Review Realme 7i : Masternya Hape Kelas Menengah

GadgetSquad.ID – Dalam gelaran bertajuk “realme Brand Conference 2020” yang dihelat pada ajang IFA 2020, realme memperlihatkan jika sepak terjangnya tak bisa dianggap remeh. Sebagai vendor pendatang baru, perlahan tapi pasti bisnis realme di dunia teknologi terus mengurita.

Pada kesempatan tersebut, Sky Li, Founder dan CEO realme Global, mengatakan, sebagai perusahaan internasional, realme berkomitmen untuk terus menghadirkan produk berkualitas dengan performa dan desain terdepan, sehingga menciptakan kehidupan yang cerdas dari brand tech trendsetting.

sponsored

Ucapan Sky Li tersebut nampaknya bukan omong kosong belaka, setidaknya hal ini berlaku untuk pasar Indonesia. Respon positif konsumen di Tanah Air, membuat Indonesia memiliki tempat spesial bagi realme. Ini dibuktikan realme dengan merilis hp terbarunya yakni seri realme 7i, secara global pertama kali di Indonesia.

Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia, menuturkan, jika realme Number Series menjadi tolak ukur baru dan berkualitas di segmen kelas menengah, alhasil kehadirannya begitu dinantikan oleh realme Fans. Apakah realme 7i bisa kembali sukses seperti seri terdahulunya?

Sebelum kamu jatuh cinta kepada hp berslogan “64MP Power Master” ini, kuy simak dulu review lengkap realme 7i berikut!!!

Desain
Untuk kesekian kalinya, GadgetSquad dibuat jatuh cinta dengan desain hp terbaru realme. Seperti beberapa seri realme yang belum lama ini rilis, dimana tampil begitu menggoda dengan desain cover belakang yang ikonik. Kondisi serupa juga GadgetSquad temui, saat kali pertama melihat desain belakang realme 7i.

Bodi belakang realme 7i begitu menggoda, kebetulan unit yang GadgetSquad uji kali ini berwarna dasar Polar Blue. Gradasi warna biru dan putih, nampak begitu segar dipandang mata. Terinspirasi dari ruang kaca di alam, seri realme 7i menghadirkan desain cermin yang cemerlang.

Terdapat garis pemisah ikonik pada seri realme 7i dengan arah diagonal, membagi realme 7i menjadi dua bagian. Dan ketika sinar cahaya menerpa bodi belakang realme 7i, terlihat tekstur matte di bagian bawah membentuk kontras yang sangat tajam, namun tetap terlihat harmonis dan seimbang

Bodi belakangnya sendiri memang berkilau, namun menariknya realme 7i tidak licin saat digenggam, sidik jari pun ditidak mudah menempel di area belakang. Ini tentu menjadi nilai tambahan bagi realme 7i di sektor desain.

Layar
Masih dari sisi eksterior, kali ini GadgetSquad mencoba mengulik keunggulan realme 7i pada area layar. realme 7i ditanamkan layar berukuran 6,5 inci. Ukurannya sendiri terbilang standar, namun hal ini justru membuat layar realme 7i masih sangat nyaman dioperasikan dengan satu tangan.

Terlepas dari masalah ukuran, realme mampu mengembangkan layar hp ini dengan konsep dan teknologi yang kekinian. Seperti layar dengan rasio 20:9, disokong resolusi HD+ 1600×720 pixel, plus tingkat kecerahan 600nits, hingga 90% rasio layar-ke-badan.

Tidak cukup sampai disitu, saat diesplor lebih jauh layar realme 7i memiliki senjata lain.

Yup, layar realme 7i memiliki refresh rate 90Hz Ultra Smooth. Teknologi tersebut, membuat layar realme 7i memiliki kecepatan refresh 50%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan tampilan 60Hz konvensional

Ketika diuji lebih jauh, semua teknologi yang dimiliki layar realme 7i mampu berkolaborasi dengan baik, sehingga menghasilkan pengalaman visual yang mulus dan mulus dengan setiap gesekan layar.

Kamera
Mengusung slogan 64MP Power Master, membuat GagdetSquad tancap gas dengan langsung mengeksplor kamera realme 7i. Hp ini mengusung 4 kamera yang tertanam di bodi belakang.

