Home Review Review realme Book : Laptop Perdana Nan Menggoda, Desain Elegan, Performanya Ancaman!!

Review realme Book : Laptop Perdana Nan Menggoda, Desain Elegan, Performanya Ancaman!!

GadgetSquad.ID – “Penasaran”, perasaan inilah yang membuncah acap kali meja redaksi GadgetSquad kedatangan produk baru. Penasaran dengan kualitasnya, fiturnya, tak ketinggalan harganya. Apalagi jika produknya adalah, gadget anyar yang baru pertama kali dikembangkan sebuah vendor. Seperti jagoan baru realme berlabel “realme Book”.

Yup, melalui strategi terbaru realme yakni 1+5+T, realme Book hadir dari kategori terbaru yaitu laptop. Saat pertama kali tersiar kabar realme akan merilis laptop, info itu sudah cukup mengejut sekaligus membuat penasaran. Kini kabar tersebut menjadi kenyataan, realme book akhirnya resmi dirilis.

Mengusung slogan “Dare to Create”, realme book tentu akan menambah seru pertarungan di ranah laptop. Bagaimana ketangguhan realme Book, memanjakan para kreator muda dengan segala kreatifitasnya? Biar semua rasa penasaran itu terjawab, pantengin hasil review realme Book

Desain 
Rasa penasaran GadgetSquad akan kualitas realme Book dimulai dari sektor desain. Apakah desain laptop ini sekece, produk hape besutan realme? “Slim” itulah kata yang terucap, saat pertama kali memandang realme Book. Dari hasil pengukuran, ternyata realme Book memiliki ketebalan hanya 14.9mm.

Tentu bukan perkara mudah mengembangkan laptop dengan ketebalan hanya 14.9mm, namun realme dengan kualitas sumber dayanya bisa mewujudkannya. Bodi slim laptop ini, berbanding lurus dengan bobotnya yang terbilang ringan, tak lebih dari 1.38 kilogram.

Bahkan jika dibandingan dengan MacBook Pro dan MacBook Air, realme Book jelas lebih tipis dan ringan dari MacBook Pro. Kombinasi bodi tipis dengan bobot ringan, membuat kamu yang punya aktivitas mobile, akan sangat nyaman membawa komputer jinjing ini dalam berbagai kesempatan.

Bodi realme Book mengadaptasi campuran aluminium pada desain bahannya, yang dibuat melalui proses memotongan CNC, sandblasting, dan anodisasi. Dari data yang didapat, untuk menghasilkan desain yang diinginkan, laptop ini melalui lebih dari 30 proses.

Keindahan realme Book semakin terpancar dengan desain mirror logo, yang membuatnya memiliki kualitas begitu premium. realme Book datang dengan 2 warna yang trendy dan stylish, satu untuk penampilan yang premium dan satu lagi untuk yang lebih elegan, warna yang tersedia adalah Real Blue dan Real Grey.

Layar
Saatnya mengulik kualitas layar realme Book. Laptop ini langsung menggoda dengan layar IPS 2K berukuran 14 inci. Ukuran layar 14 inci menurut GadgetSquad terbilang proporsional, karena mampu memberikan keseimbangan portabilitas dan visibilitas yang baik. Apalagi layar tersebut bisa menampilkan gambar kualitas 2K.

Untuk rasio layarnya sendiri yakni 3:2, sehingga dapat menampilkan lebih banyak informasi dalam perangkat Microsoft Office. realme Book juga dapat menunjukan batasan gambar tanpa gelap, sangat cocok untuk kebutuhan fotografer karena kamera juga memiliki rasio 3:2.

Ditawarkan seharga Rp 10,999,000 melalui skema pre-order, realme Book memiliki desain tepi yang sangat tipis dengan bezel 5,3mm. Keuntungan dari ultra-narrow bezel ini adalah dapat membuat visual lebih menakjubkan dan memberi pengalaman yang lebih menyeluruh, karena rasio layarnya mencapai 90%, lebih tinggi dari MacBook Air.

Layar laptop ini hadir dengan resolusi 2160 x 1440. Demi memberikan layar bening dengan kualitas memukau, display realme Book diklaim, memiliki 1.5x lebih banyak piksel dari 1080p biasanya.

