Review OPPO A74 5G : Hape 5G Termurah di Indonesia Nan Bertenaga!!

GadgetSquad.ID – Sejati teknologi komunikasi generasi kelima atau sering disebut 5G, belum tersedia secara komersil di Indonesia. Sejauh ini keberadaan koneksi 5G di Indonesia, baru sebatas ujicoba yang dilakukan pihak vendor maupun operator. Tapi, kondisi tersebut tidak membuat perkembangan ekositem 5G di Indonesia tersendat

Saat ini perlahan para vendor mulai gencar menggoda konsumen dengan produk 5G. Nah, salah satu vendor paling agresif dalam mengembangkan ekosistem 5G di Tanah Air, menurut GadgetSquad adalah OPPO. Teranyar, OPPO baru saja merilis OPPO A74 5G.

Ini adalah kali pertama OPPO merilis hape 5G dari keluarga seri “A”. Selain itu OPPO A74 5G juga diklaim menjadi hp 5G termurah saat ini di Tanah Air. Tapi apakah hanya 5G dan harga murah yang jadi daya tarik OPPO A74 5G? Biar kamu gak penasaran, berikut ini ulasan lengkapnya.

Desain
Tanpa banyak basa-basi, desain akan menjadi titik awal eksplorasi GadgetSquad terhadap OPPO A74 5G. “Kekinian”, satu kata tersebut menurut GadgetSquad sudah cukup menggambarkan sisi desain OPPO A74 5G. Hape terbaru OPPO ini memang nampak kekinian dengan tampilan bodi belakang yang glowing.

Material bodi belakangnya memang hanya menggunakan plastik, namun pihak OPPO tetap bisa menghadirkan tampilan hape yang berkelas. OPPO memperkenalkan konsep Warm Tech didasarkan pada tekstur matte namun dapat merefleksikan warna kilau metalik yang mengilap, namun dengan gradasi warna halus dan bebas silau.

OPPO A74 5G hadir dalam dua pilihan warna cemerlang yaitu Fluid Black dan Space Silver. Fluid Black menggunakan proses dip dye coating untuk memberikan efek gradasi hitam secara halus dan elegan. Sementara warna Space Silver hadir dalam sentuhan akhir matte dengan gradasi warna perak yang halus.

Saat digenggam, sangat terasa jika hape ini memiliki rancang bangun yang proporsional. Dari data yang didapat, perangkat ini memiliki desain ramping dengan ketebalan bodi 8,42mm dan berat 190 gram. Penutup baterainya memiliki desain 3D curved, yang menimbulkan kesan tipis dan modern.

Penutup ini memiliki ketebalan 0,55mm, sedangkan layarnya dapat membuang panas melalui kehadiran pelat grafit setipis 0,1mm. Ukuran bodi yang pas, membuat hp ini nyaman saat digenggam dan tidak mengganggu mobilitas jika diletak dalam saku celana.

Pada bagian sisi-sisinya, di sektor kanan kamu akan menemukan tombol power yang juga sebagai panel sendor sidik jari. Ketika diuji, sensor sidik jarinya terbilang responsif. Untuk membuka layar, hanya butuh waktu tidak lebih dari 1 detik.

Pada area berlawanan, terdapat tombol volume sekaligus port dual sim card dan eksternal memori. Sedangkan di sisi bagian bawah, tertanam corong speaker, port jack audio 3.5mm dan port charger type C.

Secara umum, tampilan fisik OPPO A74 5G sudah sangat memuaskan. Kalau pun ada sedikit nilai minus, karena bodi belakangnya glowing, OPPO A74 5G jadi mudah terlihat kotor oleh sidik jari. Beruntung dalam paket pembelian sudah tersedia soft case.

Layar
Masih dari segi eksterior, kali ini giliran Layar yang coba GadgetSquad ulik. OPPO A74 5G menawarkan layar LCD 90Hz Hyper Color Screen berukuran 6.49 inci. Layarnya sendiri berkonsep single punch hole dengan resolusi FHD, serta rasio 90,5%.

Teknologi layar Hyper-color, membuat kamu dapat melihat foto dan video lebih cerah dan jernih, gambar akan ditampilkan dalam saturasi dan akurasi warna yang lebih tajam dibandingkan dengan lini seri A sebelumnya.

Guna memberikan respons sentuhan yang lebih baik terutama saat digunakan bermain game atau berselancar di laman media sosial, layar OPPO A74 5G sudah memiliki kecepatan refresh rate 90Hz dan 180Hz touch sampling rate

Tak cukup sampai disitu, agar pandangan kamu lebih nyaman saat harus menatap layar OPPO A74 5G dalam jangka waktu lama. Layar OPPO A74 5G dilengkapi dengan fitur All-day AI Eye Comfort. Fitur ini yang akan mengurangi cahaya biru pada layar guna mencegah ketegangan pada mata.

Tertanam juga teknologi Sunlight Screen menawarkan visibilitas terbaik, untuk layar smartphone saat berada di bawah sinar matahari terik. Moonlight Screen yang secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari.