Ke-4 kamera dengan kompsisi lensa utama 64MP, optik ultra wide 8MP, plus lensa makro dan lensa potret B&W masing-masing 2MP, dijamin membuat naluri fotografi kamu membuncah, untuk segera mengeksplor ketangguhannya.

modus normal

Ketika GadgetSquad mengabadikan berbagai momen dari balik lensa kamera realme 7i, kualitas bidikannya menjanjikan. Kamera utamanya memiliki kemampuan pendeteksi cahaya luar biasa, alhasil saat mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya, kualitas fotonya masih terbilang tajam.

modus normal minim cahaya

Saat mencoba mengabadikan foto-foto landscape, optik ultra wide 8MP di kamera realme 7i, memiliki bukaan f/2.2, serta mengambil gambar dengan sudut pandang 119°. Cukup satu kali klik, GadgetSquad dapat mengambil gambar lanskap, arsitektur dan grup besar dengan hasil yang menakjubkan.

modus macro

Jangan lupakan juga dengan lensa macro dan B&W, kedua optik tersebut bukan sekedar kamera pelengkap. Kualitas bidikan lensa macro dan B&W terbilang memuaskan, sehingga mampu memberi sentuhan berbeda pada fitur kamera realme 7i.

bokeh

Sedikit tips, saat mengambil gambar macro, untuk hasil yang masimal sebaiknya pastikan jarak antara objek dan lensa radiusnya 4CM. Buat kamu yang suka night fotografi, kamera realme 7i memiliki tiga filter malam paling populer: Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold.

mode malam

Filter Malam yang ada di fitur Nightscape, memberikan pengalaman foto malam yang lebih menarik dan menjadikannya lebih kreatif untuk foto minim cahaya. Terdapat juga Mode 64MP Ultra-Jelas. Pada menu ini realme mengembangkan algoritma definisi ultra-tinggi, hasilnya, kualitas bidikan realme 7i menjadi begitu jernih.

Sensasi mengeksplor menu imaging di realme 7i, tidak berhenti pada kamera belakang saja. Untuk memuaskan hasrat swa foto, realme 7i dipersenjatai kamera 16MP dengan bukaan F2.1. Kamera depannya sendiri menggunakan sensor Sony IMX471, mendukung mode kecantikan pintar dan lainnya. Kamera depan juga mendukung HDR dan Stabilisasi EIS.

Dari hasil eksplorasi, fitur dan kualitas bidikan realme 7i bisa membuat hp ini menjadi “kuda hitam”, untuk bersaing dengan kompetitor di kelas menengah hingga menengah ke atas.

Fitur tambahan
Fitur dan kualitas kamera realme 7i memang begitu menggoda untuk diesksplor lebih jauh, hanya saja tak hanya menu imaging yang menjadi daya tarik hape. realme 7i juga sudah dipersanjatai berbagai menu pendukung, yang menjadikannya tidak kalah dengan kompetitor di kelasnya.

Salah satu yang menarik perhatian, realme 7i sudah memiliki menu keamanan nan lengkap, mulai dari pemindai sidik jari hingga pengenalan wajah. Kedua teknologi keamanan itu bekerja sangat baik saat diuji. Fasilitas menarik lainnya, adalah masih tertanamnya port jack audio 3.5mm.

Port jack audio 3.5mm yang bersifat universal, membuat kamu lebih bebas menambahkan perangkat audio tambahan sesuai dengan selera. Fasilitas lainnya, dari info yang didapat, semua lubang di realme 7i kedap air, karena realme menyegel lubang dengan pelindung silikon, secara efektif mencegah percikan.

Hal lain yang perlu diketahui, hape ini sudah tersedia 3 slot kartu. Dua slot untuk menempatkan sim card 1 dan 2, sedangkan satu slot lagi digunakan untuk menambahkan kartu memori eksternal. Selebihnya fitur tambahan yang dimiliki realme 7i, sudah standar dengan teknologi kekinian.

Dapur pacu
Selama mengeksplor realme 7i, GadgetSquad tidak banyak menemui hambatan. Contohnya saat memaksimalkam realme 7i sebagai sarana hiburan, GadgetSquad mengujinya dengan menonton streaming film kualitas HD, hingga bermain gim mobile berkonsep RFS seperti CODM serta PUGB, performa hp ini lancar jaya.

Tidak hanya itu, ketika menggeber kamera realme 7i untuk memuaskan hasrat fotografi, hingga memaksimalkan hp ini sebagai perangkat untuk membantu aktivitas pekerjaan, kinerjanya tidak mengecewakan.

Kenyamanan GadgetSquad kala mengeksplor realme 7i, tidak lepas dari komposisi dapur pacu yang diusung jagoan terbaru realme ini. Dapur pacu realme 7i dikomandoi Snapdragon 662, yang nota bene salah satu chipset terbaik untuk bersaing di kelas menengah.

