Review OPPO Reno4 F – Desain Menawan Fitur Kamera Jadi Jagoan

GadgetSquad.idOPPO Indonesia kembali meluncurkan smartphone terbarunya, yaitu OPPO Reno4 F. Sebelumnya OPPO sudah lebih dulu merilis tipe OPPO Reno4 dan OPPO Reno4 Pro. Adanya penambahan huruf ‘F’ pada smartphone terbaru OPPO ini sekaligus menjadi ciri dan pembedanya. Huruf ‘F’ yang merupakan singkatan dari ‘Fashion’ menegaskan bahwa smartphone ini menunggulkan desain yang fashionable, selain tentunya keandalan berbagai fitur di dalamnya.

OPPO Reno4 F

sponsored

OPPO  Reno4 F hadir dengan menyasar target market anak muda. Tak heran jika tampilan desainnya menjadi salah satu unggulan. Selain itu tentunya fitur kamera juga menjadi fitur jagoan. OPPO Reno4 F dilengkapi kamera dengan fitur berbasisikan teknologi Artificial Intelligence.

Bodi Tipis Tampil Elegan

Pertama kali melihat OPPO Reno4 F cukup terkesima dengan tampilan warnanya. Kebetulan GadgetSquad mereview yang warna Mate Black. OPPO Reno4 F tampil dengan bodi berpenampilan Shiny Matte, dimana bodi belakangnya dilapisi dengan lapisan anti sidik jari, menggunakan teknik lapisan optik baru. Lapisan ini jika terkena transmisi pantulan cahaya akan menghasilkan warna yang bervariasi saat ponsel digenggam pada sudut yang berbeda. Terutama untuk pilihan warna bodi Metalic White, akan terlihat perubahan warnanya.

Baca juga : OPPO Reno4 Resmi Dijual Rp4.999.000, Ini Fitur Unggulannya!

Tidak hanya tampilannya saja yang memukau, bodi OPPO Reno4 F juga memberikan rasa nyaman saat menggenggamnya. Terasa bodinya berukuran tipis dan cukup ringan. Ketebalannya hanya 7.48mm dan beratnya Cuma  164 gram. Bodi Reno4 F ini cukup ramping dan nyaman dimasukkan ke dalam saku. Jika dibandingkan dengan Reno4 yang memiliki ketebalan 7.7mm, maka Reno4 F lebih tipis 0.22mm.

Smartphone dengan bodi tipis sering kali menghasilkan sudut yang tajam pada tepian frame. Ini dapat mengganggu kenyamanan saat digenggam. Untuk mengatasi hal ini, menurut info yang didapat, desainer OPPO menggunakan teknik desain dengan tepi membulat pada sudut 220°. Ini menghasilkan tepian bodi dengan tampilan sisi yang tipis sekaligus memberikan kenyamanan digengam dengan satu tangan.

Layar Super AMOLED

Beralih ke bagian layarnya, OPPO Reno4 F memiliki layar dengan desain Dual Punch-Hole, yaitu pada bagian pojok atas kiri layar tersemat dua lubang kamera depan. Layar ini menampilkan diameter kamera unik yang tampil lebih kecil, hanya 3,7mm. Dengan begitu dapat lebih banyak memberikan luar layar yang lapang sehingga terasa lebih puas dalam menikmati konten yang tampil di layar.

Layarnya sendiri memiliki ukuran diagonal 16,34cm. Apalagi sudah didukung dengan jenis layar Super Amoled berresolusi Full HD+. Pantas saja tampilan gambar di layar terlihat tajam, baik itu saat melihat foto, menonton video hingga bermain game online. Begitu juga ketika dibawa ke kondisi di bawah bawah sinar matahari langsung, tampilan layar masih terlihat jelas.

Layar OPPO Reno4 F juga menjadi tempat untuk menyematkan scan sidik jari atau disebut In-Display Fingerprint Unlock 3.0. Di versi terbaru ini kemampuan fingerprint ini mampu membuka layar terkunci hanya membutuhkan waktu 0.3 detik.

Kamera Artificial Intelligence

Fitur kamera menjadi fitur andalan lainnya dari OPPO Reno4 F. Ini dibuktikan dengan membawa 4 kamera di bodi belakang. Desain keempat lensa kameranya pun dirancang cukup artistik dalam satu bingkai berbentuk kotak persegi.

Keempat kamera di OPPO Reno4 F terdiri dari kamera 48MP Main Camera F1.8, ½” + 8MP Wide Angle Camera F2.2, 1/4” + 2MP Mono Camera F2.4, 1/5” dan 2M Mono Camera F2.4, 1/5” . Tidak hanya itu, untuk kamera depannya sudah disematkan dual-camera yang terdiri dari kamera 16MP Main Camera F2.4, 1/3” + 2MP Depth Camera F2.4, 1/5”.