Semakin berkelas, AI Backlight dapat mempelajari kebiasaan pengguna saat menyesuaikan lampu latar dan merekam kecerahan yang disukai pengguna. Setelahnya, fitur ini dapat menyesuaikan kecerahan layar sesuai preferensi dan waktu yang dipelajari dari pengguna secara otomatis.

Semua teknologi tersebut, menurut GadgetSquad berkerja sangat baik. Selama dieksplor layar hape ini begitu responsif, gambar yang tersaji pun nampak begitu natural, membuat mata ini cepat lelah saat harus menatap layar dalam waktu lama.

Konektivitas Cerdas 5G
OPPO A74 5G menjadi perangkat pertama di Indonesia, yang mengusung platform Qualcomm® Snapdragon ™ 480 5G. Prosesor tersebut yang menghadirkan peningkatan 100% dibanding generasi sebelumnya. Platform Qualcomm® Snapdragon ™ 480 5G, menghadirkan 2 x 2.0 GHz ARM Cortex-A76 CPU dan 6 x 1.8 GHz ARM Cortex-A55.

Keberadaan prosesor tersebut membuat OPPO A74 5G, bisa menikmati koneksi cepat ala 5G. Sebagai contoh, keberadaan prosesor ini membuat OPPO A74 5G dapat mengunduh film atau file penting hanya dalam waktu hitungan detik.

Menariknya lagi, OPPO A74 5G dapat mengakses mode ganda 5G. Dimana hape ini bisa mengakses koneksi 5G di jaringan Standalone (SA) dan Non-Standalone (NSA). Kondisi tersebut, memudahkan pengguna untuk tetap dapat menggunakan ponsel, setelah operator beralih ke jaringan SA tanpa harus membeli perangkat baru.

Untuk mengurangi panas berlebihan ketika digunakan pada jaringan 5G, OPPO A74 5G dilengkapi Multi-Cooling System dengan menggunakan beberapa tabung grafit tebal. Sistem ini membuat pembuangan panas lebih efisien sekaligus memungkinkan OPPO A74 5G untuk mengontrol suhu secara mandiri.

Tapi sekali lagi perlu diketahui, lantaran koneksi 5G di Indonesia masih sebatas uji coba. Alhasil demi menghormati peraturan yang ada, koneksi 5G hape terbaru OPPO statusnya masih 5G ready.

Namun bisa dipastikan, saat teknologi komunikasi generasi kelima itu sudah komersil di Indonesia, otomatis koneksi 5G di OPPO A74 5G akan langsung aktif. Kamu pun seketika itu juga bisa menimkati kecanggihan dan kenyaman, berinteraksi dengan dukungan koneksi 5G.

Dapur Pacu
Agar manuvernya semakin stabil, selain dibekali chipset Qualcomm® Snapdragon ™ 480 5G, komposisi dapur pacu hape ini sudah dipersenjatai RAM 6GB LPDDR4X, serta penyimpanan internal 128GB dan slot eksternal microSD. Dapur pacu OPPO A74 5G semakin lengkap dengan keberadaan teknologi grafis GPU 650 MHz Adreno 619.

Saat diuji dengan berbagai aktivitas multitasking, mulai dari yang bersifat kerjaan hingga hiburan, performa hape ini begitu memuaskan. Ketika digeber bermain gim CODM mobile secara stimultan, manuver OPPO A74 5G sangat gesit dalam menuntaskan misi.

Secara umum selama pengujian GadgetSquad tidak merasakan leg, padahal perlu dicatat koneksi 5G di OPPO A74 5G belum aktif. Dalam kondisi koneksi 5G belum aktif, performa OPPO A74 5G sudah memuaskan. Apalagi jika nanti sudah aktif, dijamin performa OPPO A74 5G bakal semakin ngacir.

Kamera
Beralih ke soal kamera. Sudah menjadi rahasia umum, OPPO selama ini menjadi salah satu vendor yang sangat perhatian dengan fitur kamera. Baik itu hape segmen menengah, hingga level flagship, OPPO selalu berusaha memberikan fitur kamera terbaik sesuai dengan levelnya.

Bagaimana dengan OPPO A74 5G?

Untuk merekam momen kebersamaan, OPPO A74 5G didukung dengan 48MP AI Quad Camera yang mencakup kamera utama 48MP, kamera sudut lebar 8MP, kamera hitam-putih (mono) 2MP, dan kamera makro 2MP serta kamera depan 16MP untuk mengambil swafoto.

Kamera utama memiliki resolusi 48MP yang memberikan kemampuan resolusi gambar sangat tinggi. Lensa utamanya juga menggunakan algoritma resolusi super guna menghasilkan 108MP Ultra-Clear Image dengan kejernihan setingkat retina.

Fitur AI Scene Enhancement 2.0 akan mencerahkan, serta meningkatkan bidikan dengan mengenali setiap skenario dan menyesuaikan saturasi warna dan kontras. Kesemuanya dilakukan internal di dalam OPPO A74 5G, tanpa post-processing dengan bantuan perangkat lunak pihak ketiga.

Fitur AI Beautification pada perangkat ini dapat mengidentifikasi wajah kemudian mempercantik riasan pengguna sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Ultra-Night Mode hadir untuk mengakomodasi kebutuhan pengambilan foto pada malam hari.