Chipset ini dibuat dengan menggunakan proses 11nm, sehingga lebih bertenaga dan efisien. Snapdragon 662 juga dilengkapi dengan struktur Kryo 260 di CPU dan Adreno 610 GPU. Dengan kombinasi LPDDR4x dan UFS 2.1, realme 7i menghadirkan pengalaman yang mulus bagi pengguna.

Perlu diketahui chipset Snapdragon 662, memberikan power yang cukup untuk bermain game dan penggunaan sehari-hari. Hal lain yang membuat kinerja realme 7i memuaskan selama pengujian, tidak lepas dari teknologi yang mendampingi chipset Snapdragon 662.

Yup, merujuk permintaan realme fans yang menginginkan hp kelas menengah, tapi dibekali komposisi dapur pacu bertenaga. realme akhirnya menduetkan chipset Snapdragon 662 di seri 7i dengan RAM besar berukuran 8GB, plus internal memori 128GB.

Konfigurasi memori yang besar yakni 8GB+128GB, plus chipset Snapdragon 662 tak ayal membuat realme 7i, punya performa begitu menjanjikan untuk bersaing di level menengah.

Baterai dan harga
realme 7i memiliki baterai masif 5000 mAh yang dapat digunakan untuk menikmati penggunaan nonstop, kapan pun kamu mau. Berdasarkan pengujian realme Lab, realme 7i dapat bertahan selama 34 hari dalam mode siaga, bahkan jauh lebih baik dari pada beberapa flagship lainnya.

Klaim pihak realme terkait baterai ternyata bukan sekedar ucapan belaka. Ketika GadgetSquad menguji daya tahan realme 7i secara ekstrem dengan bermain game, menonton film dan aktivitas lainnya selama kurang lebih 2 jam, baterai hape ini hanya berkurang sekitar 5% dari kondisi awal 100%.

Awetnye catu daya realme 7i, tidak lepas dari berbagai teknologi tambahan yang disematkan realme. Baterai 5000 mAh memang menjadi pondasinya, hanya saja pihak realme menambahkan App Quick Freeze, Screen Battery Optimization, Power Saving Mode, hingga Super Power Saving Mode.

Dengan berbagai teknologi tersebut, tak heran daya tahan realme 7i menjadi lebih awet. Menariknya lagi, realme memiliki reverse charge OTG khusus yang sangat berguna di saat darurat. Selain itu realme 7i dilengkapi dengan 18W Quick Charge, saat diuji butuh 30 menit untuk mengisi sampai 33%.

Berbicara harga, satu hal yang perlu diketahui seri 7i di plot realme untuk bersaing di kelas menengah. Karenanya walau dianugerahi sederet teknologi mumpuni, realme 7i tetap dilego dengan harga bersahabat. Untuk mendapatkan realme 7i, hape ini dilego pada kisaran 3 jutaan.

Kesimpulan
Merujuk dari slogan yang diusung, yakni “64MP Power Master” mungkin kamu akan berfikir keunggulan realme 7i, lebih ke sektor kamera dan daya tahan. Anggapan tersebut tidak salah, hanya saja dari hasil eksplorasi GadgetSquad, daya tarik realme 7i lebih dari sekedar kamera kece dan baterai besar.

Yup, selama mengulik realme 7i, GadgetSquad merasakan hape ini juga memiliki daya tarik dari segi desain. realme 7i tampilannya jauh lebih segar dibanding kompetitor lain di level menengah, yang desainnya kebanyakan mononton.

Hal menarik lainnya, realme 7i mengalami peningkatan pada sektor konfigurasi memori. Saat ini jarang ada hp kelas menengah di kisaran 3 jutaan yang dibekali RAM 8GB+internal 128GB dan eksternal memori. Tapi di realme 7i kamu bisa mendapatkan itu semua.

Tidak cukup sampai disitu, teknologi layar 90Hz Ultra Smooth Display, juga menjadi senjata lain dari realme 7i. Secara keseluruhan berdasarkan pengujian yang dilakukan, realme 7i bisa “mengganggu”, segmen smartphone kelas menengah.

Bagaimana tidak mengganggu, semua konfigurasi “Power” yang ditawarkan realme 7i, mulai dari tampilan segar, memori besar, layar nan prima, fitur kamera mumpuni, baterai nan awet, plus harganya bersahabat, membuat hape ini menurut GadgetSquad sangat menggoda untuk dimiliki.

Jika tertarik dengan semua kecanggihan yang dimiliki realme 7i, hp ini sudah bisa kamu beli di offline maupun online store resmi realme seperti di Lazada serta Shopee.