hanya itu, layar yang sudah dilengkapi fasilitas anti-glare dan mampu memancarkan spektrum warna hingga 100% sRGB ini membuat pengalaman bermain game terasa lebih nyaman dan sangat penuh warna layaknya menggunakan ASUS ROG Strix Hero II.

Port

Untuk konektifitas, ASUS menyediakan sudah menawarkan beragam port, seperti dua buah USB-A 3.1, USB-A 2.0, HDMI, audio combo jack, dan RJ45 Ethernet port. Namun sayang, tidak ada port USB Type-C di laptop ini.

Review ASUS TUF Gaming FX505DT_20

Audio

Bersamaan dengan itu, ASUS juga memberikan kemampuan audio 7.1 virtual surround yang memungkinkan pengguna dapat mendengar dari mana arah suara berasal. Kombinasi ini membuat pengalaman bermain maupun konsumsi konten multimedia pada laptop ini menjadi lebih imersif.

Dengan harga mencapai Rp14.299.000 saat peluncurannya, seperti apakah kemampuan laptop ini?

Performa

Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen generasi terbaru, ASUS TUF Gaming FX505DT. Ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen Mobile Generasi Kedua Seri 3000, versi FX505DT merupakan menggunakan Ryzen 7 3750H yang hadir dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 4GHz.

Review ASUS TUF Gaming FX505DT_33

Baca juga: Asus Expert Series, Deretan Laptop dan PC untuk Pebisnis dan Profesional

Proseser tersebut dipadukan dengan kartu grafis GeForce GTX 1650 4GB GDDR5. Sedangkan memori atau RAM yang disematkan adalah 8 GB yang bisa di-upgrage lagi. Untuk bagian storage, FX505DT menggunakan 1 TB HDD SATA 2.5 inci.

Saat pengujian dengan Cinebench R15 prosesor multicore-nya mampu menghasilkan performa yang luar biasa. Di bagian single-core hasil pengujiannya juga tak kalah hebat, sehingga penggunaan yang fokus pada single-core seperti bermain video game tak akan menimbulkan kendala.

Kinerja

Sedangkan saat digunakan untuk main video game populer seperti CS:GO, laptop ini mampu menghasilkan frame rate yang cukup tinggi pada settingan rata kanan. Tidak hanya itu performanya juga terasa lebih unggul ketika bermain game dan editing video.

Didalamnya terdapat sistem pendingin yang diberi julukan HyperCool Pro dengan dua area pelepasan panas di jarak yang berjauhan. Fitur ini juga berfungsi untuk membuang semua debu yang masuk secara simultan, Jadi kotoran yang menumpuk di kipas sangat sedikit.

Hasilnya Saat dipakai untuk bermain game, laptop ini memiliki konfigurasi kipas yang bisa disesuaikan penggunanya. Sehingga bila sedang digunakan untuk bermain game maka penggunanya bisa mengatur kipas untuk memutar lebih kencang.

Untungnya dari segi panasnya perangkat, kenyamanan menggunakan laptop gaming ini sama sekali tidak terganggu, karena hawa panas yang dihasilkan dari laptop ini semua telah dihempaskan ke belakang.

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR