Review realme 6 Pro: 6 Camera, Pro Display

Hari ini realme secara resmi meluncurkan produk barunya realme 6 Series. Kali ini GadgetSquad mendapatkan kesempatan untuk melakukan review untuk salah satu produknya, yakni realme 6 Pro.

realme 6 Pro sejatinya bukan merupakan upgrade dari realme 5 Pro, akan tetapi smartphone ini adalah upgrade dari smartphone sebelumnya yakni realme XT.

Keunggulan dari smatphone ini adalah dari sisi kamera dan layar yang mumpuni. Apa saja fitur lengkapnya dan bagaimana kemampuan dari realme 6 Pro ini? Berikut adalah review lengkapnya.

Desain

Pertama-tama kita bahas soal desainnya. Smarthpone ini dibentuk dengan desain seperti sebuah kilat yang apik mewujudkan rasa seni yang inovatif, Dikombinasikan dengan warna merah dan hitam dengan desain kilat merah penuh kekuatan.

realme telah menerapkan teknologi cetak offset UV-curing untuk pertama kalinya. Ratusan penyesuaian ulang telah dilakukan untuk pada akhirnya mencapai desain pola kilat realme 6 Pro dengan lapisan yang kaya dan tekstur yang elegan.

realme 6 Pro menghadirkan pemindai sidik jari dibagian sisi bodi untuk pertama kalinya yang dengan cerdas menggabungkan tombol daya dan modul pengenalan sidik jari.

Dengan sistem pengenalan kapasitif, tinggal satu tekan, maka dapat membuka ponsel secara instan dan juga memberikan keamanan lebih baik.

Desain realme 6 Pro juga dibentuk dengan tiga lapisan tahan air untuk menjamin kualitas dari dalam ke luar.

Dimana pada lapisan satu adalah lem desain tahan air. Lem anti air yang digunakan di realme ini berfungsi untuk melindungi menempatkan semua komponen kecil diletakkan di dalam ponsel, sehingga semuanya di bawah perlindungan.

Pada lapisan dua realme menggunakan desain silikon gel tahan air. Lubang dan celah pada ponsel sangat penting dalam desain anti air, Karena dapat mencegah air agar tidak masuk melalui lubang earphone dan antarmuka USB sangat penting untuk menjaga seluruh ponsel aman dari air. Gel silikon ini digunakan untuk menutup semua lubang ini.

Lalu pada lapisan ketiga menggunakan desain cincin tahan air. Selain lubang, celah juga penting dalam desain tahan air. realme mengatasi masalah ini dengan melingkari semua slot kartu SIM, penutup baterai, dan konektor komponen dengan cincin kedap busa guna perlindungan.

realme 6 Pro dilengkapi dengan slot 3-kartu untuk dua kartu Nano SIM dan satu kartu Mikro SD (hingga 256GB). Slot ini tersedia di sebelah kiri bodi. realme 6 Pro ini sendiri sejatinya sudah memiliki varian memori 8GB + 128GB.

Tampilan 90Hz Ultra Smooth Display

Dari sisi tampilan, realme 6 Pro layar 6.6 inci Fullscreen dengan resolusi FHD+ Layar ini memiliki Ultra Smooth Display 90Hz dengan refresh rate 90Hz dan laju pengambilan sampel 120Hz.

Baca juga: Realme 6, Hp Kelas Menengah Pertama dengan Layar Refresh Rate 90Hz

Mampu menghasilkan 90 frame per detik, layar 90Hz memiliki refresh rate 50% lebih tinggi bila dibandingkan dengan layar 60Hz konvensional, menghasilkan pengalaman visual yang mulus dan halus dengan setiap guliran layar.

Dengan rasio screen-to-body yang luar biasa, realme 6 Pro menghadirkan pengalaman visual tertinggi bagi kamu.

Layar ini dilengkapi dengan rasio 20:9, rasio screen-to-body 90,6%, dengan kecerahan 480nits. Tidak hanya menampilkan tampilan yang bagus, realme juga melapisi layarnya dengan oleh Corning Gorilla Glass 5 untuk perlindungan yang lebih baik.

Baca juga: Catat Tanggalnya, Realme 6 Series Akan Meluncur 24 Maret 2020

Layar ini memiliki efek Cahaya Punch-hole. Tepi kamera akan menyala saat menggunakan face unlock atau kamera depan.