Salah satu kehebatan kamera di OPPO Reno4 F yaitu dilengkapi dengan beberapa fitur berbasiskan teknologi Artificial Intelligence (AI). Salah satunya yaitu AI Color Portrait Mode yang bisa melakukan pengisolasian warna pada foto, membuat latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga objek manusia dalam warna yang sebenarnya. Fitur ini menampilkan warna yang sangat jelas dan kontras sehingga membuat hasil foto terlihat seperti sebuah karya seni yang akan menjadi tren di kalangan anak muda.

Baca juga : OPPO Reno4 Pro Rilis di Indonesia Seharga Rp7,9 Juta, Ini Istimewanya!

Ada juga fitur AI Super Night Portrait, fitur ini bsia menghasilkan foto selfie yang jernih bahkan di malam hari. Cocok untuk mengambil foto selfie pada kondisi temaram seperti di dalam sebuah bar atau di bawah lampu penerangan jalan. Didesain untuk kondisi cahaya rendah, Reno4 F menggabungkan serangkaian algoritma AI termasuk HDR, yang secara instan menangkap dan menggabungkan beberapa frame pada berbagai tingkat pencahayaan; pengenalan wajah, dan penekanan highlight, yang mencerahkan foto potret tanpa mengekspos latar belakang secara berlebihan, untuk menghasilkan bidikan potret yang lebih cerah, lebih jelas, dan berkualitas lebih baik di malam hari.

OPPO Reno4 F (5)

Kamera di OPPO Reno4 F juga dilengkapi AI Night Flare Portrait. Fitur ini akan menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian background (latar belakang) objek foto orang. AI Night Flare Portrait menggabungkan efek bokeh dan algoritma HDR pada pencahayaan rendah untuk mencerahkan foto di lingkungan dengan cahaya redup, sekaligus menambahkan efek latar belakang bokeh. Efek ini akan terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu perkotaan, yang membuat objek foto tampil lebih cerah.

Selanjutnya ada fitur AI Super Clear Potrait akan meningkatkan detail pada saat mengambil foto potret. Reno4 F menggunakan teknologi rekonstruksi wajah yang dilengkapi degan sebuah kecerdasan buatan dan teknologi deep learning yang membuat detail wajah seperti alis dapat ditingkatkan atau direkonstruksi untuk memastikan foto potret yang lebih jelas. Ada juga fitur AI beautification generasi ke-2, yang telah disesuaikan untuk preferensi kecantikan dengan mempertahankan warna kulit alami tanpa menghilangkan detail.

Tidak ketinggalan kemampuan menghasilkan foto dengan efek bokeh. Bahkan kemampuan kamera di OPPO Reno4 F ini mampu menghasilkan foto bokeh dengan banyak orang dalam satu frame. Hebatnya lagi, efek bokeh ini juga bisa diterapkan pada perekaman video.

Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, OPPO Reno4 F dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 4.000 mAh. Ketika dicoba untuk pemakaian normal, seperti buka akun sosmed, nonton video YouTube, nonton streaming film hingga bermain game online, kapasitas baterai di OPPO Reno4 F sanggup bertahan seharian penuh.

Menariknya, smartphone terbaru OPPO ini memperkenalkan cara baru untuk mengoptimalkan masa pakai baterai. Yaitu dengan fitur AI Night Charging yang akan  mengatur pengisian baterai smartphone di mana tepat ketika bangun baterai 100%. Cara kerjanya dengan memanfaatkan teknologi AI Learning untuk mempelajari kebiasaan tidur pengguna, jadi pengisian baterai akan diatur dimana 20% sisanya akan dilakukan pada 90 menit sebelum pengguna banging tidur. Dengan begitu akan melindungi dari kerusakan akibat pengisian daya yang kelamaan.

OPPO Reno4 F (6)

Kemudian saat siang hari ketika kondisi pengguna tidak membawa charger atau powerbank ada fitur Super Power Saving Mode yang dapat mengoptimalkan 5% masa pakai baterai dengan mengubah layar menadi hitam dan putih, dah hanya menjalankan hanya enam aplikasi yang telah ditentukan.

Sebagai contoh ketika dalam kondisi baterai 5% maka pengguna masih bsia membuak aplikasi Grab selama 77 menit, bisa menelpin selama 70 menit, bisa membuka Google Maps selama 52 menit, bisa menggunakan SMS selama 49 menit atau bisa menggunakan WhatsApp selama 35 menit.  Tidak ketinggalan adanya fitur 18W Fast charging yang ketika butuh untuk men-charge baterai OPPO Reno4 F dengan cepat, maka hal itu bisa dilakukan.