Menariknya lagi, saat diuji dalam berbagai aktivitas, mulai dari kegiatan pekerjaan biasa, digeber untuk kebutuhan multimedia seperti menonton film, hingga membantu pembuatan desain, layar realme menampilkan gambar yang begitu jernih dan nyata.

Hal tersebut lantaran layar realme Book mengadopsi teknologi 100% sRGB Color Gamut, sehingga memiliki warna saturasi yang lebih tinggi dan lebih berwarna dibandingan dengan display biasa.

Tak hanya itu, realme Book juga memiliki kecerahan yang terbilang tinggi, yakni 400 nits. Artinya 33% lebih cerah dibandingkan laptop biasanya. Imbasnya kamu dapat melihat layar lebih jelas walaupun di luar ruangan.

Tombol dan Konektivitas
Dibalik penampilan kece yang dimiliki realme Book, kenyamanan saat mengetik juga menjadi salah satu kunci, konsumen dalam memilih laptop. Bagaimana dengan realme Book? Jujur selama mengeksplor, GadgetSquad tidak memiliki banyak kendala di sektor ini.

Proses pengetikan terbilang lebih cepat dan yang pasti nyaman. Itu lantaran realme Book menggunakan three-level backlit keyboard dengan 1.3mm key travel. Dilengkapi juga dengan keycap yang besar dan Smile Arc yang sangat pas untuk jari.

Laptop berslogan Dare to Create menggunakan trackpad yang besar dimana dapat meningkatkan kontrol area sampai dengan 44% dibandingkan perangkat laptop biasanya. Laptop ini juga bisa melakukan pemindahan dokumen dan foto dengan cara dragging dan dropping melalui touchpad atau mouse.

Berbicara soal konektivitas, realme Book sudah dipersenjatai teknologi Wi-Fi 6, yang mana 2.7 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. realme Book juga memiliki port berteknologi Thunderbolt 4 yang dikenal gesit dan serba guna. Tak cukup sampai disitu, ada fitur keren yang membuat realme Book semakin menggoda para konsumen.

realme mengembangkan fungsi terbaru bernama PC Connect, fitur ini dapat melakukan cross-connect yaitu menyambungkan sistem Windows dan Android. Efeknya realme Book bisa mengenali tipe dokumen begitu mudah dan kemudian otomatis, membuka dokumen yang berada di hape pengguna dengan menggunakan perangkat Microsoft Office pada laptop.

Dapur Pacu
Tidak banyak kendala berarti yang GadgetSquad rasakan, saat menggeber laptop perdana realme ini. Semua berjalan dengan lancar, baik saat digunakan untuk pekerjaan harian seperti membuat dokumen dan sebagainya, termasuk ketika di-push melakukan aktivitas berat.

Performa memuaskan tersebut seakan memberi tahu kepada para konsumen, sekaligus kompetitor jika realme tidak main-main dalam merancang setiap gadget terbarunya, termasuk realme Book.
Mampu memberikan pengalaman tertinggi bagi pengguna, realme Book ditenagai oleh 11th Gen Intel® Core™ Processor terbaru. Produk ini mengadaptasi 10nm SuperFin proses manufaktur dengan performa efisiensi energi yang baik dan struktur CPU + GPU terbaru.

Setelah dicoba, prosesor ini dapat menghasilkan 26% peforma single-core lebih baik dari sebelumnya dan 45% lebih baik dari peforma multi-core. Hasilnya, untuk berkarya, bermain games, atau sekedar entertainment, semua bisa diatasi dengan kecepatan tinggi.

realme Book juga memiliki kapasitas memori yang besar, yakni 8GB+512GB dengan dual-channel LPDDR4x dan PCIe® SSD. Soal grafik, laptop ini tertanam Intel® Iris® Xe Graphics yang mempunyai peningkatan 50% lebih tinggi dibandingan dari generasi sebelumnya. Bahkan kabarnya lebih baik dari NVDIA MX350.

Tak heran saat diuji oleh desain grafis GadgetSquad, untuk menyelesaikan sebuah design produk, kinerja realme Book terbilang menjanjikan untuk pendatang baru. Bahkan untuk editing video, performa layak diadu dengan kompetitor di level yang sama.

