Review OPPO A15s – Bawa Upgrade dari Kembarannya

GadgetSquad.id – Menjelang akhir tahun 2020  OPPO Indonesia  meluncurkan Hp terbaru OPPO A15. Selang beberapa bulan kemudian, tepatnya di Februari 2021, OPPO kembali merilis seri ‘kembarannya’ yaitu OPPO A15s.

oppo A15s

Dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan pengguna, OPPO A15s hadir dengan membawa beberapa peningkatan spesifikasi fitur. Dan ini juga berpengaruh pada harganya yang agak lebih tinggi dibandingkan OPPO A15.

Desain

Dari sisi desain relatif tidak ada perubahan yang siginifikan. Ukuran bodi kedua Hp OPPO terbaru ini identik. Namun untuk bobotnya, ukuran berat OPPO A15s sedikit lebih tinggi 2 gram, yaitu 177 gram. Namun perbedaan itu tidak begitu terasa saat berada dalam genggaman tangan.

Bodi OPPO A15s juga tampil elegan dengan bodi belakang yang masih menggunakan kontur agak glossy. Meski terkesan glossy, bodi belakang ini tidak terlihat mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Baca juga : Review OPPO A15 – Harga 2 Juta Bawa Fitur Tak Terduga

OPPO A15 juga masih menganut lekukan bodi 3D curved body. Dimana desain ini membuat sekeliling bodi dibuat membulat sehingga terasa ergonomis saat digenggam. Di bagian bodi belakang terdapat triple camera beserta lampu flash. Selain itu juga disematkan sensor fingerprint berbentuk bulat.

Pada bagian kanan bodi smartphone ini terdapat tombol power berikut dengan tombol volume. Sedangkan di sisi kirinya disematkan port SIM card  dan memori card. Kamu bisa memasang 2 SIM card dan 1 memory eksternal hingga kapasitas 256GB. Pada bagian bodi bawahnya, terdapat port USB-C, speaker, lubang jack 3.5mm, dan lubang microphone.

Untuk pilihan warnanya, OPPO A15s juga tersedia dalam pilihan Dynamic Black. Hanya saja untuk pilihan warna lainnya, disediakan warna Mystery Blue, bereda dengan OPPO A15 yang menyediakan warna fancy white.

Kamera Artificial Intelligent

Untuk fitur kameranya, OPPO A15s juga dilengkapi tiga kamera di bodi belakangnya. Ketiga kamera ini terdiri dari kamera utama 13 Megapixel untuk menghasilkan foto yang tajam dan cerah. Kemudian ada ada kamera Makro 2 Megapixel, utnuk mengambil foto dengan jarak dekat (hingga 4cm) serta ada kamera Depth Sensor 2 Megapixel membuat foto dengan tampilan efek bokeh.

Yang menarik, kemampuan kamera depth sensor di Hp terbaru OPPO A15s ditingkatkan dengan fitur Portrait Bokeh. Fitur ini dapat menyajikan latar belakang blur tampil lebih natural dan juga dapat dipercantik dengan kehadiran 6 filter portrait yang unik.

Sama seperti tipe kembarannya, triple kamera di OPPO A15 juga karena sudah dilengkapi dengan fitur baru AI Scene Enhancement yang engkombinasikan fitur Dazzle Color dan AI Scene Recognition. Fitur ini membuat kamera dapat lebih pintar mengenali objek dengan melakukan optimasi pada 21 adegan berbeda. Tidak sampai di situ saja, kamera pada OPPO A15 juga dilengkapi dengan pilihan 15 filter foto yang stylish dan 10 filter untuk merekam video.

Baca juga : Review OPPO Reno5 : Di Balik Mewah Tampilannya, Ada Fitur Canggih Di Dalamnya

Beralih ke kamera depanya, OPPO A15s juga dibekali kamera berresolusi 8 Megapixel. Kamera untuk foto selfie ini juga dilengkapi dengan fitur AI Beautification yang dapat menyesuaikan foto selfie berdasarkan usia, jenis kelamin, warna kulit dan jenis kulit dari objek foto. Hasilnya foto selfie akan terlihat lebih natural dan tidak berlebihan.

Layar Luas

Sama dengan tipe kembarannya, OPPO A15s juga dilengkapi dengan layar berukuran luas, 6.52 inci, yang juga menjadi salah satu keunggulannya. Layar ini juga masih memiliki desain waterdrop atau ‘tetesan air’ bagian atas layarnya yang menjadi tempat untuk menyematkan kamera depan. Layar ini memiliki rasio layar ke bodi sebesar 89%, makanya terlihat layar memiliki dengan bezel yang tipis.