Terdapat juga teknologi Stylishing Filters mewadahi 15 filter untuk meningkatkan warna atau untuk mencerahkan kulit. Dari komposisi yang diusung, OPPO A74 5G memang memiliki teknologi imaging yang menjanjikan untuk bersaing di levelnya.

Bagaimana dengan kualitasnya? ketika GadgetSquad mengabadikan gambar dengan kondisi cahaya normal, baik itu di dalam maupun di luar ruangan, kualitas fotonya memuaskan. Respon kamera dalam merekan berbagai momen penting juga begitu cepat, semua fitur juag berfungsi dengan baik.

Ketika diuji mengambil gambar pada cahaya minim, GadgetSquad sangat terbantu dengan kehadiran mode Ultra-Night Mode. Saat mode Ultra-Night Mode, kamera OPPO A74 5G tetap bisa menghasilkan foto yang tajam dengan tingkat noise yang minim.

Selain mampu menghasilkan foto berkualitas, OPPO A74 5G juga bisa diandalankan saat dimaksimalkan untuk membuat konten video. Hape ini mampu merekam gambar bergerak dengan kualitas 1080p. Menu pendukung pada fasilitas video juga sudah lengkap, mulai dari yang standar, hingga kemampuan merekam gambar slo-mo.

Fitur tambahan
OPPO A74 5G hadir dengan platfrom ColorOS 11.1, berbasis Android 11. Platfrom ColorOS 11.1, memboyong berbagai menu menarik yang mampu memberi rasa nyaman, kepada setiap pengguna OPPO A74 5G. Seperti fitur Assistant Privacy, yang dapat menjaga data pribadi dan privasi agar tetap bersih dan aman.

Ada juga menu Idle Time Optimizer yang secara otomatis, dapat menganalisis ponsel terhadap spam atau file sampah dan membersihkannya saat malam hari, sehingga keesokan paginya perangkat berjalan lancar. Sementara itu, menu Private Safe akan menyimpan file data dengan aman di OPPO HeyCloud.

Untuk kamu yang suka berbagi atau meminjamkan ponsel kepada teman dan keluarga, tetapi khawatir akan data pribadi, hape ini memiliki menu App Lock. Aplikasi keamanan ini memastikan pengguna dapat leluasa meminjamkan perangkat tanpa memberikan informasi pribadi.

Sementara itu, fitur Screencast Privacy Shield berguna memblokir pesan dan pemberitahuan sensitif agar tidak ditampilkan ketika perangkat dihubungkan ke layar presentasi.

Baterai
Untuk memenuhi kebutuhan daya di era konektivitas 5G, OPPO A74 5G dilengkapi dengan baterai besar 5000MAh. Saat diuji dengan pemakaian normal, baterai 5000 mAh tersebut, mampu membuat OPPO A74 5G aktif seharian penuh.

OPPO A74 5G menyertakan fitur Battery Guard, yang menyesuaikan pengisian daya berdasarkan kebiasaan tidur pengguna dan memastikan ponsel tidak menjadi panas saat mengisi daya sehingga lebih aman. All-around Smart Power Saving pada OPPO A75 5G akan membantu melakukan penghematan daya.

Berbekal Super Power Saving Mode, OPPO A74 5G dapat menerapkan serangkaian strategi penghematan daya termasuk menyesuaikan lampu latar, mengurangi penggunaan CPU, dan menerapkan serangkaian opsi manajemen daya.

Ada juga fasilitas, Super Nighttime Standby, fitur ini mempelajari kebiasaan tidur pengguna sehingga hanya 2% daya ponsel yang dikonsumsi pada malam hari dalam siklus tidur 8 jam. OPPO juga melengkapi perangkat ini dengan pengisian daya Fast Charging 18W, yang dapat mengisi daya ponsel 68% hanya dalam waktu 60 menit.

Harga dan ketersedian
Dari awal sudah digaungkan jika OPPO A74 5G, sebagai hape berteknologi termurah saat ini. Klaim OPPO tersebut benar adanya, pasalnya harga jual OPPO A74 5G hanya 3.699.000. Perlu diketahui, saat ini rata-rata hape 5G yang beredar di Indonesia, nilai jualnya bisa di atas 5 jutaan. OPPO A74 5G hanya akan dijual secara daring melalui Shopee.co.id mulai 23 April 2021.

Kesimpulan
Saat vendor lain berlomba-lomba menghadirkan hape dengan spek dewa yang diklaim “buas”, OPPO justru melakukan sebuah manuver dengan merilis OPPO A74 5G. Seri OPPO A74 5G siap memanjakan setiap penggunanya dengan teknologi masa depan, dalam hal ini koneksi 5G.

Selain itu OPPO A74 5G, juga menjadi jawaban kepada konsumen yang ingin membeli hp 5G tapi terkendala masalah harga. Cukup membeli OPPO A74 5G yang dilego 3 jutaan, kamu bisa menatap masa dengan kecepatan dan kecanggihan, teknologi komunikasi generasi kelima atau 5G.

So..saatnya kamu menuju era nya 5G!!!