Review OPPO Reno3 Pro: Slim Body, Fitur Kamera Mumpuni

Selain Reno3, OPPO Reno3 Pro kini hadir di Indonesia. Menggunakan embel-embel nama Pro, HP ini memiliki performa yang lebih unggul dibandingkan versi biasa. Seperti apa reviewnya, berikut adalah penjelasannya.

Desain

Dari sisi desain, hp Pro seri OPPO Reno3 punya tampilan agak berbeda sama versi biasa. Hp ini tampil lebih minimalis dengan bentuk di bagian bodinya yang membulat. Untuk layar dari hp ini menggunakan diameter 6,4 inci. Lebar bodinya juga kerasa pas dan nyaman saat digenggam yang didukung bobotnya yang tidak terlalu berat dan terbilang slim.

Pada bagian depan dan belakang OPPO membekali Hp ini dengan corning gorilla glass generasi ke 5 dengan metal frame yang bikin keliatan premium. Pada bagian belakang OPPO mendesain quad kameranya dengan cara yang simple dibandingkan dengan quad kamera smartphone pada umumnya.

Memiliki kualitas rancang bangun yang sangat baik, OPPO Reno3 Pro tersedia dalam dua warna pilihan, warna midnight black dan Sky White.

Layar

Pada kebagian layarnya, pengguna yang suka nonton pasti akan dimanjakan karena di hp ini sudah menyediakan Netflix HD Certification untuk memutar video berkualitas tinggi 1080p.

Selain itu juga kualitas layar didukung dengan hadirnya layar Super AMOLED Full HD+ yang membuat mata tidak gampang capek meski berlama-lama melihat layar hp.
Menariknya layar ini udah dibekali dengan TUV Rheinland Low Blue Light Certification yang bisa menyaring cahaya biru untuk ngelindungin mata penggunanya dengan mengaktifkan mode Eye Protection.

Untuk fitur keamanan, selain face Unlock OPPO Reno3 pro juga udah dilengkapi sama fitur fingerprint di layar. Fitur Fingerprint saat digunakan sangat cepat dan akurat karna didukung dengan teknologi Hiden Fingerprint Unlock 3.0 yang bisa melakukan unlock layar hanya dalam waktu 0,34 detik aja.

Performa & Fitur

Pada bagian performa, OPPO Reno3 Pro dibekali dengan prosesor MediaTek Helio P95. Prosesor ini mengutamakan efisiensi baterai tanpa mengorbankan performa dan pengalaman pengguna, dan juga tetap memberikan fitur-fitur multimedia dan konektivitas mumpuni. Selain itu, Helio P95, MediaTek lebih fokus pada kinerja AI processing unit yang baru serta pengalaman gaming yang lebih baik.

Selain itu untuk juga mendukung performanya, OPPO Reno3 Pro hadir dengan kapasitas RAM 8GB dengan ROM 256GB. Jika kurang, kamu bisa menaksimalkan melalui slot MicroSD yang ada di sebelah kiri bodi, yang bisa di upgrade hingga 256GB.

Ngomongin soal operasi sistemnya, OPPO Reno3 Pro dilengkapi dengan sistem operasi baru, ColorOS 7 berbasis Android 10. Di Color OS terbaru ini memiliki dengan tampilan desain UI yang lebih minimalis, bentuk ikonnya juga dirombak jadi lebih elegan, mudah digunakan, dan selain itu juga udah ada difitur Dark Mode.

Setelah dicoba OPPO Reno3 pro dalam beberapa hari untuk dijadikan daily driver, performa bisa dibilang bisa diandalkan buat kebutuhan multi tasking dan gaming.

Saat dicoba memainkan game Call Of Duty mobile tidak ditemukan adanya adanya lag dan game juga cukup lancar bisa dimaenin dengan settingan grafik dan frame ratenya high. Apalagi kehadiran GPU PowerVR GM9446 di hp ini cukup memberikan visual yang real dengan detail gambar yang cukup baik.

Selain itu, buat kamu yang suka maen game mobile oppo juga punya fitur andalan yang bisa memanjakan para gamer. Seperti fitur fitur Boost 2.0, yang berfungsi mengoptimalkan dan efektif merespons games supaya berjalan lebih cepat.