Performa

Untuk performanya, OPPO Reno4 F ditenagai prosesor a MediaTek Helio P95 AI 2.2Ghz dengan 8 Cores. Selain itu juga didukung 8GB RAM dan 128GB memori. Kapasitas memori ini bisa ditingkatkan hingga menjadi 512GB dengan memori eksternal.

Performa OPPO Reno4 F juga disokong teknologi Anti-Lagging Algorithm, hal ini membuat cara kerja Reno4 F semakin cepat. Terasa sih, ketika dicoba untuk membuak beberapa aplikasi sekaligus (multitasking) dan juga membuka aplikasi berat, seperti game online, tidak terasa tersendat. OPPO Reno4 F ini sanggup menjalankannya dengan lancar.

Kinerja OPPO Reno4 F juga didukung dari sisi software. Di mana smartphone OPPO terbaru ini mengadopsi ColorOS 7 berbasiskan Android 10. Selain memberikan performa yang lebih lancar, ada beberapa fitur baru yang dibawa ColorOS7. Salah satunya desain tampilan user interface dari ikon-ikon aplikasi. Pengguna bisa mengkustomisasi tampilan UI-nya, bisa juga dengan memilih desain UI yang sudah disediakan. Pengguna juga bisa mengatur ukuran, bentuk dan posisi ikon aplikasi pada layar Homescreen.

OPPO Reno4 F (4)

ColorOS 7 juga membawa fitur Multi -User Mode yang menyediakan 5 pilihan User Mode yang sudah disediakan. Dengan begitu bisa menjaga berbagai files atau data pribadi dari penggunaan orang lain, misalnya ketika smartphone digunakan oleh anaknya. Kelima pilihan User Mode ini memiliki level akses yang berbeda (user, sub-user, visitor). Dan tiap user mode bisa diamankan dengan penggunaan password.

ColorOS 7 juga menyertakan fitur Screen Image Engine (OSIE)  Ultra Clear Visual Effect. Ini adalah fitur buatan  OPPO sendiri yang berguna untuk meningkatkan saturasi dan kontras dari video yang berasal  dari aplikasi lain. Dengan begitu tampilan video akan tetap terlihat tajam.

Selain itu ada juga fitur High-bandwidth Digital Content Protection (HDCP) yang memungkinkan OPPO Reno4 F bisa mentransmisikan video HD (dengan copyright) ke layar besar. Ini berguna bagi kamu yang suka menonton film di Netflix HD lalu ingin di-cast ke layar yang lebih luas.

Harga OPPO Reno4 F

OPPO Reno4 F hadir di Indonesia dalam dua pilihan warna, Metallic White dan Matte Black.  Pemesanan perangkat ini akan berlangsung 12 hingga 16 Oktober 2020 melalui store.oppo.com/id, maupun jaringan luring OPPO Store. Konsumen yang memesan perangkat ini selama periode Pre-Order akan mendapatkan hadiah langsung berupa Giftbox OASE LP01 senilai Rp 800.000, Telkomsel TAU Entertaiment Special Bundling Package hingga 70GB. OPPO Reno4 F akan dijual perdana pada 17 Oktober 2020 dengan harga Rp 4.299.000.

Spesifikasi OPPO Reno4 F

Dimensi & Ketebalan Dimensions:7.48mm x 73.8mm x 160.1mm

Weight: 164g

Layar 16.34cm Dual Punch-hole Display

2400×1080 pixels; FHD+ Super AMOLED

60HZ Refresh Rate; 20:9 Screen Ratio

90.7% Screen to Body Ratio; 408 PPI

Gorilla Glass 3+

Prosesor MKT Helio P95 
RAM 8GB
Penyimpanan Internal 128GB (Dapat diperluas hingga 512GB dengan MicroSD)
Baterai 4000mAh*
Pengisian Daya 18W Fast Charging
Sensor Sidik Jari In-Display Fingerprint 3.0
Kamera Utama 48MP Main(F1.8)1/2” Sensor 

8MP Wide Angle(F2.2)1/4” Sensor 

2MP Mono(F2.4) 1/5” Sensor 

2MP Depth Camera(F2.4)1/5” Sensor

Kamera Depan 16MP Main Camera(F2.4)1/3” Sensor 

2MP Depth Camera(F2.4)1/5” Sensor

Jaringan 4G, VoLTE
Sitem Operasi ColorOS 7.2 based on Android 10
Warna Matte Black & Metallic White 
Harga Rp. 4.299.000