Tak hanya itu, realme Book ini kabarnya juga sudah di test dengan League of Legends dan Overwatch di aturan graphic tertinggi juga 2K resolusi, dan hasilnya dapat dengan mudah bermain lancar.

Fitur lainnya
Selama pengujian, menurut GadgetSquad realme Book tidak gampang panas. Hal tersebut lantaran laptop ini mengusung sistem pendingin Dual-fan Storm. Ya, dibalik bodi realme Book, terdapat pipa dual heat dengan diameter 8mm ultra-thin kecepatan tinggi dan aliran udara kipas yang kencang.

Tambahan design “sayap” dengan efisiensi tinggi, membuat kapasitas pendingin dari keseluruhan mesin meningkat, alhasil realme Book selalu memiliki peforma terbaiknya. Dengan beberapa teknologi pendinginan yang sunyi, realme Book dapat digunakan tanpa mengeluarkan suara bahkan saat peforma paling tingginya.

Hal lain yang tidak boleh terlewat, realme Book memiliki fitur 2 HARMAN speakers yang mendukung DTS HD efek suara stereo dan dapat memberikan pengguna pengalaman audio-visual disekelilingnya.

Untuk keperluan miting online saat work from home, realme Book memiliki 2 microphones dan mendukung Elevoc Vocplus AI Noise Cancellation algoritma, teknologi Vocplus Pre-processing, dan teknologi Vocplus Scream Suppression.

Jadi, dimanapun pengguna mengadakan teleconferences atau sedang berkomunikasi dengan teman, suara pengguna akan selalu terdengar jelas. Berbicara soal berkomunikasi dan fokus pada fitur video conferences, realme Book juga sudah dilengkapi dengan built-in kamera HD.

Dalam paket pembelian, sudah Pre-installed Windows 10 dan Microsoft office. Hal lain yang patut diketahui, perangkat perdana realme di ranah laptop ini, memiliki sertifikat TÜV Rheinland, artinya kualitas durabilas realme Book dari berbagai aspek sudah teruji.

Baterai
Salah satu yang menjadi daya tarik hape realme, yakni dari segi daya tahan. Keunggulan tersebut diboyong realme kepada laptop perdananya ini. realme Book percaya diri bermanuver dengan baterai 54Wh. Baterai 54WH membuat realme Book bisa memutar video secara maraton hingga 11 jam.

Pada tes simulasi dengan menggeber laptop ini bekerja secara multitasking, realme Book dapat mencapai ketahanan 8.5 jam. realme Book sendiri sudah dibekali teknologi 65W super-fast charge. Saat diuji, realme Book dapat mengisi daya sampai 50% hanya dalam 30 menit.

Dalam waktu yang sama, charger 65W juga cocok dengan teknologi realme 30W Dart Charge, yang membuat pengguna bisa dengan cepat mengisi daya smartphone realme bersamaan dengan beragam perangkat USB-C port seperti tablet, power bank, dll.

Kesimpulan
Selain membuat penasaran, produk perdana yang dihasilkan sebuah vendor, biasanya masih ada kekurangan. Wajar sih namanya juga produk perdana. Namun hal berbeda GadgetSquad rasakan kala mengeksplor realme Book. Menjadi produk laptop perdana yang dirilis realme, kualitas realme Book sangat menjanjikan.

Dapat dipesan secara pre-order hingga akhir bulan ini seharga Rp 10,999,000 di JD.ID dan realme.com untuk varian core i5, realme Book menawarkan jauh dari nilai yang diberikan. Feeling menggunakan komputer jinjing pertama besutan realme ini, seperti laptop harga di atasnya.

Tak hanya tampilannya saja kekinian dengan bodi yang tipis nan menggoda, kinerjanya realme Book juga sangat gesit. Apa yang diberikan realme Book menurut GadgetSquad, bisa menjawab kebutuhan kreator muda.

Dimana biasanya anak muda mencari perangkat yang bisa memadukan antara tampilan dan kinerja prima, sesuai dengan karakter mereka yang dikenal kreatif, gesit dan dinamis. So, para kreator saatnya berkreasi bersama realme Book!!!