Selain itu ada juga fitur Game Space yaitu aplikasi rancangan oppo yang memungkinkan untuk menyimpan lebih dari 50 game. Ada juga fitur Game Assistant dimana fitur ini bisa membantu memaksimalkan saat maen game dengan lancar supaya bebas dari gangguan notifikasi ataupun telpon masuk.

Saat test beberapa kali dengan mengunakan aplikasi antutu bechmark, OPPO Reno3 Pro bisa meraih score di angka 200 ribuan.

Kamera

Masuk kebagian kamera yang jadi nilai jual utama, OPPO Reno3 Pro hadir dengan kamera selfie dengan resolusi 44 MP dan 2 MP untuk depth sensornya. Secara desain sangat berbeda dengan seri reno3 dengan desain dew drop.

Desain kedua punch-hole ini bukan hanya merupakan keunggulan dari Reno3 pro sendiri, tapi juga sekaligus jadi hp pertama oppo yang menggunakan desain ini pada kamera selfienya.

Soal fitur kameranya, untuk penggemar selfie sangat diakomodasi. Karena sudah memiliki fitur yang lengkap, mulai dari AI Beauty Mode, Portrait, dan Ultra Night Selfie untuk mengoptimalkan pengambilan foto selfie di ruangan minim cahaya.

HP ini juga bisa diandalkan buat yang suka bikin konten Vlog. Salah satunya dengan fitur video bokeh. Dengan mode ini kamu bisa buat video yang terlihat artistik dan lebih profesional.

Tidak hanya kamera depannya yang oke, kamera belakangnya juga lebih mumpuni. Kamera utama OPPO Reno3 Pro didukung dengan 4 kamera yang terdiri dari 13 MP dengan aperture f/2.4 untuk lensa telephoto, 64 MP dengan aperture f/1.79, 8 MP aperture f/2.4 lensa wide angle dan 2 MP dengan aperture f/2.2 untuk depth sensornya.

Keberadaan empat kamera ini ngejadiin Reno3 Pro perangkat yang ideal untuk memotret di berbagai kondisi.

Selain itu OPPO punya fitur 108 MP Ultra Clear Image melalui lensa utama untuk mengambil gambar dengan resolusi yang sangat tinggi yang ngehasilin foto dengan tampilan yang tajam dan tanpa kehilangan detail. Cara untuk mengaktifkan fiturnya, yang pertama caranya kamu bisa memilih menu kamera, kemudian pilih more terus pilih expert mode dan pilih menu XHD.

Selain itu, kalo tadi ada fitur bokeh di kamera depan, hal tersebut belaku juga buat kamera belakangnya. Menariknya tingkat bokehnya juga bisa kalian atur sesuai dengan selera kalian supaya keliatan lebih artistik dan menarik.

Kemudian ada aplikasi SOLOOP terbilang cukup mencuri perhatian karena merupakan sebuah aplikasi video editor yang secara khusus hadir dan telah terinstal langsung di hp ini.

Sebagai aplikasi video editor, SOLOOP memungkinkan kamu untuk dapat mengedit video mentah yang diambil menggunakan Reno3 Pro ini menjadi sebuah video menarik yang siap untuk diunggah ke media sosial.

Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, OPPO Reno3 Pro punya kapasitas Baterai 4.025 mAh yang udah di dukung dengan teknologi VOOC Flash Charge 4.0 yang memungkinkan pengisian daya hingga 30W.

Setelah ditest dengan penggunaan standar agak berat, hp ini bisa bertahan selama satu hari dengan sekali pengisian daya. Jika dari pagi baterai ke isi penuh. pada malam harinya hanya nyisa belasan persen aja. Tapi tenang, kamu bisa menikmati pengisian daya cepat dengan VOOC Flash Charge 4.0 nya yang diklaim bisa mengisi daya baterai sampe 50 persen dalam waktu 20 menit aja. jadi guys daya pengisian 5Volt 6Amper ini bisa diandalkan untuk ngecharge baterai yang dengan cepat.