Layar OPPO A15s terlihat mampu menampilkan gambar yang tajam. Ini tidak lepas dari layar yang beresolusi 1600 x720 pixel (HD+ ), serta frame rate yang mencapai 60Hz. Layar ini juga dilengkapi dengan fitur Eye Comfort Filter yang berfungsi mengurangi kelelahan mata akibat menatap layar dalam waktu lama.

Layar di Hp terbaru OPPO ini juga sudah dilapisi Gorilla Glass 3 yang membuatnya tahan terhadap goresan benda keras dan tajam sekalipun. Jadi lebih aman dalam menggunakan Hp terbaru OPPO ini.

Performa

Soal performanya, OPPO A15s masih disokong prosesor Mediatek Helio P35. Dan sama seperti di seri A15, prosesor ini mampu memberikan performa tinggi sambil tetap menghadirkan daya tahan baterai. Performa OPPO A15s juga didukung RAM 3GB. Ketika dicoba menjalankan berbagai aplikasi, termasuk untuk bermain game online, Hp OPPO ini mampu menjalankannya dengan lancar.

Perbedaan tampak pada kapasitas memori internalnya lebih besar dari tipe kembarannya. OPPO A15s dibekali dengan ruang peyimpanan di Hp sebesar 64GB, lebih lapang dibandingkan A15 yang berkapasitas 32 GB. Selain itu juga masih bisa ditambah dengan disediakannya slot memori eksternal yang juga bisa ditambah hingga kapasitas 256GB.

Baca juga : Review OPPO Reno4 F – Desain Menawan Fitur Kamera Jadi Jagoan

Selain OPPO A15s juga dilengkapi dengan fitur Memory Defragmentation 2.0 yang dapat meningkatkan performa keseluruhan perangkat sebesar 5 %. Nah, buat yang doyan main game onine, Hp OPPO terbaru ini juga disokong fitur HyperBoost 2.1 yang mengkombinasikan FrameBoost dan TouchBoost yang membuat performa Hp gaming yang lebih lancar.

oppo A15s

Tidak sampai di situ, performa OPPO A15 bisa berjalan mulus berkat sistem operasi ColorOS 7.2 yang diadopsi. Apalagi sistem operasi ini membawa berbagai fitur menarik seperti Dark Mode untuk membuat tampilan user interface berlatar belakang hitam.

Ada juga 3-finger Scolling Screenshot yang mendukung mode horizontal dan tangkapan dokumen PDF. Selain itu ada fitur Icon Pull-Down Gesture yang mempermudah navigasi pada layar besar. Serta ada Smart Sidebar yang dapat memberikan akses cepat pada aplikasi essensial yang sering digunakan.

Dan yang tidak kalah penting, daya tahan hidup OPPO A15s juga disokong dengan baterai berkapasitas besar, 4230mAH. Saat digunakan untuk berbagai macam aktivitas, akses sosmed, menonton film streaming hingga bermain game online, Hp OPPO terbaru ini mampu bertahan seharian penuh dari mulai kondisi baterai full.

Spesifikasi dan Harga

OPPO A15 OPPO A15s
Processor Mediatek Helio P35 Mediatek Helio P35
Dsiplay 6.52 inci TFT-LCDscreen, HD+ 1520 x 720 resolution, Gorilla Glass 3 6.52 inci TFT-LCDscreen, HD+ 1520 x 720 resolution, Gorilla Glass 3
RAM / ROM 3GB / 32 GB (Expandable up to 256GB) 3GB / 64 GB (Expandable up to 256GB)
Main Camera 13MP F/2.2 (main camera) + 2MP F/2.4 (portrait) + 2MP F/2.4 (macro) 13MP F/2.2 (main camera) + 2MP F/2.4 (portrait) + 2MP F/2.4 (macro)
Front Camera 8MP F/2.0 (front camera) 8MP F/2.0 (front camera)
Battery & Charging 4230mAh Battery & 5V2A Charging 4230mAh Battery & 5V2A Charging
Charging ColorOS 7.2  based Android 10 ColorOS 7.2  based Android 10
Color Dynamic Black & Fancy White Dynamic Black & Mystery Blue
Harga Rp 1.999.000 Rp 2.299.000