Layarnya sudah dilangkapi dengan pelindung mata, yakni mendukung fungsi penyesuaian suhu warna layar, dengan menaikkan suhu warna layar untuk mengurangi radiasi cahaya biru layar, untuk mencegah ketegangan mata. Dapat diatur waktu secara otomatis untuk mengaktifkan.

realme 6 Pro juga memiliki Mode Warna Kustom yang Mendukung penyesuaian mode warna layar, mendukung dua mode tampilan warna. Dalam mode Vivid, tampilan akan berada dalam gamut warna P3, tampilan dan nuansa yang sebenarnya lebih cantik, dan dalam mode Gentle, tampilan akan berada dalam gamut warna sRGB, dan tampilan warna lebih polos dan real.

Selain itu ada juga fitur OSIE. Fitur ini untuk Mendukung fungsi efek visual super jelas OSIE. Efek visual super jernih meningkatkan kejernihan tampilan video, intensitas warna, menjadikan penglihatan keseluruhan lebih luar biasa. Pertajam setiap bingkai untuk meningkatkan kejernihan gambar; Sesuaikan kontras gambar untuk meningkatkan visual gambar; Sesuaikan histogram gambar untuk meningkatkan jangkauan dinamis gambar; Optimalkan rona dan saturasi setiap piksel dengan pemasangan polinomial untuk membuat keseluruhan gambar lebih dekat dengan apa yang dilihat mata manusia dan lebih dari apa yang dilihat mata manusia.

Interface

User interface realme 6 pro menggunakan interface berbasis pada Android 10, dibangun dengan baik untuk pengalaman Android yang lebih baik dan lebih dekat dengan native.

UI dirancang dengan mengingat preferensi dan estetika konsumen muda. realme UI akan berjalan mulus dan menyenangkan untuk digunakan. Di realme 6 Pro, lebih banyak fitur terbaru yang dibawa ke smartphone mainstream ini.

Salah satu keungulan dari interface ini adalah kategorisasi foto dan video dengan Cerdas. Fitur ini secara otomatis mengenali dan mengelompokkan file media anda. Menggunakan 84 label untuk mengelompokkannya dengan rapi demi pencarian cepat. Dengannya akan memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna untuk fotografi harian.

Selain itu bisa juga melakukan personalisasi Video dengan Sleek Template. Yakni dengan memilih hanya foto dan video berkualitas terbaik. Pilih dari beberapa template yang ramping untuk menyempurnakan video yang dibuat sebelumnya.
Kinerja

realme 6 Pro merupakan smartphone pertama di dunia yang diluncurkan dengan Snapdragon 720G. Prosesor ini dibuat menggunakan proses produksi 8nm yang canggih, menjadikannya lebih kuat dan efisien. Prosesor ini dilengkapi dengan CPU Kryo 465 dengan dua core Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.3GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 1.8GHz, bersama dengan GPU Adreno 618 baru, yang sama dengan Snapdragon 730G .

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Snapdragon 720G memiliki peningkatan kinerja CPU 10%, peningkatan kinerja GPU 75% dan peningkatan kinerja AIE 120%.
Dengan begitu kamu yang suka main game jadi lebih lancar tanpa ada kendala. Seperti yang kami coba saat memakainya untuk main game PUBG Mobile, smartphone ini bisa menjalanka dengan lancar dan tidan nge-lag.

Smartphone ini juga dibekali dengan kemampuan flash charge 30W Flash Charge yang baru ditingkatkan. Dengan fitur ini baterai 4300mAh yang dimilikinya jadi dapat terisi penuh dalam waktu 60 menit saja. Dan hanya dalam 30 menit, dapat mengisi hampir 70%. Bahkan saat bermain game yang berat, 30W Flash Charge dapat mengisi daya hingga 62% hanya dalam 60 menit. realme 6 Pro juga mendukung pengisian daya 15W PD, menjadikannya lebih fleksibel.

Dengan algoritma pengisian yang dikembangkan untuk realme 6 Pro mencakup lima lapisan perlindungan keamanan dan memberikan perlindungan keamanan tingkat perangkat keras untuk seluruh proses pengisian.

