Review Moto E4 Plus: Baterai Awet, Spesifikasi Lebih Memikat

Review Moto E4 Plus: Baterai Awet, Spesifikasi Lebih Memikat

Jika Moto C Plus kamu pikir kurang dari seri spesifikasi, Motorola juga memiliki Moto E4 Plus yang juga kekuatan baterai dengan spesifikasi yang lebih mumpuni. Tambahkan budget pembelian smartphone kamu, Moto E4 Plus siap dijadikan smartphone kamu.

Bodi Bongsor dan Tebal

Memiliki baterai yang lebih besar, Moto E4 Plus sudah pasti bentuknya lebih bongsor dan berat. Saat dipegang bodinya terasa kokoh dan kauat apalagi fisiknya juga memiliki bodi yang tebal. Dibuat dengan sudut yang agak bulat membuat penguna lebih nyaman saat mengunakannya meski smartphone ini terbilang bongsor.

Menariknya Motorola mendesainnya dengan menggunakan water repellent nanocoating, berbda dengan sertifikasi IP 68 yang memilki ketahanan terhadap air, teknologi ini mampu menahan smartphone dari percikan air.

Tidak menggunakan konsep unibody, bodi belakang E4 Plus bisa dilepas, tapi baterai didalamnya tidak bisa dicopot. Lepasnya cover body bermanfaat untuk mengakses slot SIM card yang tersedia 2 slot. Selain itu didalamnya Motorola juga menyediakan slot microSD, sehingga pengguna masih dapat menggunakan slot SIM card dan kartu memori MicroSD.

Fingerprint

Moto E4 Plus meletakan panel sensor sidik jari di panel tombol sentuh home yang tersedia di bagian bawah layar. Tidak pertu ditekan seperti sebuah tombol, panel ini cukup disentuh untuk mengakses fingerprint scanner membuka lockscreeen.

Menariknya tidak seperti smartphone lain yang menggunaan tombol khusus atau tombol virtual untuk akses back dan recent apps. Di Moto E4 Plus ini cukup menggunakan gerakan gesture. Jika pengguna menyentuh panel dnegan menggeser kekiri maka berfungsi sebagai back, sedangkan pada arah sebaliknya panel akan berfungsi untuk membuka fungsi recent apps.

Soal performa, sensor fingerprint di Moto E4 Plus mampu mendeteksi sidik jari dengan baik. Responnya pun cukup cepat. Kamu juga bisa mendaftarkan hingga 5 sidik jari berbeda.

Layar Luas

Tidak hanya menghadirkan baterai dengan kapasitas besar, smartphone ini juga memiliki layar dengan luas yang cukup nyaman digunakan. Sayangnya Motorola hanya menghadirkan resolusi HD, yang seharusnya lebih baik juga menggunakan resolusi FullHD. Dengan begitu tampilan jadi lebih tajam dan enak dilihat

Namun begitu sejatinya dengan resolusi HD, pengguna masih dihadapkan dengan tampilan yang lumayan detail. Memiliki pancaran warnanya yang natural, smartphone ini bahkan masih nyaman digunakan baik didalam maupun diluar ruang.

Baca Juga: Video Hands On: Moto G5S Plus, Moto E4 Plus dan Moto C Plus

Yang menarik adalah layar E4 Plus masih dilapisi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3. Dengan lapisan ini, maka pengguna tidak perlu lagi menambahkannya dnegan laposan kaca lain, karena sudah terlindungi dengan goresan benda tajam. Tidak hanya itu, berkat lapisan oleophobic coating membuat E4 Plus tidak muah meninggalkan debu, cairan berminyak atau sidik jari.

Smartphone ini menjalankan OS Anroid 7.1.1 Nougat tanpa ada interface diatasnya. Jadi bisa dibilang dari sisi sistem operasinya ringan

Baterai Besar dan Fast Charging

Keunggulan dari E4 Plus adalah pada kapasitas baterai yang besar. Di Smartphone  ini Motorola membenamkan baterai dengan kapasitas besar, yakni 5000 mAh. Dengan baterai yang dimiliki E4 Plus mampu bertahan sekitar dua hari, dengan penggunaan stadart

Fitur kemampuan baterainya masih dibekali dengan teknologi fast charging. Jadi pengguna dapat mengisi daya baterai dengan cepat. Dan untuk dapat melakkan ini kamu harus menggunakan adapter charger yang tersedia pada paket penjualannya.

Kinerja

Dari sisi kinerja pnsel pintar ini menggunakan chipset prosesor yang sama persis dengan Moto E4 yaitu MediaTek MT6737 Quad-core 1.25GHz. Dengan dukungan RAM dan internal 32GB, performa yang didapatkan oleh ini smartphone ini terbilang cukup mumpuni.

Tidak hanya lancar, smartphone ini juga mampu menjalankan beragam aplikasi secara multitasking dengan normal dan tanpa kendala.  Begitu juga saat digunakan untuk bermain game, smartphone ini mampu melahap semua game sekelas asphalt8:airborne dengan lancar tanpa lag.

Kamera

Moto E4 Plus dibekali kamera belakang 13 megapiksel. Kamera utama Moto E4 Plus tetap menyertakan fasilitas standar. Didalamnya tersedia fitur HDR, pengaturan timer serta tambahan smile shot daan LED flash.

Hasil foto pada kamera utama ini memiliki detil gambar yang lumayan jelas. Menghasilkan gambar dengan memiliki tone warna dan saturasi yang baik. Asalkan kamu mengambillnya pada kondisi pencahayaan yang cukup baik.

 

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Moto E4 Plus

Moto E4 Plus menghadirkan Kamera depan beresolusi 5 megapiksel memiliki bukaan f/2.2 dengan 1.4 µm pixel size. Untuk sekadar selfie hasilnya cukup bagus apalagi didalamnya sudah menyediakan mode Beauty, sehingga bisa dimanfaatkan supaya foto terlihat lebih halus dan cantik. Kamera depan Moto E4 Plus ternyata dilengkapi pula dengan LED flash. Jadi, kamu nggak perlu khawatir jika ingin selfie pada kondisi minim cahaya.

Untuk yang hobi bikin video kamera ponsel ini bisa dimanfaatkan untuk merekam video dengan resolusi HD [email protected] Hasilnya lumayan bagus.

Moto E4 Plus

Konektivitas

Untuk fitur koneksi E4 Plus masih sudah mampu terhubung pada jaringan 4G/LTE di Indonesia. sedangkan media koneksi lain, E4 Plus menyertakan WiFi 802.11 b/g/n, WiFi hotspot, Bluetooth 4.2, GPS + GLONASS dan micro USB 2.0 serta fungsi OTG yang daapat membaca data/file dari flashdisk.

Dolby Atmos

Dari sisi performa suara, E4 Plus sudah membenamkan Dolby Atmos, sehingga kualitas suara terbilang cukup baik.