6 Kamera dengan 16MP Dual In-display Selfie

realme 6 Pro bisa dibilang sebagai The Most Powerful 6 Camera Phone. Kenapa karena sudah dilengkapi dual selfie camera dengan kamera utama 16MP Sony wide-angle IMX471 + 8MP 105° kamera super wide-angle. Rentang pemotretan 2.5 kali dari sebelumnya dan dengan Edge Deformity Correction, dan dapat mengenali wajah serta secara otomatis mengoptimalkan kontur wajah ketika Anda memotret di tepi foto.

  Pada saat yang sama, kedua kamera ini juga memiliki keunggulan yang lebih luas dalam berbagai kasus dengan mendukung HDR dan super portrait Nightscape Selfie.

Dalam hal video, kombinasi dari dua kamera depan juga menjadikan kamera video selfie paling kuat saat ini. Jika kamu ingin membuat foto portrait, cukup aktifkan Portrait Mode untuk merekam video, kamu bisa mendapatkan efek video bokeh real-time. Kamera depan realme 6 Pro turut mendukung Perekaman Video Slo-Mo 1080p / 120fps.

Untuk kamera belakang realme 6 Pro menawarkan set-up kamera ultra-jernih terbaru, terdiri dari kamera utama 64MP, lensa telefoto 12MP 20x Hybrid Zoom, ultra wide-angle 8MP 119°, dan lensa makro.

Kamera ini  menggunakan sensor Samsung ISOCELL GW1: kamera utama realme 6 Pro dilengkapi sensor Samsung GW1 64MP 1/1,72 inci, aperture besar f/1,8, dan lensa 6P.

Kamera ini ditanamkan mekanisme 4-in-1 pixel binning cerdas Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel 1,6μm besar, meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil bahkan dalam pengaturan cahaya rendah dan menampilkan berbagai detail dengan kaya.

Lensa ultra wide-angle 119°: Dengan aperture f/2.3, resolusi 8MP, pengguna tidak perlu mundur untuk mengambil bidikan sempurna berkat lensa ultra-wide angle ini dengan bidang pandang 119°. Hanya satu klik yang diperlukan untuk beralih ke mode ultra-wide, memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar lanskap, arsitektur, dan grup yang lebih menakjubkan.

Hingga 20X Hybrid Zoom: Dengan aperture besar f/2.5 dan dukungan PDAF, lensa hybrid optical zoom 2X 12MP dapat mencapai zoom hybrid hingga 20X.

Ada juga lensa ultra-macro memungkinkan pengguna lebih dekat dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm.

Didalam kamera tersedia fitur Nightscape 2.0, Nightscape 3.0 ditingkatkan dengan mode tripod dan Mode Ultra Nightscape.

Mode Tripod merupakan mode dimana kamu bisa mendapatkan hingga 50 detik super long exposure dan mengambil foto pemandangan malam yang lebih profesional dengan bantuan tripod fotografi. Dengan begitu kamu bisa dapat mengambil bidikan malam yang jauh lebih baik.

Sedangkan Mode Ultra Nightscape: realme telah menambahkan Ultra Nightscape untuk membantu Anda menangkap adegan malam nyata. Bahkan di lingkungan cahaya rendah 1 Lux, dapat mengambil gambar malam yang jelas, cerah, dan berkualitas tinggi.

Kamera depan dan belakang realme 6 Pro mendukung beragam fitur video trendi dan menyenangkan. Dengan adanya Stabilisasi Video UIS, Video Ultra Wide-angle, Video Efek Bokeh Real-time serta perekaman video 1080P / 120fps slo-mo.

Pada kamera belakang tersedia fitur seperti stabilisasi Video UIS, stabilisasi Video Max UIS, Video Ultra Wide-angle, Video Efek Bokeh Real-time, Perekaman video 4K / 30fps dan Perekaman video slo-mo 1080P / 120fps.

Fitur lainnya

Untuk fitur multimedia realme 6 Pro hadir dengan dual speaker super linier. Perangkat ini mendukung Dolby Atmos dan Hi-Res Sound Quality yang menembus batas audio demi pengalaman mendengarkan yang lebih baik.realme 6 Pro mendukung L1 + L5 GPS frekuensi ganda. Dibandingkan dengan ponsel yang hanya mendukung satu pita frekuensi GPS, realme 6 Pro dapat memberikan layanan pemosisian yang lebih tepat di kota-kota ketika Anda menggunakan layanan navigasi. Fitur ini juga mendukung layanan pemosisian NaVIC.